Serunya Bermain Tubing di Sumbermaron Malang

0
1396
Wisata Sumbermaron di Malang
Luasnya pemandian Sumbermaron.

Kalau sedang penat dengan aktivitas sehari-hari, memang paling enak ya akhir pekan dihabiskan untuk liburan. Lebih enak kalau liburannya ke wisata alam yang penuh dengan air. Jadi kita bisa merasa lebih fresh.

Di Malang, ada salah satu wisata alam yang segaaar banget. Sumbermaron namanya. Sebuah wisata alam berupa pemandian yang airnya alami, bersumber dari pohon besar di sekitarnya. Areanya luaaas sekali, jadi kita bisa puas berenang atau sekadar mandi bebek di sana. Ah ya, kita juga bisa main tubing sepuasnya loh.

Wisata alam ini berada di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Aksesnya mudah kok. Jalannya juga aman terkendali.

HTM Sumber Maron

Wisata Sumbermaron di Malang
Pemandian Sumbermaron di Malang.

Harga tiket masuk hanyalah 3.000 rupiah per orang. Murah kan? Sementara, kalau mau sewa ban untuk tubing, cukup merogoh kocek 10.000 rupiah saja untuk bisa bermain tubing sepuasnya.

Kalau mau sewa loker untuk penyimpanan barang, jasanya 5.000 rupiah. Kalau mau sewa kamar mandi cukup 2.000 rupiah. Kalau saat itu terlupa tidak membawa celana, baju, dsb bisa langsung beli di pertokoan sekitar lokasi. Harganya terjangkau kok.

Luasnya SumberMaron

Wisata Sumbermaron di Malang
Pemandian alami.

Sumbermaron ini luaaas sekali, hampir 3 hektar. Ketika kalian sudah masuk ke wilayah destinasi wisata Sumbermaron, cobalah untuk tetap terus berjalan. Mulanya kita akan disambut oleh rumah warga dengan toko kecil di depan rumahnya. Setelahnya kita akan melihat pemandian alami yang besar dan jernih.

Maka, cobalah untuk turun lagi. Kita akan melihat sungai lebar yang dangkal. Cocok untuk bermain injak-injak air sambil menikmati arus sungai. Dan terakhir, turunlah lagi sampai terlihat air terjun yang di pangkalnya ada pemandian luas dengan sungai yang lebar pula.

Pemandian Sumbermaron

Ada dua sumber mata air yang menjadi primadona wisata ini. Mata air bagian atas, sumbernya berasal dari pepohonan besar. Airnya tertampung dalam dua pemandian yang cukup besar. Pemandiannya tidak cukup dalam. Kedalamannya hanya setinggi perut orang dewasa.

Setelahnya, air dari kedua pemandian tersebut mengalir ke sungai yang cukup lebar, namun dangkal juga. Sungai tersebut juga sering dipakai untuk bermain air karena alirannya tidak cukup deras. Air sungai tersebut pada akhirnya bermuara ke air terjun.

Main Tubing di Sumbermaron

Serunya Bermain di Pemandian Sumbermaron
Serunya bermain tubing.

Sumber mata air yang kedua ini, berasal dari pepohonan di balik sawah-sawah. Tidak banyak anak yang berenang atau bermain disini, karena daerah ini identik dengan titik awal untuk permainan tubing.

Lintasan untuk bermain tubing kurang lebih 1.5 km. Alirannya tidak terlalu deras. Cukup aman untuk dijadikan wahana permainan bagi anak-anak berusia 10 tahun ke atas.

Mitos di Sumbermaron

Konon katanya, di wilayah ini muncul penampakan ular besar. Jadi tak heran bila tempat ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mencari wangsit atau pesugihan.

Selain itu, juga ada penampakan makhluk astral lainnya seperti perempuan jelek, laki-laki gondrong, dsb. Jadi, kalau ke sini jangan malam-malam ya. Usahakan sudah pulang sebelum adzan magrib terdengar.

Nyemil Sempol Khas Malang

Wisata Sumbermaron di Malang
Makan sempol khas Malang.

Setelah berpuas diri main tubing dan berenang di pemandian, bagaimana kalau sambil disela nyemil makanan khas Malang? Yaitu sempol. Di pinggir pemandian banyak warung yang menjajakan sempol.

Rasa sempolnya enak sekali. Apalagi kalau dimakan saat hangat, lalu dicocol ke saos sambal. Wuah, nikmatnya… Harganya hanya 500 per tusuk. Beli 10 tusuk kok rasanya kurang ya, hehe.

Nah itulah keseruan yang bisa dilakukan di wisata alam Sumbermaron Malang. Recommended kok. Cobalah ajak teman-teman atau keluargamu untuk rame-rame datang ke sini. Niscaya akan ketagihan.

Lalu, kamu kapan mau main ke Sumbermaron?

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 - 18.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.