Sudah Nonton Dilan? Nih Lokasi Syuting Film Dilan Yang Bikin Kamu Nostalgia Sekaligus Referensi Traveling Di Bandung!

0
2161
Film Dilan 1991 (sumber: falcon pictures)

Film Dilan tak pernah berhenti jadi sorotan, bahkan dari penayangan film Dilan 1990 sukses menyedot lebih dari 4 juta penonton. Sekarang, Dilan 1991 masih eksis di bioskop dan masih menyedot jutaan penonton. Selain itu, di berbagai social media platform pun ramai pula meme Dilan bertebaran. Mungkin yang tahu atau menyukai film Dilan ini mengambil lokasi syuting di mana?

Yup, Bandung. Kota sejuta cerita dan romantisme Dilan Milea berasal, seperti kreator Dilan, Pidi Baiq berkata “Bandung bukan sebatas masalah geografis melainkan melibatkan perasaan.” Yang juga diabadikan di jalan Asia Afrika, Bandung. Berkat Dilan pun kini eksistensi Bandung mulai kembali dilirik dan bahkan tak jarang membuat sebagian orang menjadi nostalgia. Bagi kalian perantau atau yang memiliki cerita di Bandung, mungkin mulai rindu Bandung jika melihat spot lokasi syuting Dilan berikut ini.

SMAN 20 Bandung

SMAN 20 Bandung (sumber: kemendikbud.go.id)

Siapa di sini alumni SMAN 20 Bandung? SMAN 20 menjadi saksi pertemuan Dilan dan Milea nih. Mungkin bagi kamu yang berdomisili di Bandung tidak akan asing dengan lokasi SMAN 20. Jika kamu yang penasaran dengan lokasi SMAN20, tepatnya berada di jalan Citarum dan lokasinya pun tidak terlalu jauh dari gedung sate. Sekitar jalan citarum ini pun menjadi spot keseharian Dilan.

“Jalan Milea”

Cuplikan Dilan Milea (sumber: 99.co)

Di suatu adegan, Dilan berkata “Kamu tahu gak nama jalan ini sudah ku ganti? Jalan Milea,” yang menonton pun pasti bertanya-tanya kan? Di mana sih jalan Milea? Nih, letaknya berada di antara jalan Taman Cibeunying dan jalan Cilaki. Letaknya pun tidak terlalu jauh dengan SMAN 20. Jadi yang penasaran dengan lokasi ‘jalan Milea’, sambil bernostalgia di SMAN 20, kamu pun bisa juga sambil melihat ‘jalan Milea’ ini. Lokasinya pun tidak terlalu ramai karena jalan ini salah satu jalanan pemukiman warga di Bandung.

Jalan Asia Afrika

Museum Konperensi Asia Afrika, Bangunan Khas Di Jalan Asia Afrika (sumber: wikipedia)

Baik kamu yang berdomisili Bandung ataupun yang di luar Bandung pasti tidak asing kan dengan jalan satu ini? Selain dari setiap bangunannya bergaya kolonial era Belanda dan lokasi ini pun menjadi daya tarik tersendiri di film Dilan. Bagi kamu yang akan ke Bandung dan penasaran seperti apa Asia Afrika yang sebenarnya. Bisa banget ke sini dan mencoba sendiri atmosfer romantisme Dilan Milea di Asia Afrika.

Dago Tea House

Arena Panggung Terbuka Dago Tea House (sumber: wikipedia)

Kandasnya hubungan Dilan dan Milea pada Dilan 1991 tepat berada di Dago Tea House. Dinginnya Dago saat hujan pasti membuatmu mendadak melankolis. Penasaran kan bagaimana epicnya lokasi ini? Tak susah untuk mencari letak Dago Tea House, karena lokasi ini pun seringkali dijadikan tempat untuk berwisata dan mengadakan event-event Bandung. Dago Tea House sudah ada sejak zaman Belanda dulu. Maka tak heran jika tempat ini memang salah satu list wajib untuk dikunjungi saat kalian merencanakan ‘Dilan Tour’.

Bukit Moko

Landscape Bukit Moko (sumber: ngetripyuk.id)

Kamu mungkin akan familiar dengan bukit satu ini. Karena memang salah satu wisata alam dari Bandung salah satunya adalah banyaknya bukit yang bisa kalian kunjungi. Jika kalian melihat trailer Dilan 1991, kamu akan melihat spot Bukit Moko ini. Bukit Moko sendiri berada di daerah Cimenyan, lokasinya pun berada di ketinggian 1500 meter dari permukaan laut. Scene hangatnya Dilan Milea pun didukung dengan indahnya suasana malam Bukit Moko. Tertarikkah untuk datang ke salah satu bukit terindah di Bandung ini?

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.