Surga Penyelam di Antara Pulau Berbukit di Taman Nasional Komodo

0
377
Penyelam Bersama Penyu Hijau di Siaba Besar.

Siapa yang tidak mengenal komodo (Varanus komodoensis) yaitu hewan purba endemik berkharismatik yang hanya dapat kita jumpai di Indonesia tepatnya di Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo sendiri didirikan pada tahun 1980 dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia (natural world heritage) oleh UNESCO pada tahun 1991. Kawasan ini memiliki 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca yang termasuk kedalam Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional ini memang terkenal akan komodo, tetapi bagi para penyelam dunia ini merupakan surga bawah air di antara pulau berbukit. Bagaimana tidak, hamparan terumbu karang berbagai warna seakan membius para penyelam untuk betah berlama-lama. Lokasi penyelaman (dive site) di Taman Nasional Komodo secara umum dibagi kedalam 3 kawasan yaitu Utara, Central dan Selatan. Setiap kawasan memiliki karakteristik khusus, seperti di bagian Utara terkenal akan arus yang cukup kencang dan menjadi lokasi yang menarik bagi para pecinta hiu. Central terkenal sebagai dive site yang cocok untuk menyelam bersama pari manta, termasuk Loh Buaya dan Pulau Rinca lokasi tempat beradanya komodo. Serta di bagian Selatan cukup menantang para diver dengan suhu perairan yang cukup dingin.

Pari Manta.

Taman Nasional Komodo terkenal hingga ke berbagai negara, hal dibuktikan dengan penyelam yang datang dari berbagai negara seperti Jerman, Spanyol, China, Paris, Amerika, Rusia, Autralia dan masih banyak lagi. Walaupun bukan rahasia lagi jika arus perairan di sana cukup kencang. Namun, hal tersebut justru memberikan pengalaman berbeda dan tidak terlupakan bagi para penyelam. Selain akan ekosistem terumbu karang para diver juga dimanjakan dengan menyelam bersama marine mega fauna seperti hiu, penyu, dugong, mola-mola, eagle ray dan tentunya pari manta.

Pari manta menjadi daya tarik tersendiri di TNK karena ikan cerdas ini hanya bisa dijumpai di beberapa tempat seperti di Indonesia dapat dijumpai di Derawan, Nusa Penida, Raja Ampat dan Taman Nasional Komodo. Pari manta tidak memiliki sengat seperti jenis spesies pari lainnya, sehingga aman bagi diver saat menyelam bersama pari manta. Terdapat 2 spesies di dunia yaitu Reef Manta dan Oceanic Manta, spesies manta yang terbesar pernah dijumpai manusia memiliki panjang kepakan sirip pectoral yang menyerupai sayap mencapai 9 m.

Melihat pari manta tidak hanya dapat dilihat oleh para diver ketika menyelamkarena dengan snorkelling pun wisatawan tetap bisa melihat pari manta dari permukaan perairan. Lokasi di Central yang cukup terkenal untuk melihat pari manta di antaranya Karang Makassar atau biasa disebut Manta Point dan Mawan. Selain di Central lokasi yang kerap dijumpai pari manta berada di Selatan yaitu Manta Alley, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk melihat manta di lokasi penyelaman lainnya.

Penyu Hijau di Tengah Hamparan Ekosistem Terumbu Karang.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi TNK dapat melalui jalur laut ataupun udara. Jika melalui jalur darat dari Pulau Jawa bisa menyebrang dari Surabaya. Jika melalui jalur udara dapat memilih Bandar Udara Komodo, kini pengunjung asal Jakarta dan sekitarnya semakin diberikan keistimewaan karena sudah terdapat direct flight. Sesampainya di bandara estimasi jarak menuju lokasi penginapan di Labuan Bajo dekat Dermaga hanya sekitar 15 menit. Penginapan tersedia berbagai fasilitas dan harga mulai dari paket bacpacker sistem bunk bed hingga hotel berbintang 5.

Informasi mengenai paket wisata tersedia di kios-kios penyedia jasa trip di sepanjang jalan utama dekat Dermaga yang menyediakan paket wisata darat Flores, snorkellinglive on board (bermalam di kapal) hingga paket menyelam yang disediakan oleh dive operator. Sebelum memasuki kawasan wisatawan dikenakan biaya masuk kawasan Taman Nasional yang biasanya diluar biaya jasa trip.

Liburan di TNK menjadi pilihan berlibur yang cukup prestige karena salah satu liburan paket lengkap mulai dari darat hingga bawah air dan tentunya lokasi yang tepat untuk para penyelam yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda di bawah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.