Riang di Kebun Binatang Mangkang Semarang

0
2151
Landmark di dalam Bonbin Semarang atau Taman Satwa Semarang.

Hampir setiap ibu kota provinsi memiliki kebun binatang. Surabaya memiliki KBS atau Kebun Binatang Surabaya. Jakarta memiliki Ragunan dan Semarang juga punya, namanya Taman Margasatwa Mangkang atau lebih dikenal dengan Bonbin Semarang.

Lokasi Bonbin Semarang berada tepat di depan Terminal Mangkang, terminal padat di jalur Pantura atau sekitar 16 kilometer dari Stasiun Besar Semarang Poncol. Tentu saja, lebih mudah dijangkau dengan mobil atau bus karena setelah tiba di Terminal Mangkang maka tinggal menyeberang saja.

Begitu tiba di gerbang masuk maka siapkan uang sebesar 15 ribu rupiah. Kadang jika beruntung, ada diskon es krim dengan menukarkan kupon masuk di dalam Bonbin Semarang.

Tiba di dalam Bonbin, maka tentukan tujuanmu, apakah hendak mengunjungi seluruh wahana dan melihat seluruh hewan atau hanya sebagian saja karena luasnya mencapai 9 hektar. Jika tidak sanggup maka kalian bisa naik kereta wisata. Jika ingin memfoto semua jenis binatang maka disarankan untuk berjalan kaki saja. Jika kecapaian bisa duduk beristirahat sejenak di tempat duduk yang tersebar di seluruh area.

Gajah salah satu koleksi Bonbin Semarang.
Salah satu spot yang sedang direnovasi.

Ada banyak binatang di Bonbin yang sedang dalam tahap renovasi ini. Mulai dari ular, singa, harimau, kerbau, rusa, gajah, elang, merak, beruk, buaya muara, orang utan dan masih banyak lagi lainnya. Semua binatang berada di kandang yang pastinya aman untuk dikunjungi. Jumlah binatang memang tidak sebanyak di KBS Surabaya atau Ragunan namun tidak ada salahnya untuk dikunjungi bersama keluarga terutama yang berdomisili di Jawa Tengah karena lokasinya tidak begitu jauh.

Sampah di kandang buaya muara.

Sayangnya, beberapa kandang tercium bau kotoran menyengat yang seperti jarang dibersihkan. Pengunjung sembrono masih banyak ditemukan karena membuang sampah sembarangan di kandang. Saya sendiri melihat ada botol air minum dan plastik di kandang buaya muara. Bagaimana jika buaya itu memakan sampah? Tentu kita tidak mau bukan? Harusnya pengunjung sadar karena sudah ada peringatan untuk membuang sampah di tempat sampah bahkan sudah disindir dengan kata-kata seperti ini “Hanya orang utan yang buang sampah sembarangan, manusia tidak, kamu manusia bukan?”

Di Bonbin Semarang minim wahana yang gratis, spot foto memang banyak tetapi jumlah spot foto yang berbayar lebih banyak daripada yang gratis. Untuk naik bebek-bebekan, outbound juga bayar tapi tidak begitu mahal. Hanya saja antreannya sangat panjang jika berpapasan dengan akhir pekan, hari libur sekolah, dan hari libur tanggal merah.

Wahana bebek-bebekan di danau.

Berkunjung di saat tahap renovasi memang bukan pilihan yang tepat. Beberapa kandang dipenuhi pasir dan pekerja yang sedang menata ulang atau membangun bangunan baru. Perjalanan kalian pun akan sedikit terganggu. Namun renovasi merupakan sebuah cara untuk membuat Bonbin Semarang lebih bagus lagi sehingga banyak wisatawan akan terus berdatangan.

Jika kalian membawa anak kecil maka berkunjunglah ke kolam renangnya karena di sekitar Bonbin Semarang terdapat kolam renang khusus anak. Selain itu semua, ada pula koleksi binatang yang diawetkan. Hewan yang diawetkan itu mirip persis dengan hewan yang masih hidup.

Papan sindiran sekaligus peringatan agar buang sampah tidak sembarangan.

Berkelana ke Bonbin memang sebuah pilihan yang tepat. Kita bisa belajar banyak di kebun binatang, belajar tentang hewan, belajar menjaga lingkungan, dan belajar menjaga kedisiplinan.

Beberapa area dikelilingi pohon rindang dan danau kecil. Tempat yang asri dan sejuk itu menjadi sebuah alternatif wisata di tengah kota yang dipenuhi bangunan menjulang tinggi. Udara segar di dalamnya juga merupakan salah satu terapi di tengah padatnya polusi di daerah perkotaan. Jadi sudahkah bersiap berkalana di Kebun Binatang Mangkang Semarang? Jika sudah maka siapkan dana dan luangkan harimu!

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 17.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.