Ragam Kuliner Palembang dan Wisata Kota Pagaralam

0
581
Pagaralam Indahnya
Pagaralam, Indahnya... Palembang, enaknya...

Halo sahabat Travel Blog, perkenalkan nama saya Himawan Sutanto. Saya berasal dari Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah mengetahui Kota Palembang. Kota yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu pempek, sudah menjadi hal yang wajib untuk mencicipi makanan ini ketika berwisata ke Palembang. Banyak sekali variasi pempek misalnya pempek kapal selam, pempek adaan, pempek lenjer, pempek isi telur, pempek keriting, pempek kulit dan berbagai macam lainnya. Tidak hanya pempek, beragam kuliner lainnya juga sangat menggugah selera seperti Burgo, Laksan, Celimpungan dan lain-lain. Untuk burgo ini sangat mudah ditemukan setiap harinya untuk sarapan, tetapi laksan dan celimpungan sangat sedikit sekali. Untuk laksan dan celimpungan ini, akan banyak dijumpai saat bulan Ramadhan.

Sebagai Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang tidak hanya menawarkan berbagai macam kuliner tetapi banyak juga tempat wisata seperti Museum Balaputera Dewa yang di dalamnya terdapat rumah limas (gambar uang 10.000 rupiah), Al- Qur’an Akbar dan yang pastinya Jembatan Ampera yang merupakan jembatan penghubung antara Hulu dan Ilir Kota Palembang.

Umumnya Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu tujuan wisata rekomendasi, karena banyak sekali tempat-tempat wisata yang menyejukkan tubuh dan menyegarkan mata. Lebih khususnya Kota Pagaralam, kota ini sangat terkenal dengan Gunung Dempo. Untuk ke Kota Pagaralam ini bisa melalui jalur darat dan udara. Untuk jalur darat sendiri sekitar 7-9 jam perjalanan dari Kota Palembang. Hamparan kebun teh dan cuaca yang sejuk menambah keindahan serta kenyamanan ketika berwisata ke Pagaralam.

Curup Maung

Curup Maung terletak di lahat
Curup Maung terletak di Lahat, sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan dari Pagaralam.

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat banyak air terjun (Curup) seperti Curup Embun, Curup Mangkok, Curup Tujuh Kenangan dan lain-lain. Untuk lokasi curup ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota dan jaraknya pun berdekatan. Dan yang paling penting dari tempat parkir menuju curup nya tidak terlalu jauh. Khususnya Curup Embun, disini wisatawan akan melewati beberapa anak tangga yang berjejer rapi. Suasana sejuk dan pemandangan yang indah membuat setiap wisatawan menikmati perjalanan menuju lokasi curup ini. Curup Embun memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan tiga aliran air yang mengalir dari atas tebing.

Lebih daripada itu, masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Pagaralam ini seperti Tugu Rimau bagi yang ingin melihat hamparan Kota dari ketinggian titik awal pendakian, Rimba Candi yang berada di Dusun Rimba Candi Kota Pagaralam dan lain-lain. Pengalaman saya setelah beberapa kali ke Pagaralam, ada hal yang paling tidak terlupakan yaitu ke kebun jeruk. Disini kita bisa menikmati pemandangan kebun jeruk dan boleh berfoto-foto.

Eiiitsss, ketika disini jangan lupa untuk membeli jeruknya, karena jeruknya sangat segar. Terakhir setelah menikmati keindahan Kota Pagaralam, tentunya oleh-oleh menjadi salah satu hal yang penting. Jadi? Sudah kepikiran mau ke Palembang dan Pagaralam untuk berwisata?

Terimakasih sahabat Travel Blog yang sudah membaca tulisan ini.

Semoga yang belum kesini dan berencana akan kesini, ditahun 2019 diberikan kesempatan untuk ke Pagaralam. Terkhusus yang sudah Ke Pagaralam, bagaimana perasaannya setelah berlibur disini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.