Sega Lengko: Nasi Sehat Khas Kota Cirebon

0
213
Sega lengko khas cirebon.

Cirebon terkenal memiliki beragam kuliner yang sangat khas, seperti nasi jamblang, empal gentong, tahu gejrot dan sega lengko. Untuk sega lengko mungkin terdengar asing untuk sebagian dari kalian. Apa sih sega lengko?

Sega lengko berarti nasi lengko dalam Bahasa Indonesia. Kata lengko diambil dari kata “lekoh” yang berarti kental. Namun, sekarang ini banyak yang menyebutkan jika lengko adalah lengkap dan ekonomis. Nasi lengko berarti nasi kental ya? Nasi lengko berarti penuh dengan lauk dan murah ya?

Kata lengko atau kental ini dikarenakan bumbu yang digunakan untuk kuliner ini adalah bumbu kacang. Campuran untuk menyajikan nasi ini juga sangat banyak tapi harga masih tergolong murah. Maka dari itu orang-orang menyebutnya lengkap dan ekonomis.

Cara penyajian nasi lengko adalah sebagai berikut. Nasi putih hangat diberi tempe dan tahu goreng yang sudah dipotong dadu kecil-kecil, tauge, mentimun, dan daun kucai yang dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis. Untuk menambah selera, biasanya diberikan taburan bawang goreng serta kerupuk bawang atau udang, dan gorengan hangat. Lebih enak gorengan tempe atau bakwan.

Sega Lengko H. Barno.

Di Cirebon sendiri untuk makan sega lengko ini biasanya dibarengi dengan sate kambing. Tempat untuk menikmati kuliner ini yang paling terkenal adalah di Jl. Pagongan milik H. Barno. Sudah sangat umum wisatawan atau orang asli Cirebon yang merantau dan berkunjung ke Cirebon akan mampir ke tempat H. Barno ini.

Untuk masalah harga, sega lengko ini dijual sangat bervariasi. Di H. Barno sendiri sekitar Rp 13.000 untuk satu porsinya. Sedangkan sate kambingnya berkisar Rp 20.000 lima tusuk. Jika budget kalian lebih rendah dari itu, kalian bisa mencoba sega lengko di tempat lain. Di sekitar H. Barno juga terdapat beberapa tempat penjual kuliner ini. Kalian bisa mencicipinya dan membuat pilihan mana yang paling cocok di lidah kalian. Kuliner ini sangat mudah dicari di Cirebon. Jadi, kalian tidak usah khawatir akan kehabisan. Bahkan, jika dompet kalian sedang tipis, banyak sekali yang menjual sega lengko dibawah Rp 10.000.

Rasa dari sega lengko ini sangat enak dan menyehatkan karena terdapat banyak sayuran dan protein nabati dari tahu dan tempe. Jadi, kalian tidak akan merasa eneg akan bumbu kacangnya. Jika masih eneg, kalian bisa menambahkan sambal diatasnya sesuai selera.

Nikmatnya nasi sehat khas cirebon.

Untuk penjualan di kota lain, sepertinya sega lengko ini tidak terlalu booming seperti tahu gejrot. Bahkan mungkin bisa dibilang sangat jarang. Tetapi di kota besar, salah satunya Jakarta, menjual sega lengko yang dibanderol dengan harga di bawah Rp 10.000. Lokasinya tepat di Jalan Kunci, Jakarta Timur. Untuk yang di kota atau daerahnya tidak ada kuliner khas Cirebon ini, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah jika penasaran dengan rasanya. Bahan-bahan untuk membuat sega lengko ini sangat mudah ditemukan. Untuk sate kambingnya kalian bisa beli. Pasti ada kan sate kambing di daerah kalian? Jika kalian tidak suka sate kambing, kalian bisa memakannya dengan ayam goreng. Ayam goreng sangat cocok menjadi lauk untuk nasi apapun termasuk nasi atau sega lengko ini.

Sega lengko ini bisa dinikmati kapan saja. Bisa untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Kalau kalian berkunjung ke Cirebon, kalian bisa nyoba nih hidangan ini kapan aja. Ajak teman-teman dan keluarga biar makin seru makannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.