Soto Tangkar Pak Pei yang Legendaris!

0
563
Soto Tangkar

Siapa sangka di kawasan Glodok ada soto tangkar yang nikmat banget. Soto tangkar ini makanan khas masyarakat Jakarta dan sekitarnya, mirip mirip soto Betawi lah. Senikmat apa sih soto tangkar?

Hari Minggu 27 Januari 2019, saya jalan jalan ke daerah Glodok. Di daerah ini banyak kuliner nikmat. Gang Gloria dan Gang Kalimati adalah tempat ikonik untuk kulineran di daerah ini. Nasi ulam, soto mie Bogor, nasi campur, kue kue basah, bakso, dan banyak makanan lain yang mantep buat kita coba.  Yang menarik bagi saya adalah Soto Tangkar Pak Pei di dalam Gang Kalimati. Tempatnya sempit, cuma cukup buat ditempati 7 sampe 10 pembeli aja. Soto ini memakai gerobak dan kompor satu tungku, sederhana dan apa adanya. Tapi, rasa sotonya jangan diragukan!

Soto Tangkar Wisata Kuliner Jakarta
Kesibukan pagi hari.

Jam 7 -an antriannya masih sedikit, tapi katanya jam 9 ke atas, antriannya makin banyak dan bikin puyeng. Si Babeh sigap banget ngambil daging dalam tungku, lalu dipotong potong menjadi potongan sebesar dadu untuk dihidangkan. Dua asistennya nyiapin mangkok, bawang daun, dan piring untuk pelanggan. Tambah banyak yang beli, bertambah juga kecepatan Babeh dan asisten asistennya.

“Beh! Saya bungkus soto 5 porsi, daging sama lidah ya!”
“Beh, mau pesan 4 bungkus dibawa pulang, kikil sama daging ya.”

Makin lama, pembeli makin banyak. Kebanyakan sih dibawa pulang, bahkan sampai lima bungkus. Pembeli pun sabar ngantri, ada yang ngantri dari 15 sampai 30 menit.

Kenikmatan Soto Tangkar yang legendaris.
Kenikmatan Soto Tangkar yang legendaris.

Akhirnya! Soto tangkar datang ke meja saya, nasi dan teh hangat datang menyusul. Jujur, dari tadi saya udah ngiler banget, melihat tungku berisi rebusan daging dan jeroan bener bener bikin lapar! Saya mengaduk soto agar empingnya basah terrendam kuah kaldu. Lalu, saya mulai menyeruput kuahnya, dan mantep abis. Kombinasi santan dan kaldu sapi hasil rebusan selama beberapa jam benar benar nikmat. Rempah dan bawang daun juga melengkapi kenikmatan kuahnya.

Dagingnya empuk banget, mungkin direbus berjam–jam biar empuk dan kaldunya kerasa. Sebenarnya, kita bebas memilih mau memakai daging atau jeroan. Ada lidah, usus, babat, paru, kikil, dan tangkar. Nah, tangkar itu iga dalam bahasa Betawi. Bagi saya, soto tangkar ini otentik banget dan nikmat! Harganya juga terjangkau banget, dengan 25 ribu rupiah kita bisa makan satu porsi satu tangkar dengan nasi.

Ternyata, soto tangkar Pak Pei ini udah ada dari tahun 70 an. Makanya, soto tangkar ini adalah salah satu soto tangkar yang legendaris di daerah Glodok. “Dari zaman Soeharto babeh mah udah jualan.” sambil memotong daging dan babat, babeh ngobrol sama saya. Walaupun sudah tua, Babeh masih sangat sigap dan cekatan. Hampir seluruh proses produksi dikerjain sama Babeh, walaupun ada 2 asisten yang ikut bantuin juga. Babeh mengontrol sendiri proses pembuatannya, biar kualitas rasanya terjaga.

Soto Tangkar Wisata Kuliner Jakarta
Babeh yang berjualan.

Akses menuju Soto Tangkar gampang gampang sulit. Kamu harus menuju daerah Glodok, terus masuk ke Jalan Pancoran, nah kamu harus mencari Toko Tian Long. Tepat disamping toko Tian Long ada ada gang. Gang ini namanya Gang Kalimati, lalu kita masuk terus ke dalam gang. Sampai menemukan gerobak Soto Tangkar Pak Pei, di sebelah kiri jika kamu jalan dari arah Pancoran.

Tapi ingat, jangan terlalu siang untuk makan disini. Karena jam 11 atau 12 pun udah habis. Yuk cobain makan Soto Tangkar Pak Pei!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.