Snorkeling Murah di Pulau Pahawang, Lampung

0
1520
Snorkling di Pulau Pahawang.

Lampung adalah daerah di selatan Pulau Sumatera yang memiliki banyak potensi wisata, pernah saya bahas dalam tulisan sebelumnya. Lampung memang provinsi dengan paket lengkap, mulai dari pantai, hutan, dataran tinggi, hingga wisata konservasi. Wisata yang paling ikonik adalah wisata konservasinya, yaitu Taman Nasional Way Kambas.

Salah satu pulau yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah pulau Pahawang. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung membuat pulau ini begitu difavoritkan. Pada pulau ini terdapat banyak jenis wisata yang bisa dinikmati. Mulai dari resort-resort terapung, area snorkeling, pantai indah, bahkan area diving! Tulisan ini akan mengulas wisata bawah laut yaitu snorkeling, yang dilakukan dengan cara backpacker! Tentunya hemat, murah meriah, dan menyenangkan!

Kisah One Day Trip ke Pahawang

Agar snorkeling kita murah dan tetap dengan pengalaman yang puas, kita bisa mengikuti open trip. Pada trip ini kita akan bergabung dengan wisatawan lain dalam sebuah paket trip bersama. Ketika di Pahawang, saya mengikuti one day trip, trip ini dimulai pada pagi hari dan selesai pada sore hari. Saya memilih open trip karena biayanya yang murah dan kita bisa mengunjungi banyak objek wisata sekaligus.

Pada Rabu, 12 Juni 2019, saya berangkat ke lokasi pertemuan dari open trip yang sudah saya pesan jauh-jauh hari. Meeting point kami terletak di Dermaga 4 Ketapang, dengan jarak sejauh 25 km dari Bandar Lampung, dengan waktu tempuhnya sekitar 1 – 2 jam perjalanan. Saya sampai di Dermaga Ketapang kurang lebih pukul 08:00, lalu melakukan registrasi ulang dan konfirmasi mengikuti paket wisata. Kira-kira pada pukul 09:00 saya diajak masuk kapal bersama sekitar 12 orang lainnya. Orang-orang tersebut belum saya kenal, ya begitulah open trip, kita berwisata dengan orang baru yang belum kita kenal. Kesempatan ini bisa menjadi kesempatan menambah teman dan relasi baru.

Pulau Pahawang Kecil.

Kami berangkat dari Dermaga Ketapang sekitar pukul 9 pagi, setelah diberikan briefing singkat soal peraturan one day trip di Pahawang. Guide yang membawa kami berwisata bernama Mas Heru, dengan juru kemudi perahu bernama Mas Alif. Mas Heru dan Mas Alif ramah sekali, sesekali bercanda dan mengajak para peserta open trip mengobrol santai. Setelah sekitar 1 jam perjalanan, tibalah kami di spot snorkeling pertama! Spot taman bawah laut ini unik sekali. Ada berbagai makhluk laut yang dapat ditemukan di sini, ada nemo, terumbu karang, dan ikan ikan laut yang cantik. Begitu masuk ke dalam air, rasanya segar sekali! Melihat pemandangan bawah laut yang indah, saya benar-benar terpesona.

Setelah kurang lebih 1 jam berenang dan menikmati keindahan bawah laut, kami pun naik kapal dan melanjutkan ke Pulau Pahawang Besar. Suasana canggung ketika awal trip mendadak berubah, ketika semua peserta selesai snorkling di spot pertama. Wajah bahagia dan puas dari peserta trip terlihat sekali.

Pulau Pahawang menyambut kami, dengan pasir putih yang indah dan dermaga yang luas. Kami makan siang dan menikmati suasana Pulau Pahawang selama beberapa jam, soal Pulau Pahawang sudah saya bahas dalam tulisan sebelumnya. Kami mendapat makan siang berupa nasi kotak, yang berisi ayam goreng, sayur tumis, dan nasi putih. Setelah berenang di laut, rasa lapar memang tidak mungkin dicegah!

Perahu Wisata di Pahawang.

Panas terik matahari siang itu benar-benar menyengat, saya tidak sabar untuk kembali masuk ke dalam air. Sekedar berenang kecil pun rasanya mungkin nikmat sekali. Mas Heru langsung mengajak kami ke spot snorkeling selanjutnya. Berangkat!

Berkendara sebentar dengan perahu wisata, kami pun sampai di spot kedua untuk snorkling. Spot ini berbeda dengan spot awal. Di sini kedalaman air lebih dalam, sekitar 10 – 15m. Bahkan ada beberapa bagian yang sampai 25m! Biasanya lokasi ini memang digunakan juga untuk diving. Rasanya damai sekali berada di dalam air laut, walaupun kadar garamnya tinggi sekali. Tetapi, rasa tenangnya itu benar-benar mantap. Melihat terumbu karang dan anemon laut adalah hal wajib. Rugi rasanya jika di beberapa spot ini tidak menyelam. Tak terasa, waktu berlalu seakan cepat sekali. Mas Heru sudah menyuruh kami naik ke kapal lagi.

Setelah mendapat dua spot snorkeling, kami mengunjungi sebuah pulau di area Pahawang. Pulau ini adalah Pulau Pahawang Kecil. Sebuah pulau kosong dengan pohon mangrove dan pasir putih, lalu laut dangkal di sekitarnya! Indah dan berkesan sekali. Di sini kalian bisa melakukan water sport, mulai dari donat sampai banana boat. Arus lautnya cukup tenang, sehingga aman untuk melakukan olahraga air.

Pulau Pahawang Besar.

Jadi, setelah seharian snorkling dan island hopping, kurang lebih rute one day trip di Pahawang adalah sebagai berikut:

Dermaga 4 Ketapang – Spot Snorkeling (1) – Pulau Pahawang Besar – Spot Snorkeling (2) – Pulau Pahawang Kecil – Dermaga 4 Ketapang.

Trip dimulai pada pukul 09:00 dan berakhir pada pukul 17:00. Harga trip-nya juga terhitung murah, hanya Rp. 150.000 – Rp. 180.000 saja per orangnya! Tertarik mengunjungi Pahawang dan berenang bersama nemo? Yuk, ke Pahawang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.