Sudah Coba Keliling Jakarta Naik ‘Mpok Siti’?

0
278
Salah satu Mpok Siti berhenti di halte City Tour Istiqlal, Mpok Siti ini akan segera berkeliling Ibukota.

Ingin menghabiskan akhir pekan di Jakarta saja dengan hiburan yang nyaman di kantong? Tenang kini ada solusinya, lho, keliling Jakarta saja dengan menaiki Mpok Siti!

Saat ini, Pemerintah Kota Jakarta kini menyediakan pelayanan rekreasi untuk masyarakat Ibukota, yaitu dengan menghadirkan City Tour Jakarta. City Tour ini merupakan tur singkat yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam untuk menggunakan bus tingkat sebagai sarananya atau lebih dikenal dengan “Mpok Siti”.

“Mpok Siti” adalah panggilan bus city tour Jakarta yang disediakan pemerinah untuk masyarakat yang mau berkeliling Jakarta secara gartis dan nyaman. “Bus ini dinamai ‘Mpok Siti’ karena sebagian besar pengemudi Bus City Tour ini adalah wanita, dan budaya Betawi khas Jakarta yang umumnya memanggil wanita dengan sebutan Mpok, sedangkan Siti merupakan plesetan dari kata city tour. Jadi bus tingkat city tour ini disebut dengan ‘Mpok Siti’.” ujar Andi, salah satu petugas city tour.

Bagian City Tour di tingkat atas.

Para penumpang ini dapat berwisata keliling kota Jakarta dengan moda transportasi bus tingkat ini. Selain rekreasi, tentu saja bisa, lho, menambah wawasan mengenai sejarah kota ini, karena saat menaiki transportasi ini para penumpang ini akan ditemani oleh petugas city tour yang bertugas layaknya tour guide yang akan bercerita mengenai sejarah tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta ini.

Saat menikmati kota Jakarta di dalam bus tingkat ini, tentu saja tidak akan menyenangkan bila situasi dan kondisi kendaraan yang kurang nyaman bukan? Namun, tenang saja meskipun transportasi ini gratis, namun suasana dalam bus ini sangat terjamin kenyamanannya. Dalam bagian ruangan bus ini selalu menjaga kebersihannya demi kenyamanan para penumpangnya. Serta dilengkapi pula oleh penyejuk ruangan dan furnitur yang masih terawat. Lalu, desain kaca yang ada di dalam bus tingkat ini dibuat dengan sangat lebar yang fungsinya untuk mendukung mata para penumpang yang akan banyak digunakan dalam tur singkat ini dalam menikmati perjalanan mengelilingi Jakarta. Di dalam bus ini juga dilengkapi sebuah TV LCD untuk mendeskripsikan wisata-wisata Jakarta lebih rinci, serta dilengkapi CCTV pula untuk memantau keamanan bus.

City Tour ini tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis.

Bila kalian ingin naik coba bus city tour ini caranya sangat mudah, hanya cukup menunggu di halte-halte yang bertanda city tour. Mpok Siti ini beroperasi setiap hari, lho, dan juga memiliki tujuh kategori untuk tur singkat keliling Jakarta, yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, Bus Wisata Sejarah Jakarta (History of Jakarta). Bus ini beroperasi Senin-Sabtu pukul 10:00-18:00. Lalu, di Minggu pukul 12:00-19:00. Bus kategori ini akan melewati rute Balai Kota – Museum Nasional – Gedung Arsip – Museum Bank Indonesia – BNI 46 – Pasar Baru – Juanda/Masjid Istiqlal – Monas 2.
  • Kedua, Bus Wisata Jakarta Baru (Modern Jakarta). Bus ini beroperasi Senin-Sabtu pukul 10:00-18:00. Lalu, di Minggu pukul 12:00-19:00. Bus kategori ini akan melewati rute Balai Kota – Sarinah – Bundaran HI – Sarinah Menara Topas – Museum Nasional – Pecenongan – Pasar Baru GKJ – Juanda/Masjid Istiqlal – Monas 1 – Monas 2.
  • Ketiga, Bus Wisata Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary). Bus ini beroperasi Sabtu pukul 18:.00-23:00. Bus kategori ini akan melewati rute Balai Kota – Sarinah – Bundarahan HI – Harmoni – Gedung Arsip – Museum Bank Indonesia – BNI 46 – Sawah Besar – Masjid Kb. Jeruk – Pecenongan – Juanda/Masjid Istiqlal – Monas 1 – Monas 2.
  • Keempat, Bus Wisata Pencakar Langit Jakarta (Jakarta Skyscrapers). Bus ini beroperasi Senin-Sabtu pukul 10:00-18:00. Lalu, di Minggu pukul 12:00-19:00. Bus kategori ini akan melewati rute Balai Kota – Sarinah – Tosari – Sudirman – GBK (CIMB Niaga) – Gelora Bung Karno – Dukuh Atas – Tosari – Plaza Indonesia – Sarinah – Museum Nasional – Pecenongan – Pasar Baru GKJ – Juanda/Masjid Istiqlal – Monas 1 – Monas 2.
  • Kelima, Bus Wisata Ruang Terbuka Jakarta (Jakarta Open Space). Bus ini beroperasi Senin-Jumat pukul 10:00-18:00, Sabtu pukul 10:00-23:00, dan Minggu pukul 12:00-19:00. Bus Kategori ini akan melewati rute Balai Kota – Sarinah – Tosari – RPTRA Kalijodo – Tosari – Bundaran HI – Sarinah.
  • Keenam, Bus Wisata Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage). Bus ini beroperasi pada Sabtu dan Minggu, pukul 13:00-21:00. Bus kategori ini akan melewati rute Balai Kota – Sarinah – Tosari – Maqom Mbah Priok – Tosari – Bundaran HI – Sarinah – Juanda/Masjid Istiqlal – Monas 1 – Monas 2.
  • Ketujuh, Bus Wisata Belanja Jakarta (Jakarta Shopping). Bus ini beroperasi Senin-Jumat pukul 10:00-18:00, Sabtu pukul 10:00-22:00, dan Minggu pukul 12:00-19:00. Bus kategori ini melewati rute Balai Kota – Sarinah 1 – Wisma Nusantara – Tosari 1 – Dukuh Atas 3 – Karet Sudirman 1 – Lapangan Panahan – Plaza Sentral – Istora Senayan – Plaza Senayan – Senayan City – Karet Sudirman2 – Dukuh Atas 4 – St.Sudirman – Tosari 2 – Plaza Indonesia – Sarinah 2.

Jadi bagaimana tertarik nggak nih habiskan waktu tanpa kantong kering dengan jalan-jalan keliling jakarta naik ‘Mpok Siti’?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.