Selamat Datang September! Jangan Lupa Catat Tanggal Event Bulan September 2019

0
7996
Instagram/@adiidhams

Sudah memasuki September banyak segelintir festival yang patut dikunjungi. Tidak sedikit juga festival menarik bagi pecinta olahraga sepeda. Ada apa saja ya? yuk, intip jadwalnya dan catat tanggalnya!

FESTIVAL TABUT

 

Bagi yang akan ke Bengkulu di awal September, tentu bisa mengunjungi Festival Tabut yang aka diselenggarakan pada tanggal 1-10 September ini.  Secara umum, Festival Tabut diselenggarakan setiap 1 hingga 10 muharram tahun kalender Islam. Festival ini pun diperingati sebagai hari mengenang cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Hasan Hussein. Peringatan ini meriah karena terdapat menara tinggi dan terdapat peti yang menyerupai peti mati Hasan Hussein. Kreasinya pun terbilang unik karena terdaat bahan dasar bambu, serta lampu-lampu kecil menynari menara tersebut. Selain itu terapat beberapa permainan, ritual, dan berbagai pertunjukan yang memeriahkan acara FEstival Tabut. Jadi, tertarik untuk datang ke Bengkulu september ini?

SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ART

 

Untuk kamu para seniman lokal dan khususnya penikmat seni, wajib datang ke event tahunan satu ini. Solo International Performing Art atau SIPA ini adalah acara seni tahunan berskala internasional yang diadakan di Solo. Kali ini SIPA akan berlangsung di Benteng Vastenburg pada tanggal 5-7 September 2019. Tahun ini, SIPA akan mengangkat tema “Arts as Social Action” yang akan menampilkan berbagai macam seni mulai dari tradisional dan modern, belum lagi akan ada pameran dan bazaar batik, kerajinan tangan, dan berbagai macam kuliner khas Solo.

FESTIVAL WISATA LOKSADO
Festival budaya yang tidak kalah seru dan tidak mungkin dilewatkan adalah Festival Wisata Loksado di Kalimantan Selatan. Acara yang akan digelar pada tanggal 6 hingga 8 September ini menyuguhkan berbagai kegiatan menarik mulai dari kegiatan penanaman pohon, fun trekking ke air terjun haratai, permainan tradisional menyumpit dan batungkau hingga menyaksikan tarian adat lokal di Loksado. Acara tahunan ini pun menawarkan bagi siapa saja yang ingin menikmati festival menarik dengan kegiatan menarik, terutama wahana air seperti Arung Jeram, rakit bambu, hingga bamboo rafting.

FESTIVAL PAYUNG INDONESIA


Demi meningkatkan ekonomi kreatif terutama dalam hal produksi payung tradisional serta melestarikan payung tradisional, Festival Payung Indonesia diadakan pada tanggal 6-8 September, bertempat di Candi Borobudur, Magelang. Dalam acara ini pun, kamu dapat menemukan jajaran kuliner menarik, seperti Sego godog, mangut lele, wedang kacang, dan masih banyak lagi. Kegiatan lainnya pun beragam, pengunjung dapat menikmati kegiatan menarik seperti fashion show, workshop, pertunjukan seni, dan lainnya.

TOUR DE LINGGARJATI

 

Bagi yang ketinggalan event sepeda besar seperti Tour De Bintan, jangan sedih. Kamu masih bisa hadir ke Tour De Linggarjati, tepatnya tanggal 13-15 September 2019. Kamu dapat kunjungi Kabupaten Kuningan dan mulai gowes bersama. Selain kamu dapat gowes bersama, Tour De Linggarjati pun menampilkan berbagai seni tradisional lomba foto, foto funbike, dan yang paling serunya adalah menampilkan produk unggulan UMKM Kuningan.

Selain lima di atas, masih ada event lainnya yang bisa kamu kunjungi selama September ini, catat tanggalnya!:

  1. FESTIVAL MOYO (9 – 16 September 2019, Pulau Moyo, Sumbawa, NTB)
  2. FESTIVAL PINISI (12 – 15 September 2019, Kabupaten Bulukumba)
  3. MALANG FLOWER FESTIVAL (15 September 2019, Jalan Ijen Simpang Balapan, Kota Malang)
  4. CILETUH GEOPARK FESTIVAL (15 September 2019, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat)
  5. TOUR DE SIAK (18 – 22 September 2019, Kabupaten Siak, Riau)
  6. JOGJA INTERNATIONAL STREET PERFORMANCE (21 – 22 September 2019, Kota Yogyakarta)
  7. FESTIVAL PESONA DANAU LIMBOTO (21-25 September 2019, Danau Limboto, Gorontalo)
  8. ERAU ADAT KUTAI & 7th INTERNATIONAL FOLK ART FESTIVAL (21-29 September 2019, Tenggarong, Kutai Kartanegara)
  9. FESTIVAL BATANGHARI (22 – 25 September 2019, Kawasan Wisata Tanggo Rajo, Kota Jambi)
  10. TOUR DE IJEN (23-26 September 2019, Banyuwangi, Jawa Timur)
  11. FESTIVAL TANJUNG LESUNG (27 – 29 September 2019, Tanjung Lesung, Banten)
  12. WONDERFUL FOOD CULINARY AND SHOPPING (27 September – 27 Oktober 2019, Kota Kasablanka Mall, Jakarta)
  13. MUSIK ALAM FEST (28 – 29 September 2019, Desa Buluh Perindu, Tanjung selor, Kabupaten Bulungan)

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.