Staycation, Mencoba Vakansi Efektif Tanpa Ribet

0
1318
Piknik Di Dalam Kota, Salah Satu Opsi Staycation (sumber: unsplash.com)

Liburan atau vakansi tidak selalu mahal dan perlu banyak waktu luang. Konsep vakansi yang perlu banyak persiapan, memerlukan dana yang cukup menguras kocek, belum lagi tenaga ikut terkuras terkadang malah membuat sebagian orang cukup ‘mager’ untuk merencanakan vakansi. Maka, hadirlah konsep ‘Holistay’ atau paling dikenal banyak orang dengan sebutan ‘Staycation’ yang merupakan konsep vakansi untuk rehat sejenak dari rutinitas di dalam kota. Staycation sendiri sudah ada sejak krisis ekonomi Amerika Serikat di tahun 2007, dimana orang-orang pada akhirnya harus menekan pengeluaran untuk berlibur. Bagaimana tidak, saat krisis ekonomi segala harga kebutuhan sehari-hari melambung tinggi, apalagi untuk menyiapkan bujet khusus untuk berlibur. Fenomena ini pun akhirnya melebar ke Negeri Ratu Elizabeth, Inggris, pada tahun 2009, tepat pada saat mata uang pondsterling melemah dan membuat bujet plesiran dalam dan luar negeri melambung tinggi. Maka, Staycation adalah gagasan terbaik untuk menikmati waktu luang yang singkat dengan biaya yang cukup hemat, bahkan bisa jauh lebih hemat. Belum lagi, Staycation adalah konsep vakansi yang benar-benar bisa mengoptimalkan ‘Me Time’-mu dan stress relief-mu.

Keunikan dari konsep staycation ini adalah liburan menyenangkan yang dapat dilakukan dengan waktu dan persiapan singkat. Konsep lebih jelas dari staycation pun begitu sederhana, karena apapun kegiatan stress relief-mu selama masih dilakukan di dalam kota, itu masih bisa disebut dengan staycation. Macam-macam kegiatan yang biasanya dilakukan saat staycation pun beragam. Mulai dari piknik di taman kota, mengunjungi museum, berkunjung ke taman rekreasi, atau jika ada festival di kotamu, berkunjung ke festival pun salah satu staycation seru. Namun untuk kamu yang benar-benar ingin menyimpan energi banyak, opsi lain dari staycation pun banyak. Kamu bisa menyewa vila dengan teman-teman dan bermain board game atau movie marathon. Kamu pun tidak melulu harus memilih villa untuk staycation, kamu juga bisa booking hotel ternyaman di kotamu. Banyak hotel yang memiliki fasilitas segudang untuk memanjakan dirimu. Kamu bisa menggunakan fasilitas gym, kolam berenang, atau beberapa hotel pun menyediakan fasilitas spa yang bisa kamu manfaatkan sejenak saat staycation. Hitung saja bujet ketika akan plesiran keluar kota dan menyewa kamar hotel termewah di dalam kota, mungkin tidak akan jauh berbeda. Bahkan, bisa saja vakansi sejenak di hotel termewah atau terbaik di dalam kota jauh lebih murah.

Beberapa keuntungan dari staycation pun beragam, apalagi untuk kamu yang ingin melepaskan stress namun tetap berhemat. Salah satu yang akan terasa saat staycation adalah, kamu tidak perlu memikirkan tetek-bengek vakansi, seperti tiket pesawat, tiket bus, atau tiket-tiket lainnya yang harus dipersiapkan jauh hari untuk mengejar harga murah. Kemudian, kamu pun tidak perlu packing layaknya akan liburan jauh. Kalau pun staycation-mu di hotel dalam kota, tak perlu pusing memikirkan barang tertinggal, karena masih dekat rumah. Belum lagi, untuk kamu yang malas membuat rencana liburan, seluruh rencana kegiatan ada ditanganmu. Kamu bisa sesuka hati mengatur segalanya dan kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan segala tentang liburan. Dengan staycation pun kamu memiliki kesempatan untuk menjelajahi destinasi di kotamu yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Maka, sebaiknya jadikan staycation ini sebagai kesempatanmu untuk menjadi turis di kotamu sendiri.

 

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.