Sego Sambel Mak Yeye, Kuliner Malam Surabaya

0
574
Warung Sego Sambel Mak Yeye.

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya menawarkan banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tempat wisata di sini pun beraneka ragam, mulai dari wisata dalam kota, wisata alam dan tak ketinggalan wisata kulinernya. Ditambah lagi pesona bunga sakuranya yang mekar setiap bulan November, membuat kalian yang sedang berada di kota Pahlawan ini berasa seperti di Kota Tokyo Jepang.

Kebetulan minggu lalu saya ada kegiatan di Kota terbesar kedua di Indonesia ini. setelah selesai kegiatan, saya mengajak teman saya yang asli orang Surabaya buat mencoba wisata kuliner malam di sini. Katanya, kota besar ini terkenal dengan kuliner lalapan penyetannya. Saat malam hari pasti akan kalian dapati banyak sekali warung lalapan sambel penyet pinggir jalan. Namun ada satu warung legendaris yang tekenal dengan penyetannya yaitu Sego Sambel Mak Yeye. Warung kecil ini sudah ada sejak tahun 1982. Jadi tak usah di ragukan lagi cita rasanya.

Bila kalian ingin mencoba kuliner malam di Surabaya  bisa banget buat nyobain sego sambel ini. Lokasinya berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No 10, Kota Surabaya. Tepatnya sebelah utara gedung Darmo Trade Center (DTC). Menu andalannya adalah sego sambel iwak pe (ikan pari). Sego Sambel Mak Yeye buka mulai dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

Lalapan sego sambel iwak pe dan ayam goreng.

Saya sampai di sana sekitar pukul 21.15 WIB, meski baru buka namun antriannya sudah meluber ke mana-mana. Tak hanya pengunjung saja yang memenuhi antrian, tapi juga para ojek online yang mendapat orderan makanan di sini. Tempat memesan makanan berada di depan warung. Berupa meja besar yang di atasnya ada layah besar yang sudah berisi sambal yang menggoda, nasi putih, ikan pari, ayam  goreng, telur dadar, tempe dan setumpuk piring. Ada tiga sampai empat orang yang akan melayani kalian. Kalian cukup bilang ke mereka mau memesan apa dan dengan cekatan mereka akan menyajikannya. Setelah lengkap kalian bisa langsung bawa makanan kalian ke bangku di dalam warung.

Menu yang disajikan di sini ada empat macam yaitu lalapan iwak pe (ikan pari), ayam goreng, telur dadar dan tempe goreng. Kalian juga bisa memilih sambal, mau sambal yang pedas atau yang agak manis. Sertelah berdesakan antri akhirnya saya pun dilayani. Karena saya tidak suka iwak pe, saya memesan lalapan ayam, telur dadar, tempe dengan sambal pedas, sedangkan teman saya memesan lalapan ikan pari dan sambal manis. Rasa sambalnya yang menggigit lidah terbuat dari campuran cabai, tomat, terasi, bawang putih, bawang merah dan garam.

Sedangkan untuk sambal manis ditambahi dengan gula pasir. Jika kalian tidak begitu suka makanan pedas, kalian bisa memesan sambal manis ini. Di setiap meja disediakan sendok dan garpu untuk makan, namun rasanya kurang pas kalau makan lalapan tak pakai tangan. Tidak disediakan kobokan di setiap meja. Jadi jika kalian ingin makan menggunakan tangan, kalian bisa berjalan ke belakang di mana terdapat wastafel. Sedangkan untuk minumannya ada teh manis dan jeruk manis.

Tempat memesan makanan.

Meski tempatnya tak begitu besar dan sangat sederhana, tapi makanan yang disediakan sangat lezat dan menggoda selera. Harganya juga sangat terjangkau. Tak heran memang jika setiap hari warung ini ramai pengunjungnya, bahkan mereka rela antri untuk mendapatkan sepiring lalapan penyetan ini karena rasanya nendang abis.

Pasti kalian sudah pada ngiler ya pingin nyicipin sego sambal iwak pe Mak Yeye ya? Yang lagi ada di Surabaya, buruan deh ke sana. Yang di luar Surabaya, kalian bisa memasukkan lalapan Sego Sambel mak Yeye dalam list destinasi kalian saat di Surabaya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.