Rutinitas Perawatan Kulit Saat Berpuasa

0
748
(sumber: unsplash.com)

Saat berpuasa, bukan hanya kondisi tubuh yang menyesuaikan diri untuk menahan lapar dan haus, namun kulitmu ikut menyesuaikan diri pula dengan pola berpuasa. Salah satu kendala untuk kulit yang cukup signifikan ketika berpuasa adalah kulit menjadi kering. Jika dibiarkan, bukan hanya kulit menjadi kusam, namun bisa juga menjadi sensitif atau sangat berminyak.

Salah satu pemicu dari kulit kering saat berpuasa adalah kurangnya asupan tertentu seperti vitamin A, B, C, E, dan lainnya yang membuat kulit kusam dan pertumbuhan kuku, rambut, dan kulit itu sendiri terganggu.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya kamu pun bisa melakukan upaya lain untuk menjaga kesehatan kulitmu dengan meningkatkan rutinitas perawatan kulitmu baik pagi maupun malam.

Rutinitas Perawatan Kulit Pagi
Rutinitas perawatan kulit pagi sebenarnya mungkin akan nampak sama seperti pada umumnya, kamu bisa melakukan tahap cleansing seperti biasa dan kamu bisa menggunakan sabun yang sesuai dengan tipe kulit atau preferensi. Lalu, setelahnya kamu bisa melakukan hal berikut

Gunakan Hydrating Toner
Salah satu efek yang signifikan ketika menggunakan hydrating toner, kulitmu akan terasa segar dan toner akan mengoptimalkan kinerja pelembabmu yang diaplikasikan setelahnya. Terdapat dua cara pengaplikasian hydrating toner yang bisa kamu lakukan dan sesuaikan dengan preferensi yaitu dengan menggunakan kapas atau langsung aplikasikan ke kulit tanpa menggunakan kapas. Jika kamu menggunakan toner untuk memastikan bahwa tahap cleansing belum cukup membersihkan kulitmu, kamu bisa menggunakan hydrating toner dengan kapas.

Aplikasikan Pelembab Yang Sesuai Dengan Jenis Kulitmu
Ketika kulit sudah siap untuk mendapatkan treatment, kamu bisa mengaplikasikan pelembab sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk yang berjenis kulit kering, kamu bisa menggunakan pelembab cream base dan untuk jenis kulit berminyak dan tidak terbiasa menggunakan pelembab cream, kamu bisa menggunakan pelembab water base atau gel base. Pengaplikasian pelembab pun sangat diperlukan selain untuk menghidrasi kulit, pelembab pun dapat menutrisi kulitmu saat berpuasa.

Jangan Lewatkan sunscreen
Tidak akan pernah bosan untuk mengingatkan ‘jangan melewatkan sunscreen’ karena memang menggunakan sunscreen begitu pentingnya untuk menjaga kulitmu. Ketika kondisi kulit kering, kulitmu akan menjadi sensitif, termasuk sensitif terhadap paparan sinar matahari. Maka, perlu menjaga kondisi kulit dengan sunscreen.

Rutinitas Perawatan Kulit Malam
Jika pada siang hari kamu tidak perlu menggunakan produk banyak, maka lain halnya pada malam hari. Saat kamu beristirahat, kulitmu ikut juga beristirahat. Sebelum mengistirahatkan kulitmu, kamu perlu menutrisikannya terlebih dahulu.

Double Cleansing
Jika pada pagi hari kamu cukup mencuci muka dengan sabun, maka saat double cleansing kamu sebaiknya gunakan cleanser pertama terlebih dahulu seperti oil-based cleanser, milk cleanser, atau balm cleanser. Kemudian setelah membersihkan muka dengan first cleanser, kamu dapat melanjutkannya dengan second cleanser yaitu dengan sabun pembersih.

Exfoliating/Acid Toner Jika Diperlukan Kemudian Diikuti Dengan Hydrating Toner
Persiapkan kembali kulitmu dengan eksfoliasi. Kamu bisa menggunakan acid toner atau exfoliating toner sebagai exfoliator yang paling efektif untuk mengangkat kulit mati akibat kekeringan. Lalu, tenangkan kulitmu pasca eksfoliasi dengan menggunakan hydrating toner untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Gunakan Pelembab
Setelahnya, kamu bisa mengaplikasikan pelembab yang sama saat treatment pagi. Fungsinya pun masih sama yaitu untuk menutrisi kulit yang kering.

Gunakan Serum Yang Sesuai Dengan Kondisi Kulitmu
Jika dalam masa kering ini kulitmu punya masalah lain seperti jerawat, hyperpigmentation atau bekas jerawat, atau masalah lainnya. Kamu bisa mengaplikasikan serum wajah yang berfungsi selain dari menutrisi kulit kering. Karena dengan mengaplikasikan serum wajah, maka lebih optimal pula treatment yang kamu lakukan untuk mengembalikan kulit sehatmu.

Gunakan Sheet Mask
Masker memang barang krusial saat kondisi kulit sedang tidak mendukung, namun untuk masalah satu ini, sheet mask menjadi pemain utama dari perjalanan kulitmu saat puasa. Gunakan seminggu dua kali untuk menjaga kelembaban kulit saat berpuasa. Gunakan pula sheet mask sebagai tahap akhir dari treatment dalam perawatan wajahmu.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.