Surabaya Punya Restoran Keluarga dan Toko Roti Legendaris

0
157
Display Roti Bon Ami.

Semua dari kita pasti memiliki saat di mana harus berkumpul dengan keluarga. Baik itu keluarga kecil maupun keluarga besar. Sudah menjadi budaya Indonesia yang sangat kental untuk terus berkumpul dengan sanak saudara kita masing-masing. Kebanyakan dari kita yang berada di kota, pasti acara kumpul keluarga seringnya diadakan di luar rumah seperti restoran.

Bingung mencari restoran yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga? Untuk kalian yang tinggal di Surabaya, janganlah kalian lupa, Surabaya memiliki restoran keluarga yang legendaris. Restoran itu bernama Bon Ami. Kenapa legendaris?

Menurut pendapat pribadiku, aku sebut legendaris karena restoran Bon Ami dapat tetap bertahan dan tetap menjadi favorit banyak orang hingga hari ini meskipun Surabaya memiliki arus pertumbuhan industri makanan yang sangat kencang dan variatif. Selain sebagai restoran, Bon Ami juga dikenal sebagai toko roti. Toko roti adalah model bisnis pertama Bon Ami di tahun 1989. Lebih tua dari umur aku sendiri. Hingga hari ini, toko roti Bon Ami tetap mendapat kunjungan dan punya tempat tersendiri di hati banyak orang. Jadi, bisa dikatakan toko roti Bon Ami legendaris juga.

Bon Ami.

Cukup banyak cabang yang sudah dibuka oleh Bon Ami dan tersebar di berbagai sudut kota Surabaya. Kalau kalian teliti, ada salah satu karakter unik dari Bon Ami, yaitu tempat usaha yang dipilih selalu posisi pojok. Memang dari segi bisnis, kalau di pojok, usaha akan lebih mudah terlihat dari berbagai sisi.

Menu yang disajikan Bon Ami banyak jenisnya seperti masakan western dan Indonesia. Bon Ami juga menyediakan menu dalam porsi kecil yang dikhususkan untuk anak kecil. Semua masakan yang ditawarkan bersifat Halal. Dari segi harga, aku katakan lumayan tinggi karena menurut pribadiku, memang dari dulu target restauran ini adalah kalangan menengah ke atas. Harga yang ditawarkan untuk menu utamanya berkisar antara 40.000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Tetapi harga yang tinggi ini seimbang dengan rasa yang didapatkan. Semua masakannya memiliki rasa yang pas cocok di lidah banyak orang terutama warga Jawa Timur yang terkenal senang makanan dengan konsep berani bumbu atau bumbu lengkap.

Untuk mereka yang sudah mengenal lama Bon Ami, pasti mengenal Bon Ami dari masakan daging steaknya. Ketika sebelum tahun 2000, susah untuk mencari daging steak. Bon Ami salah satu restoran yang menjawab permasalah ini saat itu. Menurutku untuk kondisi sekarang, steak di sini sudah kalah bersaing dengan tempat lainnya. Tapi di sisi lain, aku salut dengan Bon Ami yang mengikuti perkembangan zaman dalam penyajian steaknya yaitu menerima permintaan tingkat kematangan daging. Uniknya kebanyakan orang dewasa kisaran umur 45 ke atas akan tetap lebih cocok makan steak di sini dibandingkan tempat lainnya yang kemungkinan lebih enak. Satu lagi alasan legendaris tempat ini. Rasa yang ditawarkan dari dulu hingga sekarang masih tetap sama dan tetap memiliki penikmatnya sendiri.

Suasana Acara Makan dan Kumpul Keluarga.

Begitupula untuk bisnis rotinya, sama-sama legendaris. Bisnis roti Bon Ami terus berkembang. Bisa dilihat dari jenis roti yang ditawarkan bermacam-macam mengikuti perkembangan zaman. Meskipun di luar sana banyak toko rotinya lainnya, Bon Ami masih memiliki pelanggan tetapnya. Tidak jarang juga roti Bon Ami ini dipesan dalam jumlah banyak untuk berbagai acara seperti bingkisan natal, bingkisan ketika membesuk, konsumsi rapat kantor, dan masih banyak lagi. Satu hal lagi yang membuatku salut adalah meskipun terus berkembang, ada beberapa jenis roti yang tetap dipertahankan produksinya. Aku suka sekali dengan sausage brood buatan Bon Ami sejak kecil. Hingga hari ini aku masih menikmati makanan ini. Sungguh senang bisa memuaskan rasa ingin mengulang kenangan masa kecil.

Sedikit pesan dari aku, bisa kita ambil nilai hidup dari ceritaku ini, bahwasanya mendirikan itu akan lebih mudah dibandingkan mempertahankan dan berkembang. Begitu kita sukses dalam mempertahankan dan berkembang, rejeki bisnis akan mengalir dengan sendirinya. Tidak hanya dalam dunia bisnis, nilai ini juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari.

Salam Nikmat Kuliner Nusantara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.