Tahu Gimbal Semarang yang Enak dan Ngangenin

0
68
Tahu Gimbal Semarang.

Kalau ke Semarang, tahu gimbal wajib masuk dalam list kuliner yang harus kalian coba. Kuliner satu ini persis dengan kuliner gado-gado dan rujak. Pemain utama dalam makanan ini adalah tahu. Tahu telah menjadi bahan makanan populer yang terbuat dari tahu dan sering diolah menjadi makanan lain. Tahu pun diolah menjadi menu kuliner khas Semarang yaitu tahu gimbal. Bagi orang Semarang, gimbal digunakan untuk menyebut kata udang. Jadi bukan rambut gimbal ya. Makanan ini banyak dijumpai di semua sudut di Semarang. Ada di pasar, gang, maupun di jalan-jalan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Hal yang membuat tahu gimbal Semarang khas adalah perpaduan antara tahu dan gimbal. Dalam satu piring, terdiri atas potongan kupat/lontong, potongan tahu goreng, irisan kol/kubis mentah, tauge, telur ceplok, dan potongan gimbal udang/bakwan udang alias udang ditepungin. Semua potongan ini disiram dengan bumbu kacang yang enak. Kerupuk pun diletakkan juga di atasnya. Ada yang menggunakan kerupuk udang. Ada juga yang menggunakan kerupuk putih yang umumnya dijual di warung. Namun, ada yang mengatakan bahwa kerupuk udang sangat cocok untuk menu tahu gimbal semarang.

Potongan tahu dalam tahu gimbal ini tidak mentah. Tahu sudah digoreng walaupun hanya sebentar. Untuk udang yang digunakan juga dipilih yang berkualitas. Udang ini digoreng dengan tepung dengan bentuk lebar sehingga bisa dipotong menggunakan gunting untuk disajikan di atas piring. Nah, bumbu kacang yang digunakan dicampur dengan petis udang. Jadi semuanya serba udang ya. Gimbal udang, kerupuk udang, dan petis udang. Karena ini masakan Jawa Tengah, cita rasa terakhir yang dirasakan di lidah adalah manis. Inilah yang menyebabkan beberapa orang kurang terlalu menyukainya karena seharusnya bercita rasa asin. Bumbu lain yang ditambahkan pada bumbu kacangnya adalah sereh, rempah-rempah, kencur, jeruk, daun salam, pandan, dan bawang putih.

Penjual Tahu Gimbal Di Mudah Ditemukan.

Uniknya, tahu gimbal dijual di semua waktu. Kalian bisa menikmatinya pagi, siang, atau malam. Semua waktu itu sangat enak untuk makan kuliner ini. Selain itu, banyak tempat yang menjual kuliner ini. Pastikan kalian membelinya!

Hal istimewa lainnya dari tahu gimbal Semarang ini adalah kalian bisa memesan dengan menyesuaikan ukuran kepesannya. Hal inilah yang membuat wisatawan lokal menyukainya. Bahkan, wisatawan mancanegara juga rela menjajalnya. Harga sepiring tahu gimbal ini sebesar Rp 12.000. Rata-rata seharga itu. Jika lebih pun harganya, kalian tetap tidak akan menyesal karena cita rasa yang didapatkan jauh lebih enak dari harga jual rata-rata.

Perpaduan tahu dan gimbal urang.

Di Semarang, banyak sekali penjual tahu gimbal. Namun, saya ingin merekomendaskan beberapa tempat yang menjual hidangan ini. Tempat paling favorit yang menjual kuliner ini dan sering jadi rujukan adalah Tahu Gimbal Semarang Haji Edy. Kedainya berada di Kawasan Taman KB Semarang di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kedainya hanya berbentuk gerobak bukan rumah makan. Lokasinya juga dekat dengan Kota Lama Semarang.

Selain Tahu Gimbal Semarang Haji Edy, ada beberapa lokasi lain yang juga sangat direkomendasikan seperti Warung Tahu Gimbal Gang Baru. Warung ini terletak di Kawasan Pecinan Semarang. Warung ini disebut-sebut sebagai warung legendaris penyaji tahu gimbal. Kemudian, ada Tahu Gimbal Bang Toyib. Lokasi kedainya memang agak terpencil karena terletak di pemukiman. Terakhir, Lontong Tahu Gimbal Pak Polo juga enak. Kedai ini juga legendaris dan agak susah ditemukan lokasinya dibanding dengan kedai sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.