Sanggar Seni Tari Sekar Pandan Cirebon

0
178
Kelas kecil hingga kelas kelana, berlatih tari bersama dengan diiringi alunan musik gamelan..

Di Indonesia ada banyak sekali macam-macam Tari Topeng, nah salah satunya adalah Tari Topeng dari Cirebon. Sanggar seni sekar pandan merupakan sanggar tari yang mengkhususkan diri mempelajari gerakan Tari Topeng khas Cirebon. Bagi yang ingin belajar Tari Topeng bisa mendaftar di sanggar ini.

Buat saya Cirebon merupakan kota yang paling oke dalam pelestarian budayanya. Dari festival, perayaan hari-hari besar, sampai dengan anak-anak yang diajak untuk mencintai budaya Indonesia salah satunya adalah tarian. Agar budaya tari itu tetap lestari dan tidak punah karena kemodernan anak milenial yang katanya lebih suka dancing ala-ala luar negeri. Ternyata ada banyak sekolah tari atau sanggar-sanggar tari di Kota Cirebon ini, sanggar-sanggar yang sudah berdiri sejak saya belum lahirpun masih eksis berdiri dan tetap ada peminatnya.

Yup! Sanggar Seni Sekar Pandan didirikan sejak 1992 oleh keluarga Keraton Kacirebonan yakni Elang Herry Komarahadi, dan Elang Tomi Uli Durhayanto. Berlokasi di Jalan Pasuketan pertigaan antara jalan Pertatean dan Lawang Gada Kota Cirebon. Sanggar ini eksis dari dulu hingga sekarang.

Gedung Utama Keraton Kecirebonan.

Letak tempat latihan peserta tari ada berada di belakang gedung utama Keraton Kacirebonan, sekitaran komplek Keraton Kacirebonan. Komplek ini dihuni oleh keluarga keraton. Jadi pelatih tarinya pun lebih banyak berasal dari keluarga keraton.

Para pengajar tari tentu saja dari para profesional di bidangnya, yang sudah mumpuni ilmu tarinya dan kerap tampil diberbagai event dan festival kebudayaan dalam kota maupun luar Kota Cirebon. Ibu Ratih sebagai pengajar tari topeng. Dan ada banyak lagi pengajar tari profesional lainnya beserta para pemain gamelan.

Untuk dapat bergabung di sanggar ini sangat mudah, hanya perlu mendaftar saja sebesar Rp 180.000, sudah dapat seragam latihan tari terdiri dari 1 stel pakaian (kaos hitam, celana hitam, selendang biru). Untuk biaya perbulannya tiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000.

Keraton Kecirebonan tampak depan yang berada di jalan Pulasaren..

Latihan seminggu dua kali. Untuk harinya tidak bisa pilih karena sudah diatur jadwalnya oleh pelatih tiap-tiap masing-masing kelas. Beda kelas beda hari latihannya.

  • Kelas Kecil setiap hari jumat jam 1 siang, kelas ini diperuntukan bagi peserta didik di bawah usia 8 tahun. Jadi bila ada yang mendaftar tapi usianya masih di bawah 8 tahun, akan dimasukan ke kelas kecil. Karena kelas kecil tidak ada kewajiban mengikuti ujian tari yang diadakan pertiap 6 bulan sekali.
  • Kelas Panji setiap hari senin jam 3 sore.
  • Kelas Samba setiap hari selasa jam 3 sore.
  • Kelas Rumyang setiap hari rabujam 3 sore.
  • Kelas Tumenggung setiap hari kamis jam 3 sore.
  • Kelas Kelana setiap hari jumat jam 3 sore.
  • Kelas gabungan dari semua kelas, dari kelas kecil sampai dengan kelas kelana di hari minggu. Hari ini termasuk istimewa karena pada saat latihan gerakan tari diiringi musik gamelan yang membuat latihan makin semarak dan seru karena terdengar jelas alunan musik gamelannya.

Nah itu dia sanggar seni sekar pandan, tempat belajar tari topeng khas Cirebon. Bagaimana? Mau ikutan belajar juga bersama dengan anak-anak Cirebon lainnya? Tinggal datang saja setiap hari pada saat jam latihan karena di situ sebelum mendaftar pengunjung yang datang bisa menyaksikan langsung semangat anak-anak yang sedang belajar tari, biar tertular semangatnya dan mau ikut serta menggerakkan badan mengikuti alunan musik yang merdu dan khas. Mencintai budaya itu tidak hanya menonton dan menyaksikan tetapi juga ikut serta kegiatan di dalamnya.

Mari lestarikan budaya Indonesia lewat tarian tradisonalnya. Karena kalau bukan yang muda, lalu siapa lagi? Menjadi anak milenial juga wajib tahu tentang budaya negerinya jangan hanya tahu budaya negeri orang. Itulah yang disebut Cinta Tanah Air.

Salam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.