Silancur Highland: Tempat Melepas Penat di Kaki Gunung Sumbing

0
972
Silancur Highland.

Pada akhir pekan beberapa saat yang lalu, aku dan beberapa temanku memutuskan untuk jalan-jalan ke daerah Magelang. Tetapi, kami belum memutuskan tempat tujuan yang akan kami kunjungi. Awalnya kami hanya ingin menghindari kemacetan Yogyakarta pada akhir pekan musim liburan, yang artinya semua tempat wisata akan ramai. Pada sepanjang perjalanan menuju jalan Magelang, kami masih mencari-cari tempat mana yang akan kami tuju. Lalu kemudian seorang temanku mengusulkan untuk pergi ke Silancur karena sebuah postingan akun jalan-jalan di Instagram, dan kami pun sepakat.

Dengan bermodalkan informasi dari akun jalan-jalan dari Instagram dan bantuan Google Maps, akhirnya kami sampai di Silancur Highland dalam 1.5 jam perjalanan. Karena akhir pekan, kebetulan di sana juga ramai pengunjung. Namun, perjalan menuju tempat ini relatif lancar dan tidak macet. Dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, kamu bisa bersantai dan melepas penat, atau berfoto pada spot foto yang telah disediakan. Karena tempatnya berada di kaki Gunung Sumbing, udara di daerah sini masih sejuk. Ketika langit cerah, kamu bisa melihat Gunung Sumbing yang berdiri gagah dari tempat ini. Namun saat itu, langit sedang berawan, sehingga kami hanya melihat pemandangan hamparan sawah dari Silancur Highland.

Salah Satu Spot Berfoto di Silancur Highland.

Untuk menuju tempat ini, kamu bisa menggunakan Google Maps seperti kami sebagai petunjuk arah. Tempat yang berada di daerah Kaliangkrik ini konon merupakan tempat yang dikelola untuk menarik wisatawan ke kota Magelang dan meningkatkan sektor pariwisata di Magelang. Fasilitas yang disediakan di tempat wisata Silancur Highland ini juga cukup lengkap, seperti gardu pandang, taman bunga dengan latar belakang Gunung Sumbing, spot untuk berfoto, dan ketika di sana kami melihat ada beberapa tenda yang berdiri pada area camping ground. Jadi, di Silancur Highland ini juga disediakan area untuk berkemah tanpa mendaki gunung.

Selama berada di sana, kami bergantian berfoto dengan pengunjung lain. Ada beberapa spot yang tidak sempat kami foto, karena ramai dengan pengunjung lain yang hendak berfoto juga. Karena saat itu langit berawan, sehingga matahari tidak begitu terik, angin pun berhembus pelan-pelan menggoyangkan tanaman di sana. Kami sempat menyesal karena kami tidak datang dari pagi, jadi sebenarnya kami belum puas mengeksplor tempat itu. Terlebih lagi langit yang berawan dan berkabut, maka hasil foto yang kami dapatkan pun tidak sebagus ketika matahari cerah.

Namun, berada di sana beberapa saat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari akan sangat membantu mengembalikan mood. Apalagi kalau punya kesempatan untuk berkemah di sana. Karena belum puas, kami berencana untuk kembali ke sana jika ada kesempatan lagi.

Taman Bunga di Kaki Gunung Sumbing.

Buat kamu yang ingin berlibur sejenak menghabiskan akhir pekan namun enggan dengan kemacetan di Yogyakarta, Silancur Highland di daerah Kaliangkrik, Magelang ini bisa kamu jadikan pilihan untuk berlibur bersama teman atau keluarga. Letaknya yang tidak begitu jauh dari Yogyakarta, udaranya yang sejuk dan pemandangan yang luar biasa, dapat dijadikan tempat rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Jika berencana untuk berkemah, kamu juga bisa melakukannya pada hari Sabtu-Minggu. Tak perlu pergi jauh, kamu tetap bisa menghabiskan akhir pekanmu tanpa menghabiskan banyak uang dan meluangkan banyak waktu.

Berlibur sejenak memang ampuh untuk me-refresh pikiran dan mengembalikan kondisi tubuh. Sehingga dapat kembali beraktivitas dengan pikiran dan kondisi tubuh yang lebih segar. Jadi, sudahkah kamu berlibur pekan ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.