Sekolah Tari Tradisional Belantara Budaya Indonesia Cabang Cirebon

0
167
Siswi BBI bersama Ibu Dian Rahayu setelah Ujian tari.

Buat saya Kota Cirebon merupakan kota yang paling oke dalam pelestarian budayanya. Dari festival, perayaan hari-hari besar, sampai dengan anak-anak yang diajak untuk mencintai budaya Indonesia, salah satunya adalah tarian. Agar budaya tari itu tetap lestari dan tidak punah karena gaya modern anak milenial yang katanya lebih suka dancing ala-ala luar negeri. Ternyata Ada banyak sekolah tari atau sanggar-sanggar tari di Kota Cirebon. Sanggar-sanggar yang sudah berdiri sejak saya belum lahir pun masih eksis berdiri dan tetap ada peminatnya, salah satunya Sekolah Tari Tradisional Belantara Budaya Indonesia.

Sekolah Tari Tradisional Belantara Budaya Indonesia cabang Cirebon, lebih dikenal dengan sebutan sanggar BBI. Sekolah tari ini merupakan cabang dari sekolah-sekolah tari Belantara Budaya Indonesia yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Cabang paling banyak berada di Jakarta dan sekitarnya, sedangkan cabang terjauh ada di Papua. Didirikan oleh Ibu Diah Kusuma Wardani sekaligus ketua dari yayasan Belantara Budaya Indonesia yakni sebuah yayasan yang perduli terhadap perkembangan dan pembentukan karakter anak dan remaja melalui pendidikan seni dan budaya salah satunya adalah budaya tari.

Belantara budaya Indonesia belum lama membuka cabangnya di kota Cirebon. Bertempat di area belakang Keraton Kasepuhan yang berada di jalan pasuketan Kota Cirebon. Sanggar tari ini dibuka untuk umum terhitung sejak dibukanya sekolah tari ini di bulan September 2018. Sekolah yang dinaungi oleh perusahaan Pertamina tbk ini memberikan pelatihan kepada anak-anak yang ingin belajar tari secara gratis.

Siapapun boleh mendaftar, dari mulai usia 4 tahun sampai dengan 60 tahun. Pada saat pembukaan, antusiasme warga sekitar yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah tari ini langsung membludak. Hari pertama saja sudah sekitar 200 lebih siswa yang mengisi data saat pendaftaran. Tetapi mayoritas yang belajar di sanggar ini adalah anak-anak yang masih bersekolah. Di bimbing oleh guru tari profesional dibidangnya seperti Ibu Dian Rahayu sebagai pengajar tari-tarian Putri Binangkit dan Kak Irfan Handrian sebagai pengajar tari tarian kangsreng. Sanggar ini memfokuskan pada tarian-tarian kreasi tradisonal. Jadi yang diajarkan tidak hanya nama tari-tarian yang sudah disebutkan di atas saja, namun sudah banyak tari-tarian yang diajarkan, seperti Tari Sintren, Kembang Ronggeng, Tari Burung, Tari Batik, dan lain-lain.

Siswa-siswi BBI yang sedanng berlatih tari tradisional..

Sanggar ini sangat membantu orangtua yang ingin memasukan anaknya ke sekolah tari. Karena untuk belajar tari di sini tidak dipungut biaya pendaftaran, bulanan, dan seragam.

Orangtua hanya perlu menyediakan tiga perlengkapan saat latihan tari, yaitu:

  • Jarik (kain) motif Mega Mendung, tidak memiliki motif tersebut pun anak-anak bisa menggunakan kain motif apapun.
  • Selendang
  • Korset hitam

Semua perlengkapan di atas dapat dibeli sendiri di luar sanggar.

Saat event tertentu, anak-anak diberikan kaos secara gratis dari pihak sanggar yang kemudian hingga saat ini kaos tersebut dapat digunakan sebagai seragam untuk latihan.

Untuk waktu latihannya setiap hari Sabtu pukul 15.00 WIB bertempat di Bangsal Dalem Agung Nyi Mas Pakungwati Keraton Kasepuhan. Untuk lebih memudahkan parkir kendaraan bagi para orangtua yang mengantar ataupun yang menunggui anaknya berlatih tari bisa lewat pintu gerbang belakang Karaton kasepuhan.

Siswi BBI bersama Ibu Dian Rahayu setelah Ujian tari.

Nah itu dia sanggar tari yang ada di keraton Kasepuhan. Belajar tari di sini bisa sekaligus eksplorasi wisata bersejarah, yaitu keraton tertua sekaligus termegah di Kota Cirebon.

Note: bagi anak-anak yang belajar tari di sanggar BBI tidak perlu membeli tiket masuk ke keraton. Pihak keraton pun menggratiskan tiket masuk bagi anak-anak yang ingin belajar tari. So, tunggu apalagi? Yuk gerakan badanmu demi pelestarian bangsa!

Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.