Rasakan Pengalaman Unik, Menikmati Keindahan Danau Tektonik Poso

0
453
Pesisir Danau Poso ditumbuhi banyak pohon, menjadikannya asri dan teduh

Apakah anda sudah pernah pengunjungi Pulau Sulawesi? Di Sulawesi terdapat delapan danau besar yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Empat di antaranya ada di Sulawesi Tengah yaitu Danau Poso, Danau Lindu, Danau Tambing dan Danau Dampelas. Danau Poso (Poso Lake) merupakan danau yang terbesar nomor tiga di Indonesia dengan panjang 32 kilometer dan lebar 16 kilometer. Danau ini terletak di ketinggian 657 meter. Danau Poso terletak di Kecamatan Pamona, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.

Danau Ini Unik, Mengapa?

Berdasarkan sejarahnya, Danau Poso diyakini terbentuk karena gempa tektonik, itulah yang menyebabkan danau ini unik sehingga menjadikannya salah satu primadona termasuk para peneliti. Airnya berwarna hijau tosca mirip air laut, sehingga tidak jarang pengunjung yang baru pertama kali datang ‘terkecoh’ karena mengira Danau Poso adalah bagian dari Laut Poso.

Danau Poso memiliki pasir putih dan air yang jernih.

 

Danau tektonik ini merupakan habitat dari sejumlah ikan, termasuk belut Anguilla marmorata yang bermigrasi antara danau dan laut dan 11 spesies ikan endemik yang disebut-sebut hanya terdapat di danau ini dan beberapa spesies temuan terbaru oleh tim ekspedisi Danau Poso. Juga banyak terdapat siput air tawar juga beberapa udang dan jenis kepiting yang sudah langka keberadaanya. Bagi pencinta diving tentu bisa sekaligus menikmati pengalaman berharga, bertemu dengan beberapa spesies langka, bukan?

Selain ikan dan beberapa hewan endemik lain yang hidup di Danau Poso, pengunjung juga bisa menelusuri keragaman budaya yang masih dipraktekan masyarakat pesisir danau. Tradisi menangkap ikan di Danau Poso yang diberi nama Mosango, juga ada yang dilakukan malam hari, masyarakat Pamona menyebutnya Monyilo.

Pemandangan Danau Poso yang Indah

Ada sekitar 17 desa yang berada di sepanjang pesisir Danau Poso, sebagian besar pesisir dihuni penduduk Suku Pamona, suku yang mendominasi Kabupaten Poso. Sebagian pesisir Danau Poso dihiasi tebing-tebing batu yang kokoh, ada perkebunan warga, bukit-bukit dan juga sebagian pesisir yang dikelolah warga untuk tujuan wisata, dibangun cottage dan rumah makan.

Siuri Cottage di Desa Siuri Kecamatan Pamona Barat.

Pemandangan di Danau Poso begitu indah, air danau yang jernih dan di kedalaman tampak berwarna hijauh tosca berlatar bukit-bukit hijau di seberangnya. Ditambah lagi pasirnya yang putih bersih, selalu menggoda pengunjung untuk mandi menikmati hangatnya air Danau Poso. Apalagi sepanjang pesisirnya bebas dari sampah plastik, tetumbuhan rindang berjajar di tepi danau, menyejukan mata. Maka tidak heran Danau Poso menjadi tempat untuk menikmati akhir pekan paling menyenangkan. Hilir mudik perahu warga menangkap ikan danau, semua peralatan yang digunakan serba tradisional, menambah nilai pesona Danau Poso. Tampak nyata, masyarakat pesisir Danau Poso menjaga dan melestarikan ekosistem danau dengan kearifan lokal mereka.

Ada beberapa tempat yang bisa menjadi pilihan pengunjung jika ingin menikmati keunikan dan keindahan Danau Poso. Di antaranya Siuri Cottage di Desa Siuri Kecamatan Pamona Barat. Tempat ini sudah dijadikan tempat tujuan wisata sejak  tahun 2013 dan telah dilengkapi berbagai fasilitas yang harga terjangkau seperti restoran dan cottage. Bukan hanya itu, Siuri Cottage juga memiliki jet ski dan banana boat yang bisa membawa pengunjung menyusuri desa-desa sekitar Danau Poso untuk menikmati keindahan alamnya.

Pengunjung bisa menyewa jet ski dengan harga Rp 500.000 per jam dan bermain wahana banana boat  Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk sewa masuk Siuri Cottage, bagi mengendara motor cukup membayar Rp 20.000 saja sudah bisa menikmati keindahan Danau Poso dan fasilitas MCK seharian. Untuk pengunjung yang membawa mobil membayar Rp 100.000 juga bisa menggunakan fasilitas MCK untuk seharian.

Pesisir Danau Poso ditumbuhi banyak pohon, menjadikannya asri dan teduh

Cottage sebanyak 15 unit ini 80% terbuat dari bahan dasar kayu, sederhana namun nyaman. Harga sewa mulai dari Rp 300.000 – Rp 500.000 per malam, ada beberapa fasilitas penunjang seperti TV, kipas angin, AC, kamar mandi dan disediakan sarapan pagi. Jika menyewa cottage, pengunjung hanya boleh mengisi kamar maksimal dua orang saja dan jika ingin menambah satu orang lagi, dibolehkan menyewa ekstra bad seharga Rp 100.000 per orang per malam.

Soal makanan, tidak usah ragu restoran di tempat ini menyediakan makanan yang enak dengan harga terjangkau. Jika membawa makanan dari luar, pengunjung dihimbau bisa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah apapun di sembarang tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.