Sensasi Kulineran di Atas Puncak Sosok

0
99
Pemandangan dari Puncak Sosok
Pemandangan dari Puncak Sosok

Bantul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang banyak menyajikan destinasi wisata alam. Daerahnya yang berupa perbukitan membuat kabupaten ini memiliki sederet destinasi alam di atas perbukitan. Salah satu wisata yang masih tergolong baru di daerah Bantul adalah Puncak Sosok. Sesuai namanya Puncak Sosok merupakan wisata alam yang berada di atas perbukitan.

Tentang Puncak Sosok

Puncak sosok beralamat lengkap di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta dapat ditempuh kurang lebih 30 sampai 45 menit. Lokasinya sudah ada di Google Maps sehingga akan mempermudah untuk menemukannya. Berada di perbukitan membuat pengunjung sedikit kesusahan untuk menemukan lokasi ini. Tenang saja saat ini sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkan ke destinasi ini jika sudah sampai di daerah Desa Bawuran. Pengunjung akan melewati perkampungan warga terlebih dahulu untuk sampai di Puncak Sosok.

Tempat duduk untuk menikmati kuliner
Tempat duduk untuk menikmati kuliner

Sesampainya di lokasi wisata, pengunjung tidak akan dikenai biaya retribusi wisata, tetapi hanya membayar seikhlasnya saja. Dari tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki menaiki bukit menuju Puncak Sosok. Waktu yang paling pas untuk berkunjung adalah saat sore hari menuju malam hari. Di sore hari pengunjung dapat menikmati matahari terbenam dan di malam hari pengunjung dapat menikmati gemerlap lampu-lampu kota yang mirip dengan bintang.

Banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan mulai dari foto-foto, menanti matahari terbenam, mencoba kuliner, mencoba trek downhill menggunakan sepeda, bermain ayunan atau sekedar bersantai menikmati pemandangan dari atas bukit. Meskipun tergolong tempat wisata yang masih baru, destinasi ini memiliki fasilitas yang memadai seperti musala, kamar mandi, tempat parkir, tempat makan, arena trek downhill dan bahkan ada panggung yang bisa digunakan untuk menampilkan pertunjukkan. Lokasi wisata lain yang terdekat dengan Puncak Sosok adalah Puncak Gebang yang hanya berjarak kurang lebih 1 km.

Menikmati gorengan hangat sembari menunggu matahari tenggelam
Menikmati gorengan hangat sembari menunggu matahari tenggelam

Menikmati Kuliner

Di sini akan ditemui warung-warung yang berbentuk unik yang terbuat dari bambu. Warung tersebut menyajikan kuliner hangat yang pas dinikmatin di sore atau malam hari di atas Puncak Sosok. Makanan dan minuman tersebut seperti gorengan hangat, mie instan, kopi dan kuliner lainnya. Walaupun di tempat wisata, kuliner yang dijual di tempat ini harganya masih murah dan ramah di kantong. Untuk dapat menikmati kuliner tersebut pengunjung dapat duduk di tempat duduk depan warung atau lesehan di rumput yang hijau. Menikmati gorengan hangat lengkap dengan minumannya sembari menanti matahari tenggelam di Puncak Sosok memang memberi pengalaman yang berbeda.

Mencoba Trek Downhill Sepeda

Di sepanjang perjalanan menaiki Puncak Sosok akan banyak ditemui pengunjung yang membawa sepeda. Yang ditemui tidak hanya satu atau dua orang saja tetapi satu komunitas. Ternyata setelah sampai atas barulah saya tahu jawabannya. Di atas Puncak Sosok terdapat arena trek downhill untuk sepeda. Ya, selain keindahannya ternyata wisata in juga terkenal dengan trek downhill bagi komunitas sepeda. Pengunjung yang datang juga sekaligus dapat melihat aksi para pesepeda tersebut menuruni trek downhill.  Tak jarang pesepeda yang jatuh dari trek membuat pengunjung menjadi was-was.

Puncak Sosok ramai dikunjungi sore dan malam hari
Puncak Sosok ramai dikunjungi sore dan malam hari

Menikmati Malam

Saat matahari mulai terbenam suasana Puncak Sosok berubah menjadi gelap dengan terang cahaya lampu-lampu kota. Pengunjung dapat menikmati indahnya gemerlap lampu kota yang mirip dengan bintang dari ketinggian. Namun, jika Anda datang sendirian harus hati-hati saat perjalanan pulang karena kondisi jalan yang gelap.

Jika berkunjung ke sini ada hal unik yang dapat dilihat dari atas yaitu tempat pembuangan sampah tetapi dipenuhi dengan sapi-sapi potong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.