Rona Budaya Abui, Suku Tradisional di Nusa Tenggara Timur

0
817
Rumah adat Suku Abui.

Suku Abui merupakan satu dari sekian banyak suku tradisional yang bermukim di Alor. Suku ini bermukim di Kampung Tradisional Takpala yang berada di Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Barat Laut, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit atau sekitar 30 kilometer untuk mencapai Kampung Takpala apabila ditempuh dari Kalabahi, Ibu Kota Kabupaten Alor.

Suku Abui sangatlah ramah. Tua, muda, anak-anak, mereka terlihat sangat antusias menyambut para tamu yang berkunjung. Setiap tamu yang berkunjung ke Kampung Tradisional Takpala akan disambut dengan sebuah tarian perang yang tentu saja disertai pekikan-pekikan nyaring.

Setelah tarian penyambutan selesai, para pengunjung akan diajak menari Lego-Lego bersama. Lego-Lego merupakan sebuah tarian yang melambangkan kekuatan persatuan dan persaudaraan. Cara menarinya sangatlah mudah. Semua penari bergerak secara melingkar dan saling berangkulan, meletakkan tangan ke pinggang orang di sebelah kanan maupun kiri. Kemudian kaki bergerak mengikuti irama nyanyian yang dinyanyikan bersama.

Alat musik pengiring Tari Lego-Lego.

Nyanyian pengiring Tari Lego-Lego sangat saya sukai. Awalnya terdengar mendayu-dayu. Lama kelamaan semakin cepat membuat gerak kaki kami selaku pengunjung menjadi serampangan karena kewalahan mengikuti irama.

Para penari Suku Abui memakai pakaian adat lengkap dengan gelang berwarna kuning di kedua kakinya sehingga menimbulkan bunyi gemerincing saat bergerak. Alat musik yang digunakan untuk pengiring tarian adalah moko dan gong. Para lelaki Suku Abui melengkapi pakaian adatnya dengan anak panah dan busur.

Anak panah itu terdiri dari berbagai jenis tergantung kegunaannya. Jika untuk berburu burung, maka anak panah yang digunakan berujung besi lebih kecil dan lebih lancip dari anak panah yang lainnya. Selain itu mereka juga membawa sebuah tameng berbentuk persegi panjang yang terbuat dari kulit kerbau.

Menari Lego-Lego bersama pengunjung.

Selain berjuluk sebagai Bumi Nusa Kenari, Alor juga mempunyai julukan sebagai Pulau 1000 Moko. Ada banyak moko peninggalan leluhur yang ada di Alor. Termasuk ada beberapa yang dimiliki oleh Suku Abui. Moko merupakan alat musik tradisional Alor yang digunakan pada waktu upacara adat. Selain itu, moko juga digunakan sebagai mas kawin saat meminang calon mempelai perempuan.  Cara memainkan moko adalah dengan ditabuh mirip gendang. Moko sendiri dibuat dari bahan tembaga.

Di sekujur badan moko terdapat berbagai macam simbol yang berfungsi sebagai hiasan. Ada simbol-simbol khusus yang dibuat dan hanya terdapat pada beberapa moko saja. Misalnya simbol binatang hutan yang hanya terdapat pada satu moko di seluruh Alor.

Ada yang unik dengan rumah adat Suku Abui. Terdapat dua rumah adat khusus di Kampung Takpala ini. Rumah yang satu dikhususkan untuk muslim. Sedangkan rumah yang satunya lagi untuk umum. Bagian atas rumah-rumah tersebut berbentuk seperti manusia yang sedang menadahkan kedua tangannya ke atas. Bentuk bagian atas rumah tersebut menggambarkan manusia yang selalu berharap berkah dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Menyambut pengunjung yang baru tiba.

Setelah semua prosesi penyambutan tamu dan Tarian Lego-Lego selesai, pengunjung dipersilahkan untuk menikmati kopi khas Alor dan pisang goreng yang disuguhkan para Mama Suku Abui. Nikmat sekali ketika sore yang indah dengan sedikit gerimis ditemani kopi dan pisang goreng panas, berada dalam kehangatan warga Suku Abui yang ramah. Berada di Kampung Takpala terasa berada di tengah keluarga sendiri. Kami bertanya dan bercerita serta bercanda sampai lupa waktu.

Di Kampung Takpala dijual souvenir hasil kerajinan tangan Suku Abui. Bermacam-macam mulai dari tenun, gelang, dan kalung dari pohon serta buah kenari, tas dari kulit pohon, serta beberapa kerajinan tangan yang lain. Rasanya puas bila kita membeli souvenir langsung di tempat pembuatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.