Surga Pasir Putih Pantai Kelingking Nusa Penida, Bali

0
290
Tampak atas kelingking beach.

Nusa Penida telah menjadi tempat wisata alternatif ketika sudah kehabisan tempat untuk dieksplorasi di pulau Dewata, Bali. Dengan promosi yang begitu masif dalam beberapa tahun terakhir kini Nusa Penida telah menjadi salah satu primadona wisata Bali. Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah tenggara pulau Bali, dipisahkan oleh Selat Badung. Dekat pulau ini terdapat 2 pulau kecil lain, yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan.

Nusa Penida menawarkan keindahan yang bahkan sulit diungkapkan dengan kata-kata, pertama kali saya sampai di Pantai Kelingking, saya sebagai seorang muslim hanya dapat berucap syukur kepada maha besar Allah dengan segala keindahan ciptaan-Nya. Pulau ini juga terkenal akan tempat wisata eksotis dan unik, terutama tempat wisata pantai pasir putih, sangat indah dan jarang dikunjungi wisatawan, karena akses jalan menuju ke pantai belum begitu memadai.

Kapal yang digunakan untuk menyebrang ke Nusa Penida.

Untuk sampai di Pulau Nusa Penida, kita harus terlebih dahulu menyebrang menaiki kapal yang terdapat di beberapa titik, yaitu Pantai Sanur, Pantai Kusamba Klungkung, dan Pelabuhan Padang Bai. Dalam perjalanan saya kali ini, saya menyebrang melalui jalur Pantai Sanur yang lebih dekat dengan penginapan, biaya yang dikeluarkan untuk menaiki kapal seharga Rp150.000 untuk pulang pergi, karena kami tidak berniat untuk bermalam di Nusa Penida. Keputusan tersebut kemudian saya sesali, karena ternyata 1 hari tidak cukup untuk mengeksplorasi seluruh keindahan Nusa Penida. Jam operasi kapal penyebrangan adalah pukul 08:00-17:00.

Jadi, saya sarankan untuk menyempatkan bermalam sehari saja di sana, agar dapat memaksimalkan eksplorasinya, dengan kemudahaan akses booking hotel saat ini, banyak hotel murah bagi kaum backpacker seperti saya yang hanya bertarif Rp150.000-Rp200.000 per malam.

Suasana dibawah pantai pasir putih.

Saya dan teman–teman tidak memakai jasa tour guide, maka sesampainya di pulau kami memutuskan untuk menyewa sepeda motor seharga Rp50.000 untuk 12 jam, setelah melihat peta dan jarak antar lokasi wisata kami berniat untuk mendatangi 3 tempat wisata yaitu Pantai Kelingking, Angel’s Bilabong, dan Teletubies Hills. Namun, karena keterbatasan waktu dan lain hal kami hanya sempat menikmati keindahan pasir putih Pantai Kelingking. Tiket masuk di setiap pantai tidak mahal sama sekali, hanya Rp5.000 per orang untuk keindahan yang luar biasa.

Menikmati deburan ombak dan halusnya pasir putih.

Hal yang menahan kami berlama-lama di pantai kelingking adalah keinginan kami untuk turun ke bawah menikmati dan merasakan langsung keindahan pantai pasir putih yang banyak dibicarakan itu. Di antara banyaknya pengunjung hari itu hanya kami yang bersemangat menuruni tangga dan tebing yang hanya dibatasi kayu, perlu diingat bahwa tracking ini cukup sulit menghabiskan waktu 30-45 menit dan perlu dipastikan bahwa tubuh berada dalam kondisi fit, karena akan sangat menguras banyak tenaga.

Tampak pantai pasir putih dari atas tebing.

Bila dirasa sedang dalam kondisi kurang baik, Pantai Kelingking tetap sangat indah untuk dinikmati dari ketinggian. Bagi traveler yang sangat berjiwa adventure semua rasa lelah menuruni tebing akan terbayar dengan hamparan pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang bergemuruh. Salah satu hari yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya. Selagi masih muda, wajib sekali mencoba destinasi ini!

Ketersediaan makanan di daerah Nusa Penida ini sudah banyak dan menunya cukup variatif, seperti sate, nasi goreng, ikan bakar, dan banyak lainnya harganya juga masih masuk akal. Namun, perlu diingat bahwa di bagian bawah Pantai Kelingking tidak ada penjual sama sekali, maka lebih baik mempersiapkan makanan terlebih dahulu sebelum turun ke bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.