Sajian Menu Komplit Khas Negeri Laskar Pelangi, Kedai Mak Jannah

0
545
Aneka menu khas Belitung.

Hi Travelovers! Mendengar Negeri Laskar Pelangi alias Belitung pastinya langsung terbayang akan bebatuan besar dan pantai yang biru cemerlang, kan? Saya pun begitu! Pemandangan seperti ini memang hanya bisa kita lihat di area Kepulauan Bangka Belitung saja.

Selain bisa memandang megahnya lanskap Negeri Laskar Pelangi ini, jangan pernah lewatkan kuliner khasnya. Meskipun Belitung merupakan pulau dengan tingkat imigran yang cukup tinggi, didominasi oleh Ras Melayu dan Cina, tapi dari sinilah tercipta akulturasi kebudayaan seperti halnya makanan itu sendiri.

Nah, kalo begitu langsung saja ke inti ya! Saya mau merekomendasikan pada Travelovers salah satu kedai legendaris sejak 1970 yaitu Kedai Mak Jannah Belitung.

Kedai Mak Jannah.

Dulunya Kedai Mak Jannah ini lokasinya ada di Pasar Tanjung Pandan dan tetap berjualan disitu sampai pelanggan terus berdatangan. Lalu, tiga tahun belakangan Kedai Mak Jannah yang melegenda ini sudah difasilitasi pemerintahan setempat untuk membuka warungnya di area pertokoan Parit Tanjung Pandan Belitung, tepat bersebelahan dengan Warung Kopi Ake yang tak kalah legendaris.

Kalau Travelovers sudah bertemu dengan kedai yang hanya buka pukul 07.00-14.00 ini, langsung saja pesan menu sajian khas Belitung nya! Berikut adalah rekomendasi menu khas Belitung yang wajib Travelovers coba di Kedai Mak Jannah ini:

Suto Belitung

Sepintas terlihat seperti lontong sayur pada umumnya, tapi suto Belitung ini beda. Suto atau soto ini berisikan potongan lontong atau ketupat, mie bihun, potongan daging sapi, dan potongan kentang lalu disiram kuah santan yang sarat akan kaldu udang. Yum! Apalagi sajian keripik emping diatasnya bikin saya lebih ngiler lagi! Menu ini cocok sekali untuk sarapan, apalagi kuah santannya cukup pedas membuat kita semakin semangat di pagi hari. Harga seporsi suto Belitung dibanderol Rp22.000.

Mie Belitung
Mie Belitung.

Salah satu menu andalan Belitung adalah mie nya. Mie Belitung sendiri isiannya tidak jauh beda sajian suto Belitung yaitu dengan  mie kuning, potongan kentang, potongan udang, irisan timun, dan tidak lupa taburan keripik emping di atasnya. Isian tersebut disiram kuah kental kaldu udang yang menjadi ciri khas Negeri Laskar Pelangi ini. Apalagi dilengkapi dengan perasan jeruk kunci yang segar, yum! Menu mie ini cocok untuk menu makan siang Travelovers yang sedang berkunjung ke Belitung.

Jeruk Kunci

Salah satu buah yang digadang-gadang menjadi ciri khas Pulau Belitung, yaitu jeruk kunci. Buah ini umunya menjadi penyedap makanan ataupun sebagai minuman. Es Jeruk kunci wajib banget Travelovers coba sebagai pendamping makan berat. Selain asam-nya khas, saya jamin Travelovers belum pernah coba jeruk yang seperti ini deh sebelumnya!

Kopi Belitung

Perlu kita ketahui bahwa budaya warga Bangka Belitung adalah mengopi. Maka dari itu lahirlah kopi khas Belitung yang sudah tersebar di mana-mana. Travelovers bisa pesan kopi Belitung juga di Kedai Mak Jannah ini. Cocok sekali untuk mengopi pagi sebelum berburu pantai-pantai eksotis!

Harga kedua minuman diatas dibanderol Rp10.000 per-gelasnya.

Saat ini Kedai Mak Jannah menjadi salah satu spot wisata kuliner yang cukup kondang dan melekat di hati wisatawan. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang berbondong-bondong untuk mencicipi sajian kuliner khas Belitung ini. Sehingga Travelovers akan mudah untuk menemui kedai legendaris ini. Kalau beruntung Travelovers akan bertemu langsung dengan pendirinya, yaitu Mak Jannah sendiri seperti saya saat berkunjung ke sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.