Sarapan Rawon Tessy yang Memanjakan Lidah

0
199
Menu makanan dan minuman.

Siapa sih yang tidak tau masakan khas Indonesia berkuah hitam ini? Rawon memang paling cocok disantap saat sarapan. Meski bisa juga makan saat siang atau sore hari, namun kuah rawon yang panas dan udara pagi yang sejuk membuatnya memiliki perpaduan yang serasi.

Jika kalian sedang berlibur di Kota Malang, kalian bisa mencicipi rawon dengan cita rasa khas di warung Rawon Tessy. Ternyata ada alasan kenapa nama warung ini diberi nama Rawon Tessy. Kata Tessy diambil dari nama seorang pelawak kenamaan Indonesia, hal ini karena pemiliknya memiliki wajah dan perilaku yang kocak seperti public figure tersebut. Selain terkenal karena pemilliknya, rawon ini juga terkenal karena rasanya yang enak dan harganya yang sangat terjangkau.

Nampak depan warung.

Lokasinya yang dekat dengan Stasiun Malang Kota Baru membuatnya mudah untuk dicari. Warung ini tepatnya berada di Jalan Embong Brantas yang sekarang menjadi Jalan Trunojoyo, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang. Dari Stasiun kalian bisa berjalan ke arah selatan yaitu arah menuju Kampung Warna-warni. Nanti kalian akan melewati toko-toko yang menjual helm, Rawon Tessy berada di ujung toko-toko helm tersebut. Mungkin hanya 4 menit perjalanan dari Stasiun. Warung ini buka dari pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB, namun bila sebelum pukul 22.00 WIB masakan sudah habis, maka warung akan tutup. Nah bila kalian akan ke Kampung Warna-warni kalian bisa mengisi amunisi di sini terlebih dulu sebelum mulai hunting foto karena kalian akan melewati warung ini sebelum sampai ke Kampung Warna-warni Jodipan.

Sudah beberapa kali saya sarapan pagi di sini dan rasa rawonnya masih tetap enak memanjakan lidah. Seperti kemarin, setelah memarkirkan motor, saya langsung menuju meja kasir dan memesan sepiring rawon dan mengambil sebotol teh kemasan di kulkas dekat kasir. Beruntungnya waktu itu warung tidak begitu ramai, jadi saya tak perlu berlama-lama mengantri. Setelah memesan saya langsung duduk di bangku yang masih kosong.

Sepiring rawon dengan kuah yang melimpah.

Tak lama setelahnya rawon pesanan saya  pun datang. Yang menjadi ciri khas rawon Tessy ini adalah kuahnya yang banyak dan bening membuat rawon menjadi terasa lebih segar. Hal tersebut menandakan masakan dimasak hari ini karena kuah belum mengental. Selain itu rawon disajikan dalam keadaan yang masih panas, membuatnya semakin nikmat. Di atas nasi sudah tersaji beberapa potongan daging sapi kotak-kotak tebal. Dagingnya juga sangat empuk. Dagingnya menjadi hitam karena telah terendam lama di kuah rawon yang berasal dari kluwek. Sesendok sambal merah membuatnya semakin menggoda. Biasanya juga disajikan dengan kecambah, namun karena saya tak suka kecambah jadi saya meminta untuk tidak diberi kecambah dalam rawon pesanan saya.

Lauk pauk yang melengkapi rawon.

Selain membawa rawon pesanan saya, pramusaji juga membawa sepiring lauk pauk yang menjadi pelengkap hidangan. Lauk pauk tersebut terdiri dari perkedel, sate usus yang digoreng, tempe goreng, mendol goreng dan empal goreng. Jika kalian belum tahu mendol goreng, mendol goreng adalah olahan tempe yang di bumbui dengan rempah-rempah dan daun jeruk. Merupakan makanan khas Malang sebagai rawon dan pecel. Kalau kata orang Malang, makan rawon kurang mantap rasanya bila tak disertai medol goreng.

Jika kalian tidak begitu suka dengan rawon, kalian bisa mencoba masakan lain. Selain rawon, di sini juga menyediakan nasi campur, sup, opor ayam, lodeh pecel, pecel, dan bali telur. Untuk minumannya sendiri, di sini menyediakan teh hangat, jeruk hangat, kopi, kopi susu, es teh, es jeruk, es soda gembira, es sirup dan soft drink.

Kuah bening rawonnya yang segar dan dagingnya yang empuk  membuat saya menjadi ketagihan. Rasa masakannya juga khas dan tak pernah berubah sejak pertama kali saya mencicipinya dulu. Jadi, bila kalian ke Malang, wajib banget buat mencicipi kuliner satu ini. Dan yang paling penting, nggak bakal menguras kantong kalian. Untuk sepiring rawon dan sebotol teh kemasan saja saya hanya membayar Rp23.000, murah bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.