Sehari Semalam Ngecamp di Pantai Watu Kodok, Gunung Kidul

0
235
Kebersamaan camping bersama teman.

Akhir pekan adalah waktu yang paling cocok untuk mengagendakan waktu kumpul bersama kerabat dan teman dekat. Banyak sekali bentuknya seperti nongkrong bareng, main bareng atau traveling bareng. Acara camping di pantai dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi akhir pekan atau waktu liburan. Selain dapat menghabiskan waktu berkumpul dengan teman, kita juga dapat menikmati panorama laut dan bermain air.

Salah satu lokasi yang tepat untuk berkemah sekaligus menikmati panorama laut adalah di Gunung Kidul, salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Yogyakarta. Di sana terdapat berbagai macam pantai yang dapat dijadikan area camping para wisatawan. Misalnya, Pantai Watu Kodok. Untuk menuju ke sana aksesnya cukup mudah, yaitu hanya dengan melewati jalan raya Ringroad Timur Jogja-Bantul menuju Kabupaten Gunung Kidul. Bila perjalanan ditempuh dari Yogyakarta kota dapat menghabiskan waktu kurang lebih dua jam.

Mudah, Murah, dan Indah
Bermain air di pantai.

Tidak seperti traveling atau camping di gunung yang cukup ribet, perjalanan ke lokasi camping di Pantai Watu Kodok sangatlah mudah. Segala jenis transportasi darat dapat masuk ke wilayah pesisir pantai, kecuali kereta api ya! Sepeda motor, mobil, hingga bus dapat melakukan perjalanan sampai pesisir pantai dengan mudah. Hal ini dikarenakan akses menuju ke pantai sudah berupa jalan beraspal dan cukup luas.

Perjalanan dapat dilalui dari arah flyover Janti, Bantul menuju ke arah timur melalui jalan Ringroad Timur. Setelah bertemu pertigaan Desa Bangun Tapan, belok ke kiri menuju arah Jalan Jogja-Wonosari. Dalam perjalan ke Wonosari, Anda akan disuguhkan pemandangan jalan pegunungan Gunung Kidul yang masih asri. Setelah itu, akan bertemu simpang tiga menuju arah Jalan Playen Paliyan yang akan mengarahkan Anda ke Jalan Pantai Selatan Jawa. Cukup mudah, bukan? Jika masih kebingungan, Anda dapat bertanya kepada warga lokal atau menggunakan aplikasi Google Maps agar perjalanan lebih aman dan efisien.

Setelah sampai di area parkiran, kendaraan bermotor diwajibkan untuk membayar parkir. Untuk motor sebesar Rp 5.000, mobil Rp 10.000, dan bus pariwisata sebesar Rp 50.000. Anda hanya dikenakan tarif parkir tanpa biaya masuk oleh pengelola. Harga di atas sangat sebanding dengan keindahan yang disuguhkan Pantai Watu Kodok. Apalagi jika Anda bepergian bersama teman dan kerabat, pasti bisa lebih irit, kan?

Bawa Peralatan Camping Sendiri Lebih Asik!
Acara makan-makan bersama.

Mungkin bagi Anda yang tergolong malas untuk membawa barang bawaan yang banyak, sewa peralatan camping adalah solusi yang bagus. Namun, jika ingin menghemat budget traveling yang sesuai dengan dompet, maka lebih baik membawa peralatan camping sendiri. Walaupun sebenarnya sewa peralatan tidak semahal yang kita kira, ini hanya tips untuk berhemat saja.

Beberapa warung di sini selain menyediakan makanan, juga menyediakan peralatan camping berupa tenda dan tikar. Untuk harga satu tenda berkapasitas 4-5 orang dibanderol dengan harga sewa Rp  50.000 dan harga sebuah tikar sebesar Rp 15.000  per malam.

Selain camping, sebenarnya Anda bisa melakukan kegiatan lain yang tak kalah menarik. Kegiatan itu adalah piknik dan bikin acara masak dan makan-makan bersama teman. Bawalah sendiri kompor dan alat makan lainnya. Anda dapat membawa kompor portable dan nesting (cooking set) ala-ala di gunung gitu! Karena di sini tidak menyewakan kompor atau alat makan, maka peralatan tersebut wajib dibawa sendiri.

Puas menyantap makanan dan bergurau bersama teman, Anda dapat menyalakan api unggun lalu berputar mengelilinginya. Keseruan ini tak menyisakan kemurungan dan kesedihan! Yang ada adalah gelak tawa dan kebahagiaan bersama. Ingat ya, tujuan camping bersama teman yang paling utama adalah kebersamaan!

Berenang dan Bermain Air
Suasana Pantai Watu Kodok di pagi hari.

Setelah di malam hari puas makan bersama dan bersenda gurau sambil mengelilingi api unggun, keesokan paginya Anda dapat berenang di pantai. Di mulut pantai masih terdapat bunga karang yang didiami biota laut seperti ikan hias dan bulu babi. Jadi, perhatikan ketika berenang ya, awas digigit ikan nanti, hihihi! Yang terpenting adalah tetap waspada dan jaga jarak lepas pantai agar tidak terseret arus laut. Apabila Anda tidak dapat berenang, sebaiknya hindari aktivitas tersebut demi keselamatan.

Oh iya, ombak di Pantai Watu Kodok terbilang cukup tenang apabila dibandingkan dengan ombak di Pantai Parangtritis Selatan. Namun, tetap berhati-hatilah karena keselamatan lebih penting dibandingkan apapun.

Pantai Watu Kodok adalah sedikit dari beberapa pantai di daerah Gunung Kidul yang dapat Anda kunjungi di sela-sela hari sibuk. Jika Anda telah pergi kesini, jangan lupa untuk sekalian mengabadikan momen dengan kamera ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.