Ragusa Es Italia: Kedai Es Krim yang Berumur 87 Tahun

0
555
Ragusa Es Italia.

Jakarta Pusat merupakan sebuah kota administrasi yang dihiasi dengan gedung-gedung tinggi dan jalan-jalan besar nan sibuk. Banyak sekali kendaraan yang berlalu lalang dan kelap-kelip lampu di kota, menggambarkan bahwa kota ini selalu hidup dengan begitu banyak kegiatannya.

Tidak hanya kesibukan tentang pekerjaan, Monumen Nasional atau yang dikenal dengan Tugu Monas membuat kota ini semakin megah dan penuh dengan cerita. Pada sekitar Tugu Monas, kita akan menemukan berbagai macam jajanan, dari mulai yang dipikul, gerobak di pinggir jalan, hingga yang berbentuk toko, salah satunya adalah Ragusa Es Italia yang jaraknya hanya 1 km dari Tugu Monas.

Ragusa Es Italia merupakan kedai es krim yang berdiri sejak 1932. Nama kedai ini diambil dari nama pemiliknya. Ragusa menjual berbagai rasa es krim, seperti coklat, strawberry, vanila, durian, mocca, nougat, hingga mint raisin. Jika travelovers membeli satu es cup es krim tersebut, uang yang perlu dikeluarkan adalah Rp. 15.000, kecuali untuk rasa durian, nougat, dan mint raisin yang dibandrol dengan harga Rp. 20.000 per cup-nya.

Spaghetti Ice Cream.

Kedai es krim ini terkenal karena memang keberadaannya yang sudah sangat lama dan mempertahankan cita rasa dari es krim yang dijualnya. Es krim dibuat dari susu segar dan tanpa bahan pengawet. Bangunan kedainya pun terlihat masih sama seperti beberapa foto yang dipajang di dinding kedai tersebut, seperti potret sejak awal kedai itu berdiri.

Karena bahan pembuatannya yang segar tersebut, tekstur es krim ini berbeda seperti es krim biasanya. Terasa lebih lembut dan dipadukan dengan rasa yang tidak terlalu manis. Rasa susu segarnya sangat terasa ketika es krim masuk ke mulut.

Tidak hanya banyak pilihan rasa, Ragusa Es Italia juga menjual berbagai bentuk dan campuran es krim dengan beberapa topping yang membuat makin lezat. Seperti halnya yang saya beli adalah Spaghetti Ice Cream. Rasanya es krim ini adalah vania dengan tambahan topping coklat dan manisan lainnya, harganya hanya Rp. 35.000. Porsi es krim ini bisa untuk sendiri ataupun berdua. Selain spaghetti, varian lainnya yang saya coba adalah Banana Split dengan harga Rp. 35.000 dan es krim satu cup dengan rasa coklat.

Es Krim Coklat.

Selain menjual es krim, Ragusa Es Italia juga menjual beberapa minuman seperti lemon tea, orange juice, ice cream soda, cola float, dan orange float. Harga untuk minuman-minuman tersebut tidak mahal, berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 25.000.

Kedai yang tepatnya berada di Jalan Veteran I No. 10, Kecamatan Gambir ini buka pada pukul 10:00 – 22:00. Kedai ini mempertahankan suasananya yang jadul dan tradisional, tidak ada AC atau pun wi-fi sebagai fasilitas pelengkap. Namun, hal tersebut tidak dianggap sebagai masalah oleh pelanggannya. Pelanggan Ragusa Es Italia tetap datang silih berganti karena penasaran dengan cita rasa kedai es krim yang sudah berumur 87 tahun tersebut.

Pelayanan di kedai es krim ini cenderung cepat. Ketika datang, pelanggan dipersilakan untuk memesan langsung di meja kasir. Namun, jika kamu tidak datang sendirian, lebih baik berbagi tugas dengan temanmu untuk langsung memilih tempat duduk karena keadaan kedai yang cukup padat dengan orang-orang yang silih berganti berdatangan. Ketika sudah memesan, pelanggan akan diminta mengantri langsung untuk mengambil pesanan.

Ragusa Es Italia.

Kursi dan meja yang digunakan di kedai ini sangat sederhana, berwarna coklat dan cukup rendah. Foto-foto tua di dinding seakan menceritakan sejarah kedai es krim tua ini. Ada foto Ragusa bersaudara, foto kedai pada saat-saat baru dibangun, hingga foto-foto Jakarta tempo dulu.

Sederhana memang, namun hal itu yang dicari oleh pelanggan yang datang. Tidak hanya warga Jakarta, wisatawan seperti saya juga penasaran dengan kedai es krim ini. Cita rasa dan suasana kedai yang tetap dipertahankan di tengah berkembangnya bisnis kuliner dari segi rasa ataupun fasilitas, namun itulah yang menjadi daya tarik Ragusa Es Italia. Yuk, mampir ke kedai es krim legendaris di Jakarta Pusat ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.