Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Galunggung

0
1795
Jika alam ini begitu indah dan kau hanya menikmatinya tanpa ada rasa syukur kepada ia sang maha pencipta . Duduklah tak perlu engkau habiskan waktu untuk berkelana.

TASIKMALAYA, adalah Kota yang menjadi Destinasi saya selanjutnya untuk di explore. Kota ini, memiliki banyak destinasi yang sangat indah untuk di explore salah satunya Curug Ciparay. Curug Ciparay ini atau biasa disebut dengan curug kembar adalah salah satu  destinasi yang sangat luar biasa untuk di explore. Curug ini yang bertepatan di daerah Tasikmalaya tepatnya di Dusun Parentas desa Cidugaleum Kecamatan Cigalontang. Tasikmalaya memiliki Potensi alam yang sangat indah untuk dinikmati dan di abadikan, namun sayang perjalanan menuju kesana perlu perjuangan yang sangat luar biasa.

Perjalanan menuju kesana kita harus menguras hati dan tenaga , Hampir 2 jam dari  pusat kota Tasikmalaya untuk menempuh Curug Ciparay. Jalanan berbatu yang sangat rusak total, dan ditambah jalanan yang turun naik yang membuat saya hampir putus asa. Tetapi dari capek ini ternyata terbayar oleh suguhan alam sepanjang jalan menuju Curug Ciparay.  Pepohonan dengan gradasi hijau tua dan muda memberikan warna diperjalanan saya. Angin yang berhembus tak terlalu kencang tak memapatahkan perjalanan ini memberikan suasana baru dan tenaga untuk saya melanjutkan perjalanan ini.

Curug Ciparay .

Setelah menempuh  beberapa jam, akhirnya saya sampai di basecamp Curug Ciparay atau kita sebut dengan pintu masuk Curug Ciparay, ternyata perjuangan saya belum selesai. Saya harus menempuh 300 meter menuju air terjun ciparay dengan jalanan yang menurun karena curug tersebut berada di bawah. Jalanan setapak yang sangat khas seperti trek pegunungan dengan pepohonan yang menyapa dan hembusan angin yang menyisir suasana semakin saya tak sabar untuk segera sampai. Hijaunya daun, dan warna hijau lumut yang menempel pada tumbuh-tumbuhhan menandakan ekosistem tersebut masih subur dan harus dijaga agar tidak dirusak.

Suara gemuruh yang mulai terdengar membuat saya untuk mempercepat langkah kaki agar cepat sampai untuk menikmati air terjun ini. Semakin cepat langkah kaki saya, akhirnya Curug Ciparay berada di depan mata sekitar 20 meter lagi, saya harus menyebrang terlebih dahulu melewati jembatan kayu yang terbuat dari beberapa bilah pepohonan, arus sungai yang tak begitu deras dan air yang mengalir dengan begitu tenang  memadukan antara air sungai dan debit air terjun tersebut menjadi suatu harmoni yang sangat begitu tenang untuk didengar.

Aku bahagia menyusuri lembah sunyi tak bernama apalagi tesesat di di belantara hati mu.

Ketika  kaki ini melangkah sedikit demi sedikit melewati sungai tersebut untuk segera bisa mendekati air terjun yang sangat spektakuler, betapa agungnya dan betapa indahnya ketika tubuh ini, mata  ini, berada di depan air terjun yang sangat gagah dengan debit air yang sangat deras yang membuat baju saya terciprati oleh air tersebut. Tubuh ini dimanjakan oleh hempasan dari debit air dan dinginnya air terjun mencipatan Kesegaran yang sangat alami yang saya rasakan.

Begitu indahnya Indonesia terutama Tasikmalaya yang menyimpan keindahan alam ini, dan hari itu saya berdiri di apit oleh dua air terjun yang begitu indah dengan ketinggian kurang lebih 80 Meter dengan volume hempasan air yang sangat deras.

Pemandangan Curug Ciparay.

Bagi seorang traveler kenikmatan yang sesungguhnya adalah ketika kita bisa menikmati alam ini dengan rasa syukur kepada ia sang maha pencipta. Menyimpan segala teknologi agar tetap fokus pada suguhan alam yang indah ini. Terutama Curug Ciparay ini, air terjun kembar yang mempunyai debit air yang sangat deras dan ketinggian yang sangat indah dan bertepatan di tengah lembah di dataran bawah tepatnya di kaki gunung sawal, bukankah begitu indah ketika kika diberikan waktu untuk bisa menikmati alam ini dan saya, merasa bersyukur ketika bisa menyempatkan waktu untuk bisa berdiri menatap  alam ini dengan alam hijau disekitar saya meskipun hanya beberapa jam saja bahkan menit.

Kau tau nikmatilah alam Indonesia ini yang begitu indah agar kelak tua kita bisa bercerita kepada anak cucu kita.

Dari atas saja (basecamp ciparay) kita sudah di suguhkan oleh pemandangan gunung Galunggung dan tepat  di bawahnya tepat  terdapat dua air terjun kembar yaitu Curug Ciparay, suatu pemandangan yang memberikan paket double special untuk dinikmati. untuk kalian para traveler yang mau kesana tenang saja kalian gak usah ngeluarin uang banyak, kalian hanya bisa menghabiskan uang sebesar Rp. 5000 untuk tiket masuk dan biaya parkir sepeda motor hanya Rp. 2000.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi air terjun Ciparay ini,  kalian harus menyiapkan fisik yang maksimal karena trek dari mulai jalan menuju pintu masuk saja sudah menguras hati dan tenaga, belum sampai ke air terjunnya kita harus benar benar memastikan tubuh kita ini fit. Yang paling membuat nyaman dari air terjun ini sampai saya ingin berlama lama untuk disini, kita bisa memasang hammock untuk kita bersantai sambal menikmati air terjun dan alam disekitar yang begitu asri.

Betapa indahnya ketika kita bisa menikmati alam ini dan bersantai, hanya ada suara air yang bergemuruh yang kita dengar dan hembusan angin yang begitu tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.