Senja Cantik nan Tenang di Pantai Ngudel, Malang

0
899
Ketika matahari mulai tenggelam.

Destinasi wisata dan kuliner di Kota Malang tersedia berbagai macam untuk memuaskan para pendatang dari luar kota, luar pulau, maupun luar negeri. Kota Malang setiap tahunnya juga kian bertumbuh pesat menjadi semakin modern dan ramai, menjadikan kota yang paling banyak diincar travelers saat liburan. Namun, jika travelers ingin merasakan suasana liburan yang berbeda, maka Kabupaten Malang punya jawabannya.

Masih banyak orang-orang yang orang mungkin belum tahu jika Malang mempunyai banyak pantai. Salah satunya yaitu Pantai Ngudel. Pantai Ngudel tepatnya berada di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedhangan, Kabupaten Malang. Perjalanan menuju Pantai Ngudel atau mengarah ke daerah selatan memakan waktu sekitar 3-4 jam dari kota Malang dengan kendaraan roda empat pada hari kerja maupun akhir pekan.

Perjalanan menuju Pantai Ngudel.

Begitu memasuki daerah Kabupaten Malang, maka travelers bisa langsung merasakan perbedaan dengan suasana di kota. Kanan-kiri jalan dipenuhi oleh rumah-rumah dan gang-gang yang akan membawa ke daerah perdesaan. Minimarket dan supermarket akan jarang ditemui dan lebih banyak pasar di setiap beberapa kilometer. Setelah itu, pinggir jalan akan lebih sering dihiasi kebun tebu dan pepohonan. Truk-truk besar pun akan sering dijumpai. Walaupun begitu, kondisi jalan sampai menuju pantai terbilang baik walaupun pencahayaan seperti lampu jalanan kurang memadai. Travelers harus tetap berhati-hati, karena kondisi jalan yang luas, banyak belokan curam dan tidak terlalu ramai justru akan memudahkan pengendara motor atau kendaraan lain menambah kecepatan.

Travelers berada kurang lebih 2-3 km dari pantai jika sudah menemukan papan petunjuk jalan. Jalur yang tadinya travelers lewati hanya satu kemudian terbagi menjadi beberapa jalur. Kemudian pilihlah jalur yang akan membawa travelers ke arah Pantai Ngudel.

Memasuki loket atau pintu masuk pantai, travelers perlu membeli tiket masuk dengan harga Rp 15.000 per orang. Penjaga pintu masuk juga akan menanyakan apakah travelers hendak menginap atau tidak. Tempat parkir di lokasi cukup luas dan berada di dekat warung-warung kecil serta pepohonan.

Ombak berlarian dan air laut yang jernih.

Tidak perlu berjalan lebih jauh lagi, travelers bisa langsung menghirup udara segara serta aroma laut yang begitu menyegarkan. Mata akan terpukau dengan gambaran eksotis batuan besar dan tebing di sekitar pantai, air laut yang jernih, langit biru serta pasir yang putih. Pemandangan di Pantai Ngudel sangat memuaskan baik pada siang hari yang cerah maupun sore hari saat matahari terbenam. Kondisi pantai pun juga bersih.

Pantai Ngudel dan pantai-pantai di selatan Kabupaten Malang juga mempunyai kelebihan yaitu suasananya yang tidak terlalu ramai sehingga pengunjung yang datang dapat menikmati pemandangan segar dan bersantai dengan nyaman. Bisa dibayangkan betapa serunya menginjakkan kaki dan menyelamkan beberapa inci kaki di air sambil bermain-main bersama teman atau keluarga. Jika travelers hendak menikmati pemandangan sambil menyantap makanan dan atau minuman di pinggir pantai, jangan lupa untuk tetap mejaga kebersihan, ya!

Memasuki waktu petang, langit mulai redup dan berubah menjadi merah muda yang cantik. Saat-saat inilah yang tidak boleh dilewatkan oleh travelers untuk mengambil foto pemandangan, berswafoto ataupun membuat video log (vlog). Travelers bisa melakukan pose berjalan atau berlari-lari kecil menyusuri pinggir pantai. Suasana pantai yang tenang akan menambah kesan seolah-olah travelers berada di pantai pribadi.

Bebatuan besar yang bisa dijadikan spot berfoto.

Sebelum matahari benar-benar tenggelam, saya sarankan agar segera bersiap-siap kembali ke kendaraan atau menuju warung kecil di dekat lahan parkir di mana terdapat lampu-lampu penerangan, karena pantai akan menjadi sangat gelap. Travelers bisa beristirahat sejenak atau menikmati makanan seperti mie instan di warung yang tersedia. Warung di Pantai Ngudel juga menyediakan toilet umum untuk bersih-bersih, buang air dan mandi.

Tips dari saya, bagi travelers yang berminat mengunjungi Pantai Ngudel ini atau pantai-pantai di Malang selatan lainnya, gunakanlah kendaraan beroda empat atau atribut pengaman lengkap seperti helm dan jaket jika menggunakan sepeda motor. Hal tersebut dikarenakan kondisi jalan yang akan dilewati saat perjalanan pulang di malam hari akan menjadi sangat gelap akibat kurangnya pencahayaan seperti lampu jalanan. Angin pun juga berhembus cukup kencang dan suhu menjadi dingin sedangkan perjalanan cukup jauh dan memakan waktu lama. Jangan lupa juga membawa kamera, camilan, baju dan celana ganti, sandal, dan keperluan berlibur lainnya agar liburan di Pantai Ngudel ini lebih sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.