Sebenarnya, Bolehkah Menginap di Bandara Changi Singapura?

0
340
Imigrasi di Bandara Changi Singapura.

Satu di antara cara menghemat biaya perjalanan adalah melalui penginapan. Sebagai budget traveller, kita memang dituntut untuk tidak memanjakan diri sendiri selama perjalanan dengan menginap di hotel yang mahal hingga bintang 5. Yah, untuk menghemat dana perjalanan, kalian bisa menjadikan ‘menginap di bandara’ sebagai pilihan terbaik.

Apakah boleh menginap di bandara internasional sekelas Bandara Changi Singapura? Tentu boleh. Namun, bandara ini memang sangat pelit terhadap budget traveller. Jadi, saat pesawat sudah mendarat, segeralah mengambil barang-barang kalian di bagasi lalu pergilah menuju bagian imigrasi. Saat menghadapi petugas imigrasi Singapura, harap berhati-hati. Tips terbaik adalah mengisi bagian pertanyaan lokasi menginap kalian dengan hotel di Singapura yang kalian ingat. Kalian bisa menyewa hotel di booking.com yang bisa disewa tanpa membayar terlebih dahulu dan bisa dibatalkan secara gratis. Jangan sampai kalian memberi tahu petugas bandara bahwa kalian akan menginap di bandara. Pasti kalian akan diusir masuk ke Singapura.

Bandara Changi Singapura.

Dulu, saat ke sini, saya hampir diusir oleh petugas imigrasi Singapura. Saya keceplosan menyebutkan bahwa saya akan tidur di bandara. Petugas bandara sangat terkejut.

This is the airport. Why you stay here?

Pertanyaan itu tanpa saya sadari semakin membuat saya jujur. Akhirnya petugas bandara berteriak ke arah saya.

You, get out. Get out.”

Dengan mengeluarkan surat sakti dari kampus, saya diizinkan masuk ke Singapura. Jadi, kalian perlu menghindari hal ini terjadi ya. Pastikan kalian sudah mengantongi nama hotel, hostel, guest house, atau apartemen tempat kalian menginap meskipun hanya booking sementara via aplikasi. Yakinlah bahwa petugas bandara tidak akan melakukan pengecekan terhadap status kalian menginap di hotel mana. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan tersenyum selama proses imigrasi dan jangan menggunakan handphone selama petugas bandara memverifikasi data kalian. Sekali lagi, untuk amannya, sebenarnya boleh tidak sih menginap di Bandara Changi Singapura? Menurut saya boleh banget, karena meskipun petugas bandara memperketat traveller yang akan mengindap di bandara, hampir semua sudut dipenuhi oleh tavelers yang tidur hingga pagi.

Dekatlah dengan barang-barang kalian.

Pertanyaan berikutnya, kapan kalian bisa tidur di Bandara Changi Singapura? Sebaiknya, tidak setiap hari ya. Ini namanya kalian tidak lagi berniat menghemat, melainkan tidak punya uang, hehe. Waktu terbaik untuk menginap tanpa dikenai sanksi oleh petugas bandara adalah saat malam kedatangan kalian ke bandara dan saat malam terakhir sebelum keesokan harinya kalian pulang ke Indonesia. Kedua waktu itu bisa kalian gunakan dengan alasan kalian kemalaman setelah turun dari pesawat atau kalian menunggu penerbangan keesokan harinya.

Di bagian mana bisa tidur dengan tenang dan nyaman? Jika kalian adalah penumpang pesawat dengan tiket lanjutan, kalian diperkenankan masuk ke dalam ruang tunggu terminal. Kalian bisa tidur di atas kursi-kursi yang disediakan. Jika bukan penumpang pesawat lanjutan, kalian bisa tidur di restoran yang buka 24 jam seperti McD atau Starbucks. Sayangnya, kalian perlu membeli makan di restoran ini meskipun dengan harga mahal. Nah, kalau mau benar-benar gratis, datanglah ke terminal 3 lantai atas. Di sana terdapat Changi Aviation Gallery. Kalian bisa memanfaatkan kursi-kursi yang ada ya.

Sayangnya, ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan saat sebelum naik pesawat. Pertama pakai jaket. Kedua, selalu letakkan barang-barang kalian di sekitar kalian. Tas dengan barang-barang penting perlu kalian peluk. Ketiga, jangan mudah mengobrol dengan orang asing. Singapura juga bahaya terutama bagi yang  tidak pernah ke sana sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.