Serunya Pesta Bedug di Desa Gandamekar Kec. Cikarang Selatan

0
1415
Eits ini dia yang paling di tunggu-tunggu yaitu penampilan barongsai.

Marhaban yaa Ramadhan travellovers semuanya. Gimana lebarannya travellovers? udah berkunjung kemana aja nih? Wah pasti udah kemana aja yah, memanfaatkan sisa-sisa libur hari raya sebelum kembali lagi beraktivitas ketempat kerja atau keperantauan.

Nah yang identik dengan liburan hari raya adalah selain kita berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata, ada juga loh pagelaran kesenian disetiap daerah. Salah satunya adalah Pagelaran Pesta Bedug. Apa travellovers pernah tau atau menyaksikan pagelaran pesta bedug ini? Tentunya ada yang udah dan belum yah. hehe

Pagelaran pesta bedug ini sangat terkenal di Bekasi tempat saya tinggal. Setiap satu minggu setelah lebaran ada beberapa desa di Bekasi yang menyelenggarakan pagelaran pesta bedug untuk menghibur warganya dan tentunya meningkatkan pengunjung yang datang di liburan lebaran ini.

Pagelaran ini biasanya memiliki durasi 1 minggu dan akan berakhir di hari minggu menjelang masyarakat masuk kerja dan anak-anak kembali ke sekolah. Nah,  pas penutupan pagelaran pesta bedug saya menyempatkan datang nih di salah satu desa yang menyelenggakan acara ini tiap tahunnya. Dan bisa dibilang saya salah satu pengunjung yang tidak pernah absen untuk menyaksikan penutupan pagelaran pesta bedug ini.

Salah satu wahana bermain anak yang ramai dikunjungi nih travellovers.

Salah satu desa yang sangat produktif menyelenggarkan pagelaran pesta bedug adalah Desa Gandamekar di Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Setiap tahun, desa ini selalu berhasil menggaet para penggunjung untuk datang dalam pagelaran pesta bedug, apalagi saat penutupanya, ratusan orang tumpah ruah menyaksikan penutupan pagelaran pesta bedug di Desa Gandamekar, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Pagelaran yang diselenggarakan di lapang di Desa Gandamekar ini, masyarakat dapat menyaksikan alunan tabuhan bedug yang diiringi dengan alat musik dan juga penyanyi yang biasanya menyanyikan lagu jaipongan. Selain itu ada juga wahana bermain seperti Kolam Mandi Bola, Komedi Putar, dan beberapa permainan anak-anak yang tentunya bisa buat anak-anak betah. Tentunya menyaksikan pesta bedug ini gratis yah, kalian hanya membayar biaya parkir aja.

Ini juga nggak kalah seru nih wahana bermain anaknya

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu dalam pesta bedug ini adalah penutupanya. Loh kenapa penutupanya yang ditunggu? Karena pada saat penutupan, akan ada banyak penampil yang akan hadir dan akan berbeda dengan hari-hari biasanya. Pastinya pun akan ramai dengan pengunjung yang penasaran ingin menyaksikan penutupan pesta bedug ini.

Dalam penutupan pagelaran pesta bedug ini, selain wahana bermain dan pertunjukan bedugnya itu sendiri, kita pun bisa menyaksikan para panitianya yang di make up karakter dan menggunakan kostum yang nyentrik sepeti pocong-pocongan, anak sekolah, kuntilanak, dan banyak lainnya. Hal ini untuk menghibur para pengunjung yang datang dan tentunya menarik pengunjung untuk berfoto bareng dengan panitia.

Ada juga arena motor cross yang sedang berlaga dengan jalur yang sudah disediakan dan tentunya dilakukan oleh para profesional yah travellovers. Selain itu, buat kalian yang mau kulineran juga bisa banget kok travellovers. Ada banyak banget tenant yang menjual berbagai macam makanan dan juga jajanan yang bisa bikin gagal diet deh pokoknyaa hehe.

Kerennya ada atraksi paralayang yang menjatuhkan uang kepada pengunjung.

Travellovers ada yang menarik nih dalam penutupan pageran pesta bedug di Desa Gandamekar ini, karena kita bisa melihat atraksi Paralayang yang melayang-layang kesana-kemari dengan membawa tulisan Pesta Bedug Desa Gandamekar. Paralayang ini nggak hanya terbang kesana kemari, melainkan sesekali menjatuhkan uang untuk para pengunjung yang datang. Sontak hal ini membuat pengunjung berlari berebut uang yang jatuh termasuk saya hehe. Seru aja gitu travellovers bisa lari-larian sambil berebut uang dari langit hehe

Selain itu yang paling banyak penontonya adalah Atraksi Barongsai yang membuat decak kagung para pengunjung yang datang. Antraksi Barongsai yang menaiki anak tangga dan loncat kesana kemari dengan lincahnya ini berhasil membuat sebagian pengunjung bertepuk tangan. Asli ini atraksi yang keren banget travellovers. Ohiya sesekali kita akan melihat banyak pengunjung yang memberikan saweran ke Barongsainya.

Travellovers, sebenernya ada banyak yang bisa kita lakukan dan saksikan di Pesta Bedug di Desa Gandamekar ini mulai dari kulineran hingga menikmati hiburan. Ohiya travellovers, pesta bedug di Desa Gandamekar ini merupakan agenda tahunan yang selalu diselenggarakan satu minggu setelah lebaran dan menjelang masuk sekolah dan bekerja yang selalu ramai dikunjungi masyarakat. Semoga ini acara ini selalu ada untuk menghibur masyarakat Desa Gandamekar dan Bekasi tentunya. Mari kita lestarikan budaya kita ini travellovers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.