Sejarah Bang Pa-In Summer Palace, Istana Raja Chulalongkorn, Kerajaan Siam Ayutthaya, Thailand

0
219
Salah Satu Bangunan Bergaya Chinese di Area Bang Pa-In Palace.

Bang Pa-In Summer Palace adalah istana yang sering digunakan oleh keluarga Kerajaan Siam dan para permaisurinya. Terletak 60 kilometer bagian utara Bangkok atau tepatnya berada di Kota Ayutthaya, taman ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Kota Ayutthaya. Taman ini terdiri dari bangunan-bangunan ikonik yang tersebar di sekitaran taman yang luas.

Istana Bang Pa-In pertama kali didirikan pada abad ke 17 ketika Raja Prasat Thong sedang memimpin Kerajaan Siam. Berdasarkan catatan sejarawan kontemporer diceritakan bahwa istana tersebut ditinggalkan ketika kekuasaan Siam Ayutthaya jatuh pada tahun 1767. Kemudian Istana Bang Pa-In dibangun kembali sebagai istana musim panas pada masa pemerintahan Raja Mongrut (1851-1868). Putra dari Raja Mongrut yaitu Raja Chulalongkorn merupakan raja yang paling banyak berpengaruh terhadap pembangunan Istana Bang Pa-In yang dapat kita saksikan saat ini. Sebagian besar bangunan yang terdapat di istana Bang Pa-In dibangun pada tahun 1872-1889.

Pemanis yang Ada di Sekitar Istana.

Raja Chulalongkorn yang memimpin pemerintahan pada tahun (1866-1910) merupakan raja yang banyak memberikan perubahan signifikan bagi negara Thailand yang saat itu dikenal sebagai Siam. Raja Chulalongkorn adalah raja modern yang menghapuskan perbudakan dan merampungkan bentuk pemerintahan Thailand. Raja Chulalongkorn juga merupakan Raja Thailand pertama yang mengungjungi Eropa, dari perjalanannya tersebut Raja Chulalongkorn terinspirasi untuk membangun sebagian besar struktur bangunan bergaya Eropa di Istana Bang Pa-In.

Di kawasan Istana Bang Pa-In terdapat banyak sekali bangunan ikonik yang memiliki pesonanya masing-masing, berikut adalah tiga tempat favorit saya pribadi.

Rerumputan yang Dipotong Menyerupai Gajah

Gajah merupakan simbol negara Thailand yang merupakan budaya masyarakat Thailand yang mengagumi kekuatan, daya tahan dan umur panjang yang dimilikinya. Selain itu, gajah putih juga merupakan simbol kerajaan Thailand. Menurut tradisi Buddha, pada malam kelahiran Sang Buddha ibunya bermimpi diberi bunga teratai oleh seekor gajah putih. Raja Chulalongkorn yang senang menghabiskan waktu di taman ini membuatnya sebagai bentuk penghargaan/simbol.

Menara Observasi.
Menara Observasi

Raja Chulalongkorn membangun observatorium Ho Withun Thasana pada tahun 1881. Pada menara ini kita dapat menaiki anak tangga dan menikmati pemandangan sekitar istana dari atas.

Floating Pavilion

Pavilion yang berada di tengah kolam ini menjadi tempat patung perunggu Raja Chulalongkorn. Pavilion yang dikenal sebagai Aisawan Thiphya-art ini modelnya serupa dengan Grand Palace yang ada di Bangkok.

Masih terdapat banyak sekali bangunan-bangunan menarik yang dapat kita nikmati di sekitaran area istana ini, jika kelelahan berjalan kaki kita dapat menyewa Golf-Cart dengan tarif sebesar 400 bath untuk satu jam pertama dan 100 bath pada jam setelahnya.

Jembatan di Sekitar Istana.

Untuk menuju ke Istana Bang Pa-In, dari Kota Bangkok kita harus terlebih dahulu menuju Kota Ayutthaya yang dapat ditempuh menggunakan bus atau kereta. Perjalanan menggunakan bus akan menghabiskan waktu selama 1,5 jam dengan ongkos sebesar 200 bath, sedangkan kereta akan menghabiskan waktu selama 2 jam dengan ongkos yang lebih murah yaitu sebesar 30 bath. Jika menggunakan bus dari pusat Kota Ayutthaya disambung dengan menggunakan Songtheaw atau taksi dengan ongkos pada kisaran 50-100 bath.

Pilihan kereta akan lebih memudahkan perjalanan karena dari Bangkok kita dapat langsung mengarah ke stasiun kereta Bang Pa-In, lokasi istana hanya berjarak sekitar 1,5 km atau sekitar 15 menit jalan kaki dari Stasiun Bang Pa-In.

Istana Bang Pa-In mulai beroperasi pada pukul 08:00 pagi sampai dengan pukul 16:00 waktu setempat, untuk tiket masuk wisatawan asing dikenakan biaya sebesar 100 bath. Disarankan untuk menggunakan pakaian yang sopan ketika berkunjung ke Istana Bang Pa-In ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.