Sensasi Kesegaran Sumber Sira Malang

0
419
Kolam Sumber Sira.

Berkunjung ke Malang belum lengkap rasanya jika tak singgah ke tempat yang segar-segar. Tak harus jauh dari pusat kota, bisa jadi tempat itu hanya perlu ditempuh kurang dari satu jam saja. Seperti yang saya lakukan beberapa hari yang lalu dengan berkunjung ke wisata alam Sumber Sira Malang.

Wisata ini berada di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, saya menuju jalan  ke arah Pabrik Gula Krebet Bululawang. Ketika sampai di pabrik gula peninggalan Belanda ini, saya tinggal mengikuti jalan lurus menuju Kecamatan Gondanglegi. Nah, tak jauh dari sana ada sebuah gang kecil yang memuat papan petunjuk menuju lokasi wisata ini. Saya tinggal mengikuti jalan tersebut.

Tak sampai 2 kilometer dari arah gang tadi, saya telah sampai di pintu masuk. Hanya perlu membayar parkir sejumlah Rp. 2.000 dan tiket masuk seharga Rp. 5.000, saya bisa langsung menikmati wisata ini. Tapi, saya harus berjalan kaki dulu sejauh kurang lebih 400 meter sebelum sampai ke tempat yang saya tuju. Jalanan sudah berpaving dengan kontur menurun membuat saya sedikit pesimis bagaimana pulangnya nanti. Pasti akan ngos-ngosan. Tak apalah, saya hanya ingin bersenang-senang dahulu.

Anak-anak yang meloncat dan mencebur ke kolam.

Maka, saya disambut oleh nyanyian kencang yang terdengar dari sebuah speaker. Musik ini seakan menambah semangat saya untuk mencapai sumber yang saya tuju. Dan ternyata, perjuangan saya tak sia-sia.

Saya melihat sebuah kolam sumber yang benar-benar jernih. Saking jernihnya, saya bisa melihat dengan jelas tanaman air berwarna hijau di dasar kolam tersebut. Tanaman ini menjadi magnet bagi para pengunjung yang akan mengambil gambar dari dasar kolam. Refleksi cahaya yang dipantulkan oleh tanaman air tersebut benar-benar sempurna. Dari jauh, air kolam terlihat kehijauan. Namun, jika dilihat dari dekat, air itu benar-benar bening. Saya sampai ketagihan membasuh tangan saya dengan air itu.

Hal yang paling saya suka adalah adanya tangga kolam renang di beberapa sisi kolam. Adanya tangga ini semakin memudahkan pengunjung untuk bisa masuk ke kolam dan menikmati kesegaran airnya. Tak hanya itu, ternyata kedalaman kolam ini cukup dangkal. Kira-kira, hanya sekitar 1 meter saja. Inilah alasan mengapa banyak anak-anak kecil yang begitu ceria bermain di sana. Mereka bahkan kerap meloncat dari pinggir kolam untuk kemudian mencebur ke dalam kolam yang dingin.

Sungai yang mengalir dari kolam sumber.

Saya mencoba menikmati tempat ini dari sisi yang berbeda. Rupanya, wisata ini dikelilingi sawah yang dialiri oleh air dari sumber ini. Tak hanya itu, air di dalam kolam ini juga mengalir ke sebuah sungai kecil yang airnya juga tak kalah bersih. Beberapa pengunjung juga mulai mencoba untuk berenang di sungai yang berarus tersebut.

Kalau sudah bosan menjelajahi kolam, kita bisa sejenak beralih ke fasilitas lain seperti ayunan dan beberapa gazebo yang disediakan di dekitar warung. Di sini, kita masih bisa melihat segarnya air kolam sumber dari kejauhan. Ada juga colokan listrik yang disediakan oleh pengelola sehingga kita tak perlu cemas jika baterai ponsel pintar kita sudah habis. Kita juga bisa memesan makanan seperti mie instan, bakso, dan makanan berat lain yang akan diantarkan oleh para pedagang.

D iantara fasilitas itu, satu hal lagi yang saya suka adalah upaya pengelola untuk mengajak pengunjung menjaga lingkungan. Larangan untuk menginjak tanaman air pun kerap saya lihat di setiap sudut kolam. Ajakan untuk tidak membuang sampah sembarangan juga tampak di berbagai sudut. Bahkan, ada pula sampel mengenai bagaimana sebuah sampah plastik bisa terurai selama bertahun-tahun. Intinya, dengan mengunjungi ekowisata Sumber Sira, pengunjung tak hanya diberikan suguhan wisata alam tetapi juga upaya pelestariannya. Jadi, wisata ini menjadi salah satu wisata wajib dikunjungi saat ke Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.