Sejenak Berelaksasi di Pemandian Air Panas Padusan Pacet

0
303
Kolam air dingin di wisata air panas Padusan.

Pernahkah anda suatu ketika sedang merasa bosan dengan rutinitas harian di kantor, kampus, atau di sekolah? Ya, itu mungkin sebuah hal yang wajar. Namun kadangkala kebosanan juga membuat badan kita terasa capek dan pegal-pegal. Jika sudah seperti itu mungkin sudah saatnya anda berelaksasi. Ada banyak cara berelaksasi antara lain yoga, massage, atau berendam di air panas. Nah kali ini penulis akan mengajak anda untuk sejenak berendam di Pemandian Air Panas Padusan di daerah Pacet, Jawa Timur.

Pemandian Air Panas Padusan terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kawasan ini dikelola oleh Perhutani. Untuk menuju ke lokasi ini aksesnya cukup mudah di jangkau dari ibukota Jawa Timur yakni Surabaya. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar kurang lebih 2 jam dari Surabaya. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk menuju ke lokasi ini.

Namun, sebaiknya periksa kendaraan anda sebelum menuju kemari. Pastikan kendaraan anda cukup aman digunakan karena jalan menuju ke area ini cukup menanjak dan berliku-liku karena berada di wilayah pegunungan. Jika anda masih kebingungan bagaimana akses menuju kemari, anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps di smartphone anda. Jangan khawatir, di lokasi ini hampir semua operator jaringan internet sudah dilengkapi jaringan 4G LTE walaupun lokasinya ada di pegunungan.

Pintu masuk pemandian air panas Padusan.

Karena berada di kaki Gunung Welirang, lokasi ini tentu saja menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan juga memiliki udara sejuk. Hamparan pohon-pohon hijau yang asri dijamin akan memanjakan mata anda selama dalam perjalanan menuju ke lokasi. Di gapura masuk kawasan wisata anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000/orang ketika weekend, tentunya di hari biasa atau weekdays harga tiket masuk kawasan akan sedikit lebih murah. Sedangkan mobil dikenakan biaya Rp. 7.000.

Setelah itu anda bisa masuk ke kawasan Padusan Pacet dan memarkir kendaraan anda di tempat parkir yang sudah disediakan. Sayangnya biaya parkir di sini cukup mahal ketika weekend. Setiap mobil dikenakan biaya Rp. 20.000. Tapi tidak masalah karena ongkos parkir bisa kami bagi dengan 7 orang rombongan kami. Oiya selain pemandian air panas, di Kawasan Wisata Padusan juga terdapat beberapa destinasi lain seperti air terjun dan bumi perkemahan. Jika anda memiliki cukup banyak waktu anda bisa berkeliling di kawasan ini dengan keluarga atau teman-teman anda.

Penulis dan rombongan tiba di lokasi pemandian kira-kira hari Sabtu jam 7 malam. Kami memarkir mobil dan berjalan menuju lokasi pemandian air panas. Biaya masuk ke lokasi pemandian air panas adalah Rp 10.000 untuk orang dewasa, Rp 7.500 untuk anak-anak, dan Rp 35.000 untuk wisatawan mancanegara. Setelah karcis di tangan kami langsung disambut oleh banyaknya pengunjung yang cukup ramai memadati area kolam air dingin, mungkin karena ini adalah malam Minggu. Btw, sekadar informasi, di lokasi ini juga terdapat kolam air dingin yang sangat segar jika anda kurang berminat berendam di kolam air panas.

Kolam air dingin untuk anak di wisata air panas Padusan.

Sebelum berendam kami menyewa loker untuk menaruh barang-barang kami. Sewa loker dikenai biaya Rp 15.000, bebas diisi oleh barang dari berapa orang, asalkan cukup. Setelah ganti baju dan menitipkan barang kami di loker kami pun langsung menuju ke kolam air panas. Di lokasi ini terdapat beberapa level panas air. Ada kolam air panas da nada juga yang kolam air hangat. Saran dari penulis adalah cobalah berendam di kolam air hangat dahulu agar tubuh anda tidak kaget.

Di lokasi ini cukup banyak pengunjung yang rata-rata ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah berusia lanjut. Maklum, berendam di kolam air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti asam urat atau bahkan stroke. Percaya atau tidak itu adalah pilihan pengunjung masing-masing. Yang jelas penulis dan kawan-kawan datang kemari adalah untuk berelaksasi dan melepaskan penat selepas bekerja. Menurut sebagian orang juga, berendam di air panas dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Penulis cukup percaya dengan statement ini, karena setelah berendam badan jadi terasa segar kembali dan pegal-pegal jadi hilang, mungkin karena efek dari relaksasi tadi.

Kolam air dingin di wisata air panas Padusan.

Setelah melakukan pemanasan di kolam air hangat, kami memberanikan diri berendam di kolam air panas. Lokasi kolam air panas bisa dibilang cukup sepi, mungkin karena orang kurang berani dengan air yang terlalu panas. Tapi alangkah baiknya kami mencoba. Saran dari penulis, janganlah langsung memasukkan tubuh anda di kolam. Masukkan perlahan mulai dari kaki baru ke badan agar tubuh anda tidak kaget dengan perubahan suhu yang cukup drastis. Kami berendam cukup lama sekitar 2 jam. Setelah berasa cukup rileks, kami pun bergegas mandi, ganti pakaian, dan segera bersiap untuk pulang.

Di perjalanan pulang, badan kami yang awalnya pegal-pegal jadi berasa segar setelah berendam di kolam air panas Padusan, Pacet. Mungkin berendam disini akan jadi agenda kami selama sebulan sekali untuk menghilangkan penat selepas bekerja. Jadi apakah anda tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.