Sejuk Semilir Angin di Sumber Mendit Lanang Malang

0
379
Kolam berisi ikan mas koki.

Saya baru tahu kalau ada sebuah tempat wisata baru yang tak jauh dari Kota Malang. Berupa sebuah sumber atau mata air yang mengalir di sebuah kolam besar dengan panorama yang indah. Saya mendapatkan citra foto tempat wisata ini dari Google Map. Melihat jaraknya yang hanya 8 km dari rumah saya, rasanya kok sayang ya kalau saya tidak datang ke sini. Makanya, pada liburan akhir tahun kemarin, saya pun menyempatkan datang ke sini dengan mengendarai motor.

Tak sampai setengah jam, saya sudah berada di wilayah Mangliawan, Pakis, yang merupakan jalan menuju Bandara Abdurrahman Saleh. Saya memelankan laju motor untuk mencari gang tempat wisata ini berada. Ternyata, letak gang tersebut juga tak jauh dari Pemandian Wendit yang telah eksis sebelumnya. Untuk memudahkan sebagai penanda jalan, sebuah masjid besar berwarna hijau bisa menjadi patokan.

Saya menyusuri jalan sempit di dalam gang itu dengan hati-hati. Takut kalau sampai terlewat. Ketakutan saya akhirnya benar-benar menjadi kenyataan karena saya terlalu jauh masuk ke dalam gang. Di sebuah belokan, saya seharusnya berbelok masuk ke sebuah gang sempit tetapi saya malah lurus. Makanya, saya pun memutar jalan lagi.

Pujasera di pinggir sumber.

Saat menemukan gang tersebut, saya terkejut dengan jalan menuju sumber yang menurun tajam. Kalau tidak berhati-hati, motor saya bisa selip. Untunglah, kengerian itu hilang saat saya melihat sebuah kolam besar berisi air jernih yang begitu indah. Saya juga melihat pepohonan yang tumbuh rindang mengelilingi kolam tersebut.

Selepas memarkirkan motor, saya langsung menuju ke tepi kolam tersebut. Ternyata, kolam tersebut cukup dalam. Ada keterangan di pinggir kolam bahwa kedalaman kolam tersebut mencapai 3 meter. Pengunjung dilarang masuk ke dalam kolam tersebut. Isi dari kolam tersebut ternyata berbagai jenis ikan koki berukuran besar. Beberapa anak-anak tampak gembira memberi makan ikan-ikan tersebut di pinggir kolam.

Saya mulai berkeliling kolam itu dan ternyata ada bagian yang bisa digunakan untuk berenang. Bagian tersebut berada di sisi utara yang memiliki kedalaman antara setengah hingga satu meter. Di kolam ini, anak-anak juga banyak yang terlihat asyik berenang sambil meluncur dari pinggir kolam.

Pengunjung memberi makan ikan.

Tak hanya kolam saja, di Sumber Mendit Lanang ini juga tersedia fasilitas pujasera yang berupa warung berdinding bambu. Pengunjung juga bisa menikmati aneka makanan berat seperti bakso dan soto sambil duduk di bangku yang telah disediakan. Sambil ditemani semilir angin dan memandang kejernihan air sumber, sungguh sebuah hal menyenangkan yang bisa dilakukan di Kota Malang. Di dekat pujasera ini, juga tersedia toilet dan musala yang semakin memudahkan para pengunjung.

Kalau ingin bernarsis ria, di balik kolam juga terdapat sebuah taman kecil. Taman tersebut tertata rapi dengan aneka bunga yang tumbuh. Yang unik, ada sebuah ikon bertuliskan Jalan Kenangan Mantan di taman ini. Dengan beberapa gazebo yang dibangun di sekitar taman tersebut, pengunjung akan mendapatkan hasil fotografi yang ciamik. Gazebo tersebut juga berfungsi sebagai tempat santai untuk melihat sumber dari dekat.

Kolam berisi ikan mas koki.

Selain tak ada harga tiket yang harus dibayar, kebersihan yang sangat terjaga membuat saya betah berlama-lama di sana. Apalagi, saat kunjungan saya di sana, sedang dilakukan kerja bakti membersihkan ranting dan dedaunan dari sebuah instansi setempat. Sebuah usaha yang patut diapresiasi karena keindahan tempat wisata juga bermuara kepada bagaimana pengelolaan ke depannya.

Sambil melihat kolam Sumber Mendit Lanang dari kejauhan, beberapa pengunjung yang ada di sekitar saya mulai berbincang mengenai sebuah tempat bernama Sumber Gentong. Saya jadi penasaran apakah tempat tersebut juga sama bagusnya dengan Sumber Mendit Lanang ini. Saya pun kemudian memutuskan menyudahi kunjungan di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.