Semangkok Bakso Hamil yang Bikin Perut Buncit

1
246
Hidangan lengkap.

Kuliner bakso memang tak ada habisnya. Enak dan selalu dicari orang. Ke mana pun kalian pergi, kalian pasti bisa menemukan kuliner satu ini. Tak hanya di perkampungan, di sudut-sudut kota juga akan kalian jumpai abang-abang tukang bakso ini. Untuk harga, makanan yang terbuat dari bahan baku berupa daging ini cukuplah terjangkau untuk kantong masyarakat Indonesia. Umumnya, bakso berbentuk bulat-bulat seperti bola bekel. Ada yang berukuran kecil dan ada pula yang berukuran besar. Kali ini, kedua jenis ukuran itu digabungkan menjadi satu.

Nama bakso dengan dua ukuran sekaligus ini adalah bakso hamil. Kebanyakan, di daerah lain, bakso dengan bentuk yang sama diberi nama bakso beranak. Namun, pemilik kedai bakso di Depok II ini memilih menamainya dengan bakso hamil. Mengapa begitu? Karena bakso hamil ini di bagian luar adalah bakso berukuran besar, sedangkan di dalamnya adalah bakso berukuran kecil. Jadi, bakso berukuran besar mengandung bakso berukuran kecil. Jika diibaratkan, bakso berukuran besar adalah ibu hamil, sedangkan bakso berukuran kecil di dalamnya adalah bayi yang dikandungnya.

Bakso hamil sebelum dibelah.

Saat bakso ini dihidangkan di atas meja pengunjung, bakso ini memenuhi mangkok seolah akan meloncat keluar. Ketika pengunjung mengiris bagian tengahnya dengan sendok, bakso berukuran kecil akan keluar dari dalamnya. Kalian bisa langsung melahapnya dengan nikmat. Dijamin, setelah kalian makan bakso hamil ini, perut kalian akan membesar menjadi buncit sehingga kalian terlihat seperti perempuan yang sedang hamil.

Untuk bisa menikmati semangkok bakso hamil ini, kalian bisa datang ke kedai Mie Ayam dan Bakso Hamil Condong Raos 3. Kedai ini terletak di Jalan Kemakmuran Raya nomor 3 Depok II Tengah, Sukmajaya, Depok. Satu porsi bakso hamil seharga Rp20.000. Harga itu termasuk worth it jika dibandingkan dengan ukuran baksonya yang benar-benar super besar dan mengenyangkan. Untuk itu, jika tidak yakin kuat menghabiskannya, kalian bisa makan bakso hamil ini berdua dengan teman kalian. Jika kebetulan kalian makan sendiri, kalian bisa memesan menu bakso lainnya, yaitu bakso 1 porsi dengan harga Rp16.000 atau bakso setengah porsi dengan harga Rp11.000. Kedua jenis bakso itu bukan variasi dari bakso hamil, melainkan hanya bakso bulat biasa.

Bakso kecil yang terlihat setelah bakso dibelah.

Untuk kalian yang tidak menyukai bakso, di kedai ini juga dijual menu mi ayam. Kalian bisa memesan semangkok mi ayam seharga Rp11.000. Namun, jika kalian ingin menikmati kedua jenis makanan ini dalam satu mangkok, kalian bisa memesan menu mi ayam bakso hamil. Harganya cukup mahal, yaitu Rp25.000. Jadi, menu ini super mengenyangkan karena selain bakso hamil yang super besar, kalian pun menyantap menu mi ayam. Ada pula menu mi ayam bakso yang bisa kalian pilih jika tidak ingin terlalu kenyang. Untuk menu minuman, variasinya seperti pada umumnya, ada teh botol, minuman bersoda, es teh manis, es teh tawar, es jeruk, dan air mineral. Harganya pun bekisar antara Rp2.000—6.000.

Dalam satu mangkok bakso hamil, ada bakso ukuran besar di bagian luarnya, 5 butir bakso kecil di dalamnya, potongan sawi, kecambah, mi bihun, dan mi kuning. Sebenarnya, agar tidak terlalu kenyang dengan semangkok bakso hamil, kalian bisa memesan bakso hamil tanpa pelengkap mi bihun dan mi kuning. Untuk menambah cita rasa, kalian bisa menambah kecap, saus, dan sambal ke dalam mangkok kalian. Bahkan, jika kalian suka, kalian bisa menambah cuka di dalamnya. Setelahnya, kalian bisa menyendok bakso hamil itu dengan lahap.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.