Suasana Alun-Alun Kabupaten Pacitan

0
2770
0 km Kabupaten Pacitan.

Halo sobat travellers. Kali ini saya ingin membahas tentang Alun-alun atau aloon-aloon Kabupaten Pacitan. Letak alun-alun Pacitan ini terletak di 0 km pusat Kabupaten Pacitan terletak di jalan Jl. Jend. Ahmad Yani. Kegiatan yang dilakukan di alun-alun pun sangat banyak, dari kegiatan Car Free Day, olahraga, dan masih banyak lagi.

Tempat yang terbilang strategis ini banyak dikunjungi oleh masyarakat Pacitan tersendiri dan pendatang dari luar Pacitan. Di alun-alun Pacita ini terbagi menjadi dua bagian, sisi sebelah timur dan sisi sebelah barat. Alun-alun sisi sebelah barat digunakan untuk olahraga seperti volly, basket, sepak bola. Sementara di sisi sebalah timur digunakan sebagai taman bermain, pedagang kaki lima di sepanjang alun-alun Pacitan. Di alun-alun Pacitan ini juga ada taman yang indah untuk orang-orang menikmatinya. Ada taman bermain, air mancur yang “bisa menari”, dan ada juga gazebo untuk bersantai sambil menikmati suasana disana.

Tempat yang strategis ini, di depan alun-alun Pacitan juga ada Kantor Bupati Pacitan atau bisa disebut juga Pendopo, di sebelah timur alun-alun Pacitan juga banyak cafe dan toko-toko. Toko-toko seperti toko mainan, toko pernak-pernik, toko handphone dan foto copy. Cafe-cafe disana juga ada banyak berbagai macam makanan. Ada juga pasar Sawo. Di pinggiran alun-alun sebelah timur juga banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman yang bisa menemani malam hari di alun-alun pacitan.

Kantor Bupati Pacitan di sekitar kawasan Alun – alun Pacitan.

Di sebelah selatan alun-alun Pacitan ada sekolah menengah pertama dan ada juga sekolah dasar. Di sebelah barat ada juga Masjid Agung Darul Falah Pacitan. Banyak juga orang yang sholat disana dari masyarakat sekitar maupun pendatang dari berbagai kota.

Jika di pagi hari alun-alun memang terkesan sepi karena pedagang kaki lima berjualan siang menjelang sore sampai malam hari. Jika pagi hari sekedar digunakan untuk tempat berolahraga dan perlombaan yang diadakan di alun-alun Pacitan. Mulai siang hari sampai malam sudah banyak yang berjualan. Jika sudah memasuki sore hari banyak masyarakat memanfaatkan area ini untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Sekedar duduk santai, mengajak anak mereka bermain di taman, berolahraga atau membeli makanan ringan yang dijual. Salah satu hal yang menjadikan kawasan ini cukup menarik adalah kebersihan yang menjadikan pengunjung semakin nyaman. Terlebih ketika menikmati makanan, lingkungan yang bersih menjadi salah satu pendukung penting. Alhasil, para pedagang kaki lima juga mendapatkan keuntungan dari usahanya.

Toko – toko yang menambah suasana ramai di Alun – alun Pacitan.

Pada malam hari, alun-alun Pacitan mulai dipadati masyarakat. Mereka menikmati keindahan warna-warni lampu taman yang menghiasi wilayah tersebut. Dibanyak sudut, juga terlihat masyarakat berfoto-foto.

Tak lupa jika ingin bermalam di Pacitan, di sekitar alun-alun juga ada banyak hotel yang tersedia disana. Karena letak yang strategis, hotel-hotel penuh dengan orang-orang yang berkunjung ke Pacitan. Ada Prasasti Hotel Pacitan yang berjarak 350 m dari alun-alun Pacitan, Hotel Pacitan yang berjarak 69 m, Alloro Guest House yang berjarak 210 m sekitar 1 menit dari alun-alun Pacitan.

Dari sisi fasiitas alun-alun, semakin banyak terdapat didalamnya, seperti toilet umum, tempat sampah di banyak titik, hingga taman yang dipagar cukup rapi dan modern. Selanjutnya adanya tugu 0 kilometer di alun-alun Pacitan dan ada juga Tugu Pancasila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.