Serunya Lari Pagi di CFD (Car Free Day) Jakarta

0
1523

Warga Jakarta dan sekitarnya pasti tidak asing dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau biasa dikenal dengan CFD (Car Free Day) Jakarta.

CFD sepertinya sudah menjadi agenda mingguan olahraga bagi warga Jakarta. Setelah lelah oleh aktifitas di kantor pada hari senin-jumat, hari minggu bisa dijadikan hari untuk memanjakan diri dengan cara lari pagi atau sekedar jalan-jalan di CFD yang menyehatkan.

Kalau ditelusuri sejarah bermulanya CFD Jakarta, kita bisa kembali ke tahun 2002, tepatnya di tanggal 23 Mei. Waktu itu CFD hanya diadakan sebulan sekali. Dengan seiring berjalannya waktu CFD Jakarta diadakan seminggu sekali pada tahun 2012.

Pada awalnya CFD hanya dibuka di sekitar Jalan Raya Jenderal Sudirman Jakarta Selatan sampai jalan M.H. Thamrin Jakarta Pusat. Tetapi sekarang CFD sudah bisa ditemukan dibeberapa lokasi di Jakarta, seperti di Kota Tua, Jakarta Barat, Jalan Pemuda Jakarta Timur, Jalan Danau Sunter Selatan dan beberapa wilayah di Jakarta.

Suasana Pagi CFD di Jalan Jenderal Sudirman.

CFD Jakarta mulai dibuka dari pukul 06.00-11.00. CFD Jakarta, khususnya yang berada di sekitar Jalan Raya Jenderal Sudirman Jakarta Selatan sampai jalan M.H. Thamrin Jakarta Pusat bisa dijadikan agenda mingguan warga Jakarta untuk olahraga, seperti jogging, bersepeda, atau sekedar jalan-jalan pagi.

Karena berada di pusat kota, untuk mencapai lokasi pun tidak sulit. CFD bisa menjadi ajang berkumpul yang menyenangkan bersama keluarga, teman, atau komunitas. Melalui dua jalan protokol di Jakarta ini, kita bisa menikmati olahraga pagi yang tidak biasa. Di senin-sabtu dua jalan ini selalu dipadati oleh berbagai macam kendaraan bermotor. Tetapi khusus di hari minggu, dua jalan ini dipadati oleh banyak manusia.

Antusias warga Jakarta di CFD disekitaran Jalan Jenderal Sudirman.

CFD sudah menjadi kesatuan bagi kaum urban Jakarta. Bagi para pecinta olahraga lari atau marathon, CFD Jakarta menjadi satu lokasi yang tepat untuk ajang berkumpul. Kompetisi marathon juga sering diadakan pada acara CFD Jakarta. Olahraga lari dan marathon sudah menjadi olahraga atau lebih tepatnya life style yang menyehatkan bagi para kaum urban Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia.

Dengan jarak kurang lebih 13 KM, dari Bunderan Senayan hingga Halte Monas, jogging di CFD akan terasa lebih menyenangkan. Tidak perlu khawatir kelelahan jika sedang olahraga di CFD Jakarta, karena disepanjang jalan ini akan banyak para pedagang minuman yang menjajakan dagangannya.

Jika ingin berhenti sejenak untuk menikmati sarapan atau sekedar mengemil. Di CFD Jakarta banyak sekali yang menjual makanan, dari yang berat hingga yang ringan. Selain menjadi ajang olahraga, CFD juga bisa menjadi lokasi yang tepat untuk kulineran.

Para pedagang berjualan di sekitar jalan M.H. Thamrin Jakarta.

Hampir disepanjang jalan banyak pedagang yang berjualan, jadi tidak usah khawatir kelaparan selesai olahraga. Di CFD Jakarta biasanya banyak diselenggarakan berbagai event keren yang banyak mengundang artis-artis ibukota untuk meramaikan dan tentu hadiah yang menarik penonton.

Komunitas Pecinta Hewan di CFD Jakarta.

Bagi yang ingin senam, ada banyak penyelenggara (biasanya dari produk minuman atau makanan) yang menyediakan panggung kecil beserta instrukturnya. Peserta bisa mengikuti dibelakangnya. Tidak heran jika CFD Jakarta menjadi lokasi yang menarik buat diselenggarakannya event atau promosi produk.

Bahkan peresmian MRT Jakarta oleh bapak presiden Joko Widodo diadakan di CFD Jakarta di sekitaran Bunderan Hotel Indonesia.

CFD Jakarta bisa menjadi lokasi olahraga atau sekedar hiburan menyenangkan yang ramah kantong tetapi tetap menyehatkan jiwa dan raga. Seperti kata pujangga romawi yang terkenal, mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.