Rekreasi Seni di Semarang Contemporary Art Gallery

0
251
Lantai 1 dan 2 yang di penuhi lukisan.

Para traveler yang punya ketertarikan dalam bidang seni baik itu lukis, patung, maupun seni instalasi. Tahukah kamu? Ada satu tempat yang menambah kesan manis kunjunganmu ketika berjalan-jalan menikmati akhir pekan di Kota Semarang. Yaitu Semarang Contemporary Art Gallery.

Lantai 1 dan 2 yang di penuhi lukisan.

Chris Darmawan adalah seorang kolektor dan filantropi seni, yang mulai menggiatkan adanya galeri ini. Pada tahun 2007 beliau tertarik untuk merenovasi dan konservasi gedung yang terakhir kali perjalanannya pernah digunakan sebagai pabrik sirup pada tahun 1998. Tujuan galeri ini dibuat adalah untuk memperkenalkan hasil tangan para kontemporer Asia, terutama perupa seni dalam negeri. Setelah setahun renovasi, barulah Semarang Gallery dibuka untuk umum. Beliau memiliki filosofi “Pertemuan antara manusia, budaya dan seni dan idealisme dalam sebuah ruang akan selalu menghasilkan keindahan”. Sebelum masuk, saya berfikir… coretan tangan seseorang di kanvas apakah bisa menjadi sarana rekreasi?. Dan tak terasa, ternyata saya menghabiskan waktu 2 jam lebih di dalam menikmati tiap sudut karya yang saat itu didominasi oleh Goenawan Mohamad. Dengan melihat karya seni yang ada, jiwa jadi terasa utuh, penderitaan karena masih sendiri pun jadi tak terasa.

Pesan untuk kalian para pembaca setia Travelblog.id, saat sedang menikmati lukisan jangan disentuh yaa. Meskipun sangat kagum dengan perpaduan warnanya tapi jangan disentuh. Kalau patung boleh, yang penting tidak merusak karya.

Proses renovasi gedung galeri.

Bagi kalian yang tertarik rekreasi seni ke Semarang Gallery, lokasinya sangat mudah dijangkau dan strategis. Berada di kawasan Kota Lama, kalian bisa menggunakan mobil, bis trans Semarang maupun kendaraan roda dua untuk bisa tiba di Semarang Contemporary Art Gallery ini. Alamat lengkapnya berada di Jalan Taman Srigunting No. 5 – 6 Semarang, Jawa Tengah. Agar lebih mudah, dari Spiegel Bar and Bistro lurus sekitar 30 meter, akan ada jalan kecil di sebelah kanan, tepat sebelum tulisan taman Sri Gunting. Karena hanya boleh dilalui oleh pejalan kaki, sebaiknya parkirkan dulu kendaraan kalian. Kemudian susuri jalan tadi sampai menemukan marka bertuliskan Semarang Gallery. Ciri khas gedungnya dari luar mengambil gaya arsitektur Spanish Colonial. Dengan konsep minimalis berwarna putih, tanpa teras.

Tiketnya seperti ini, cukup dengan membayar 10.000 rupiah.

Galeri ini buka enam hari dalam seminggu. Tutup di hari Senin, selebihnya kalian bisa datang untuk menikmati karya para seniman negeri. Jam operasionalnya mulai dari pukul 10.00 sampai 16.30 WIB. Galeri ini terbuka untuk umum tanpa ada batasan usia, jadi bisa sekalian mengenalkan seni pada anak sedini mungkin. Mungkin banyak dari kalian mengira apakah karya yang di pamerkan hanya itu – itu saja? Tentunya tidak, ada begitu banyak pameran yang sudah dijadwalkan jam mainnya di Semarang Contemporary Art Gallery ini. Setiap 3 bulan sekali atau pada momentum tertentu akan ada pagelaran seni yang bakal menambah keseruan kalian. Untuk info pameran yang sedang dan akan berlangsung, bisa dilihat selengkapnya di website galerisemarang.com. Salam artsy!

Galeri industri kreatif yang menjual barang tempo dulu.

Setelah puas menikmati setiap lukisan, karya sastra maupun patung dengan berbagai keunikannya tentu Ingin membawa satu atau dua buah tangan berupa hasil karya seni bukan? Tentu saja bisa. Di sebelah kanan Semarang Contemporary Art Gallery, ada gedung yang khusus dibangun oleh pemerintah Kota Semarang sebagai wadah para pengrajin seni untuk menjajakan karyanya. Yaitu Galeri Industri Kreatif. Ada banyak produk usaha masyarakat kecil menengah (UMKM) bisa kita dapatkan di sini. Mulai dari furnitur, kain batik, fashion, handycraft, kuliner khas Jawa Tengah pun tersedia di kantin galeri. GIK ini adalah surga bagi kolektor barang antik “tempoe doeloe”. Dari koin pertama Indonesia, televisi tabung, radio, hingga sepeda kumbang, semua lengkap. Meskipun merupakan umkm, namun semua karya seni di Galeri Industri Kreatif ini sangat bagus dan berkualitas. Jadi, wajib masuk ke daftar kunjunganmu saat di Kota Lama Semarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.