Rekomendasi Tempat Staycation Murah dan Mewah di Kaki Gunung Merbabu Boyolali

1
224
sunrise di perkebunan warga.

Staycation merupakan gabungan dari dua kata stay yang artinya tinggal dan vacation yang artinya liburan. Jadi staycation merupakan kegiatan menikmati liburan dengan menghabiskan waktu untuk menginap di hotel atau penginapan. Biasanya staycation dilakukan untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Dimana Tempat Staycation yang Murah tapi Mewah?

Salah satu rekomendasi untuk staycation yang murah tapi mewah adalah homestay Pondok Merapi Selo. Lokasi dari homestay ini berada di area wisata alam Selo Boyolali. Wisata alam ini berada di kaki Gunung Merbabu. Jika menggunakan kendaraan pribadi dapat ditempuh sekitar 25-30 menit dari pusat kota Boyolali. Pondok Selo Merapi ini lokasinya berada di kawasan kampung homestay Selo. Jadi di Selo Boyolali terdapat desa yang setiap rumahnya dijadikan homestay sehingga dijuluki kampung homestay.

Selain dihuni oleh pemilik rumahnya sendiri mereka juga menawarkan penginapan dengan harga terjangkau yang biasanya digunakan tempat singgah untuk para pendaki gunung Merbabu. Untuk menemukan lokasi dari homestay Pondok Selo Merapi sangat mudah karena setiap rumah yang dijadikan homestay diberi penunjuk arah dan plang sesuai dengan nama homestay masing-masing. Lokasi homestay sangat strategis dengan tempat-tempat wisata di sekitar wisata alam Selo.

Menikmati udara segar di pagi hari.
Apa yang Bisa Dilakukan Selama Staycation?

Selama staycation Anda bisa menikmati suasana pagi yang segar dan suasana sore dengan sunset langsung dari kamar. Kamar dari homestay ini didesain dengan pintu kaca yang lebar sehingga kita bisa menikmati megahnya Gunung Merapi sambil rebahan di kasur. Megahnya Gunung Merapi bisa kita lihat dengan jelas jika cuaca dalam keadaan cerah.

Jika merasa bosan Anda juga bisa menikmati udara yang segar dan pemandangan Gunung Merapi di balkon depan kamar. Area homestay ini juga dilengkapi dengan meja dan kursi serta ayunan yang terletak di depan kamar pengunjung. Homestay ini menyediakan teh dan kopi yang dapat dibuat sendiri di dapur yang telah disediaakan. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang indah serta udara segar sambil ngopi di depan kamar.

Udara dan cuaca di wilayah ini sangat dingin sehingga sangat disarankan untuk memakai pakaian yang tebal tetapi tidak usah khawatir jika ingin mandi karena pihak homestay telah menyediakan fasilitas air panas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Jika Anda penikmat sunrise Anda bisa mengunjungi wisata alam Gancik Selo yang berada sekitar 15 menit dari homestay menggunakan kendaraan pribadi. Waktu yang tepat untuk menikmati sunrise di puncak Gancik Selo adalah sekitar pukul 5 pagi. Anda harus tetap berhati-hati karena jalanan menuju wisata ini sangat terjal. Namun jika tidak berani menggunakan motor sendiri, Anda bisa menggunakan jasa ojek warga setempat untuk menuju puncak Gancik.

Spot selfie jembatan gantung.

Di sore hari Anda bisa menikmati jajanan kuliner yang ditawarkan di alun-alun yang masih terbilang baru di Selo. Anda juga bisa nongkrong di salah satu kafe yang terkenal di Selo. Lokasinya berada pas di atas homestay Pondok Selo. Menu yang ditawarkan oleh kafe tersebut adalah minuman hangat, gorengan hangat maupun makan besar. Selain bisa mengisi perut agar tidak lapar Anda sekaligus juga dapat menikmati megahnya Gunung Merapi yang terlihat jelas dari kafe tersebut. Harga yang ditawarkan oleh kafe tersebut juga masih terjangkau.

Jika sudah berkunjung ke Selo, Anda bisa mampir untuk mengambil foto di jembatan gantung yang sangat terkenal sebagai spot foto. Jembatan gantung ini berada sekitar 15 menit menggunakan sepeda motor dari homestay. Latar pemandangan Gunung Merapi merupakan daya tarik yang ditawarkan dari spot foto di jembatan gantung ini. Berfoto di jembatan gantung harus tetap hati-hati karena jembatan ini masih digunakan oleh sebagian warga untuk menyebrang antar desa. Sehingga masih banyak kendaraan warga yang lalu-lalang di jembatan ini.

Nonkrong asik di kafe.
Berapa Harga yang Ditawarkan di Homestay Pondok Merapi Selo?

Untuk dapat menikmati staycation di Pondok Merapi Selo Anda tidak usah mengeluarkan uang terlalu banyak. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 100.000-Rp 150.000 per kamarnya. Satu kamar dapat diisi 2 atau bahkan 3 orang dengan ekstra bed seharga Rp 50.000. Pemesanannya pun cukup mudah, dapat langsung ke nomor teleponnya atau melalui aplikasi pemesanan hotel.

Tips jika Anda ingin staycation di Selo Boyolali, sebaiknya datang bersama dengan teman dan bawa pakaian yang hangat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.