Siapa Bilang ke Bali Harus Mahal?

0
1614
Pantai Kuta.

Bali menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak di kunjungi di Indonesia. Ada banyak sekali akses untuk pergi ke pulau Bali. Bisa melalui Jalur darat maupun udara. Beberapa waktu lalu, aku melakukan perjalanan solo backpacking ke Bali melalui jalur darat dengan budget yang minim.

Untuk teman traveler yang juga ingin jalan-jalan tapi isi dompet mepet, yuk simak ceritaku!

Perjalanan menggunakan kereta.

Aku berangkat dari Kota Semarang naik kereta dari Stasiun Semarang Poncol yang berangkat pukul 11.45 WIB menuju Stasiun Surabaya Pasar Turi kelas ekonomi seharga Rp. 49.000. Aku memilih kereta ini karena ini adalah harga termurah. Kalau teman traveler mengutamakan waktu, kalian bisa memilih opsi kereta lain yang berangkat lebih awal. Sampai di Surabaya pukul 16.30 WIB. Sedangkan kereta yang akan aku tumpangi adalah rute Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru yang berangkat pukul 22.00.

Selama transit di Surabaya, aku jalan-jalan menuju Tugu Pahlawan. Akan tetapi hanya bisa masuk ke area platarannya saja, tidak bisa masuk ke museumnya dikarenakan museum tutup pukul 16.00 WIB. Biaya untuk masuk ke area tugu pahlawan ini gratis.

Untuk transportasi dari stasiun ke tugu pahlawan bisa menggunakan angkutan online, offline, ataupun jalan kaki. Jaraknya sekitar 1 km saja.

Karena waktu masih panjang, aku memutuskan untuk mengunjungi Museum Kapal Selam Surabaya. Dari hasil pencarian di google, museum ini buka sampai malam. Tiket masuk Museum ini Rp. 15.000. Dari Tugu Pahlawan menuju Museum Kapal selam ini aku menggunakan ojek online seharga Rp. 10.000.

Perjalanan menggunakan kapal.

Dari Monumen Kapal Selam menuju Stasiun Gubeng hanya perlu jalan kaki sekitar 500 meter saja. Untuk menuju Banyuwangi Baru, Aku mendapatkan kereta Eksekutif seharga Rp. 200.000. Ada juga kelas bisnis yang lebih murah, tergantung kebutuhan kalian. Sampai di Banyuwangi Baru sekitar pukul 04.30 WIB, lalu lanjut jalan kaki sekitar 300 meter menuju pelabuhan ketapang untuk selanjutnya menyebrang menuju pelabuhan gilimanuk. Harga tiket penyebrangan ini hanya Rp. 6.500 per orang.

Sesampainya di Gilimanuk, aku naik bus menuju Terminal Ubung, Denpasar seharga Rp. 40.000. Banyak sekali calo bus yang menwarkan harga, tergantung pintar-pintarnya kalian menawar. Perjalanan ini memakan waktu kurang – lebih 5 jam.

Karena tujuanku adalah ke Kuta, sedangkan katanya tidak ada angkutan umum yang bisa langsung sampai Kuta, jadi aku naik angkot menuju terminal Tegal seharga Rp. 20.000 lalu dari Tegal ke Kuta naik angkot lagi seharga Rp. 10.000.

Sesampainya di Kuta, aku menuju penginapan yang sudah ku pesan sebelumnya via online. Ada banyak sekali pilihan penginapan dengan varian harga. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kalian.

Untuk tempat wisatanya, banyak sekali yang dapat dikunjungi secara gratis dan  tetap instagramable. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi secara gratis antara lain:

Monumen Bom Bali

Tahun 2002 lalu, Indonesia mengalami tragedi memilukan yaitu peledakan beberapa bom di Bali, tepatnya di Paddy’s Pub, Sari Club dan dekat Kantor Konsulat AS. Oleh karena itu dibangunlah monumen bom bali ini untuk mengenang tragedi tersebut. Saat ini, lokasi monumen bom bali juga merupakan tujuan wisata sekedar untuk berfoto-foto. lokasinya berada di tengah kota dan pusat hiburan malam, jadi sangat mudah dijangkau.

Pantai Kuta

Belum lengkap rasanya kalau ke Bali tanpa mengunjungi pantai Kuta ini. Pantai kuta adalah pantai yang terletak di selatan pulau dewata yang merupakan tujuan destinasi utama di Bali. pantai ini akan sangat ramai pada sore hari karena terkenal dengan sunsetnya yang sangat indah.

Pasar Seni Kuta

Pasar Seni Kuta.

Setelah menikmati pemandangan pantai yang Indah, tak lengkap rasanya kalau belum berbelanja cinderamata. entah untuk oleh-oleh atau bahkan untuk koleksi pribadi. Kita bisa mampir ke Pasar Seni kuta yang menjual berbagai macam pernak-pernik khas Bali yang menarik. untuk berbelanja disini, aku sarankan untuk melakukan tawar-menawar agar mendapatkan harga terbaik.

Beachwalk

Selain pasar, ada juga Mall yang berada di pinggir pantai yang bisa kalian kunjungi. namanya beachwalk. keluar dari beachwalk ini, kalian bisa langsung sampai di pantai.

Pantai Jerman

Pantai Jerman.

Namanya memang tidak se terkenal pantai Kuta, akan tetapi ini bisa kalian jadikan opsi kalau ingin menikmati ketenangan pantai di sekitar kuta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.