Surga yang tersembunyi, Pantai Bondo Kabupaten Jepara

0
686
Pemandangan Sunset di Pantai Bondo.

Kalau kalian jalan-jalan ke Jepara, tentunya salah satu destinasi perjalanan yang wajib dikunjungi yaitu pantai-pantainya. Letak Jepara yang sering disebut Kota Kartini ini berada di pesisir utara daratan Pulau Jawa. Kotanya berdekatan dengan Kota Semarang, sehingga Jepara memiliki beberapa destinasi wisata seperti pantai-pantainya yang juga tidak kalah menarik.

Kali ini, mari kita melipir ke daerah kabupatennya. Perjalanan saya lakukan bersama dengan teman-teman KKN di Desa Banjaran, Kecamatan Bangsri. Kami berenam pergi menggunakan motor, karena dari desa yang kami tempati lokasi pantainya relatif dekat.

Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 20-30 menit. Melewati Kecamatan Bangsri dan Desa Jeruk Wangi. Akses menuju ke pantai sangatlah mudah, jalanannya bagus dan beraspal. Badan jalannya cukup untuk dilalui oleh 2 mobil. Tidak terdapat banyak pertigaan atau perempatan yang menyulitkan. Jarak dari Bangsri hingga menuju pantai adalah sekitar 8 km.

Anak-anak Sekitar Bermain di Pantai Bondo.

Namun, di sepanjang perjalanan menuju pantai akan membelah hutan tanaman jati. Perjalanan melewati hutan tanaman jati cukup jauh, yaitu sekitar 3-4 km sehingga disarankan untuk pergi dengan menggunakan kendaraan yang siap dan sehat. Pergilah dengan beberapa teman jika akan pulang lebih malam, karena jalanan jika malam akan sangat gelap, lurus terus, dan tidak ada lampu meski jalanan yang dilalui sudah beraspal.

Tidak hanya disuguhi oleh pemandangan hutan tanaman jati, sepanjang perjalanannya, kami juga melewati hamparan sawah yang sangat indah. Pemandangan yang akan sangat sulit untuk ditemukan di daerah perkotaan.

Begitu sampai di kawasan wisata pantai, maka akan disambut dengan tulisan “Selamat Datang di Pantai Bondo”. Ya, Pantai Bondo namanya.

Pantai Bondo memiliki pasir pantai yang berwarna putih, tidak terlalu banyak pecahan kerang maupun koral cantik yang terdapat di hamparan pasir. Ombaknya juga tidak terlalu besar, saat saya berkunjung terlihat ada beberapa anak-anak maupun orang dewasa yang mandi di sana.

Pengunjung Mengabadikan Suasana di Pantai Bondo.

Pada sepanjang beberapa meter dari tepian pantai berjajar warung-warung makan dengan berbagai menu yang dapat dikunjungi dan dijajaki seperti menu-menu khas Jepara. Terdapat juga ornamen-ornamen kekinian, seperti pantai pada umumnya dengan beberapa spot foto yang sangat Instagramable. Mulai dari spot foto yang bertuliskan Pantai Bondo maupun tempat duduk ayunan yang terbuat dari kayu.

Jika terus jalan ke arah timur pantai hingga bertemu dengan batas pantai, maka akan ditemukan pantai dengan karang-karang kecil yang pasirnya ditutupi oleh kerang maupun terumbu karang yang sudah lapuk. Di sana juga terdapat bekas tambak-tambak yang sepertinya sudah tidak terpakai. Entahlah karena aku mengunjunginya bukan pada malam hari.

Saat aku dan kawan-kawan berkunjung, waktu itu hari sudah sangat sore. Pantai Bondo terletak strategis, sehingga dapat melihat indahnya langit saat matahari turun ke garis pantai hingga tenggelam, atau yang biasa disebut dengan sunset. Sayangnya, saat matahari sudah mendekati garis pantai terdapat banyak awan yang menutupi. Belakangan, salah satu temanku memberitahu bahwa jika pantai utara memang jarang mendapatkan langit yang bersih dari awan.

Bangku Ayunan yang Bisa Dipakai Bersantai.

Satu lagi, meski kami berkunjung pada hari Minggu, pantai tidak terlalu ramai pengunjung seperti pantai-pantai pada umumnya. Untuk ukuran weekend, Pantai Bondo cukup sepi dan tidak terlalu banyak sampah yang mengotori pemanadangan. Mungkin hal ini juga dikarenakan letak pantainya yang cukup jauh dari pusat kota.

Oh iya, yang menariknya lagi, yaitu tidak ada tiket masuk atau pungutan yang dibebankan kepada pengunjung. Hanya dengan membayar parkir, maka kamu bisa mengunjungi Pantai Bondo dengan sepuasnya.

Jangan lupa, bagi kamu yang berencana mampir ke Pantai Bondo di Kabupaten Jepara, tetap menjaga kebersihan ya! Jangan tinggalkan sampah karena akan merusak kelestarian kan kekayaan alam kita. Tetap jaga kebersihan dan keselamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.