Serunya Berwisata di Kampung Teletubbies di Yogyakarta

0
123
Kampung Teletubbies.

Yogyakarta selalu menyimpan beragam hal yang unik, menjadi ketertarikan tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jogja. Setelah beragam kejadian yang terjadi di masa lalu, membuat Jogja semakin kuat dalam segala hal, salah satunya dalam hal pembangunan. Kini ada bangunan unik ini dijadikan objek wisata oleh warga setempat, dan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Nah, di Yogyakarta terdapat perkampungan yang unik karena rumah yang ada di perkampungan ini tidak seperti rumah-rumah lainnya, bentuk rumah di kampung ini berbentuk dome (kubah) dan menyerupai rumah karakter dalam serial televisi Teletubbies. Teletubbies? Apakah kalian masih ingat dengan serial televisi anak-anak dengan tokoh Tinky Winky, Dipsi, Lala, dan Po? Untuk anak-anak yang lahir pada tahun 1990-2000-an pasti tahu dong apa dan siapa Teletubbies itu. Empat boneka berwarna merah, kuning, hijau, dan ungu yang dilengkapi dengan layar televisi di perut mereka. Dalam serial tersebut mereka tinggal di sebuah rumah yang unik berbentuk separuh bola atau dome. Maka dari itu masyarakat menyebutnya kampung Teletubbies dan menjadi destinasi wisata unik.

Rumah Domes.

Keberadaan rumah-rumah ini bukanlah tanpa alasan. Rumah-rumah di kampung Teletubbies ini mulanya dibangun sebagai tempat tinggal masyarakat pasca gempa besar yang melanda Yogyakarta pada tahun 2006. Tak heran, karena Indonesia sendiri berada di kawasan Ring of Fire menjadikan Indonesia gampang terkena bencana gempa. Berangkat dari peristiwa tersebut, lembaga non pemerintah Domes for the World Foundation membuat 80 rumah di desa Ngelepen yang pada saat itu kerkena dampak paling parah. Dengan dibangunnya rumah dome di Desa Ngelepen ini, menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mendapat bantuan rumah dome setelah India, Haiti, dan Etiopia.

Ketika hari libur banyak wisatawan yang mengunjungi kampung Teletubbies ini, banyak dari mereka yang berfoto dan berkeliling kampung unik ini. Selain itu di Kampung Teletubbies ini terdapat beberapa sarana yang ditawarkan, seperti outbond, berkeliling kampung menggunakan kereta kelinci atau gerobak tradisional, dan berfoto selfie dengan badut Teletubbies yang siap menghibur anak-anak.

Selain rumah-rumah warga, di Kampung Teletubbies juga terdapat sarana umum lain seperti mushola, poliklinik, dan aula pertemuan warga yang berbentuk kubah dengan ukuran yang lebih besar. Meski bentuknya kecil rumah-rumah dome di sini memiliki beberapa ruangan, bahkan rumah-rumah dome ini juga terbagi menjadi dua lantai. Saat panas terik kondisi suhu di dalam ruangan terasa lebih dingin. Sedangkan jika di luar rumah hujan, bagian dalam rumah terasa hangat. Rumah dome ini selain tahan gempa, juga tahan api dan terjangan angin berkecepatan 400 km per jam, karena terbuat dari bahan beton.

Gapura Kampung Teletubbies.

Kampung Teletubbies ini terletak tak jauh dari Istana Ratu Boko dan Candi Ijo, tepatnya di dusun Ngepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi Kampung Teletubbies wisatawan hanya perlu menyusuri jalan raya Prambanan-Piyungan, jika dari arah Prambanan. Setelah melewati Istana Ratu Boko, hanya mengikuti petunjuk arah menuju lokasi wisata Kampung Teletubbies. Tak jauh dari Kampung Teletubbies, jika kalian masih memiliki waktu untuk mengeksplorasi wisata sekitar, disarankan untuk mengunjungi Gua Sentono, Gua Jepang, dan Candi Abang. Letaknya tak jauh ke arah barat dari Kampung Teletubbies.

Jadi bagaimana, kalian tertarik untuk mengunjungi Kampung Teletubbies dan wisata di sekitarnya? Tunggu apa lagi, segera atur jadwal dan tulis di Destination List kalian, dan jangan lupa ajak orang tersayang. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.