Pusat Informasi Situs Megalitikum Pekauman: Wahana Belajar Peradaban Pra-Sejarah

0
334
Pendopo Pusat Informasi Megalitikum Pekauman.

Indonesia merupakan negara yang memiliki peninggalan sejarah peradaban megalitikum. Tentu ini merupakan hal yang paling menarik di tengah gempuran teknologi zaman milenial. Salah satu daerah yang memiliki beragam situs arkeologi peninggalan peradaban megalitikum adalah Kabupaten Bondowoso. Daerah ini berada di ujung Jawa Timur, berbatasan dengan Jember di bagian selatan dan Situbondo di bagian utara. Bondowoso memiliki beberapa situs megalitikum pra-sejarah terkenal, salah satu yang sering dikunjungi adalah Pusat Informasi Situs Megalitikum Pekauman yang berlokasi di Kecamatan Grujugan. Nah kalian pasti penasaran apa saja yang ada di situs ini kan? Yuk simak!

Peninggalan pra-sejarah beragam bentuknya dan sangat terjaga keasliannya hingga saat ini. Hal ini dikarenakan pemerintah Indonesia sangat perhatian terkait situs pra-sejarah. Seperti yang bisa dilihati di Pusat Informasi Megalitikum Pekauman yang memiliki beberapa peninggalan pra-sejarah berupa sarkofagus, batu kenong, mehir, hingga kubur batu. Ada juga beberapa artefak, arca serta barang rumah tangga yang terbuat dari batu dan memiliki keunikan yang khas, dan masih banyak juga yang lainnya.

Pendopo Pusat Informasi Megalitikum Pekauman.

Akses menuju Pusat Informasi Situs Megalitikum ini sangat mudah dan terletak sekitar 1 km dari jalan raya lintas Jember dan Bondowoso. Papan petunjuk jalan-pun sangat jelas dan warga sekitar pun sangat ramah membantu para pengunjung. Situs Megalitikum ini tidak dipungut biaya untuk tiket masuk dan parkirnya. Jalan menuju tempat ini sudah bagus dan beraspal namun ada beberapa spot dimana saat ini masih belum diaspal dan masih berbatu. Saat memasuki tempat ini, kalian akan disambut oleh patung berbentuk “kera” yang merupakan ciri khas dari Pusat Informasi Situs Megalitikum Pekauman ini. Dibawah patung ini terdapat prasati peresmian yang ditanda tangani oleh Bupati Bondowoso yaitu Drs. H. Amin Said Husni pada tanggal 2 Mei 2018 sebagai Pusat Informasi Situs Megalitikum sebagai tempat untuk terus melestarikan situs pra-sejarah yang berusia ribuan tahun agar terus terjaga keberadaanya.

Situs Megalitikum Pekauman dahulunya merupakan daerah persawahan yang memiliki beberapa peninggalan sejarah yang tersebar dan mulai rusak akibat faktor alam sehingga untuk meminimalisir kerusakan maka Pemerintah Kabupaten Bondowoso pun membangun Situs Megalitikum Pekauman. peninggalan zaman Megalitikum dikumpulkan dan dirawat dalam Situs Megalitikum Pekauman sehingga bisa menjadi salah satu wahana edukasi bagi masyarakat yang berkunjung. Pusat Informasi Situs Megalitikum ini memeiliki beragam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu pendopo sebagai tempat berkumpul atau untuk sekedar berisitirahat serta bangunan berbentuk rumah yang memiliki fungsi untuk menyimpan koleksi berbagai artefak berukuran kecil hingga sedang yang digunakan manusia pra-sejarah, sedangkan artefak berukuran besar seperti kubur batu, batu kenong diletakkan diluar.

Berbagai peninggalan peradaban Megalitikum.

Sebagai pengunjung yang tidak terlalu memahami terkait situs peninggalan pra-sejarah pada zaman megalitikum, kita akan sangat terbantu dengan adanya tabel informasi yang terdapat pada setiap artefak. Jadi nggak perlu khawatir kita akan ketinggalan informasi nih. Jadi pasti seru banget berkunjung di Pusat Informasi Situs Megalitikum Pekauman ini, nggak hanya melihat keunikan peninggalan dari peradaban megalitikum di Bondowoso tapi kita juga akan menambah pengetahuan tentang bentuk dan fungsi artefak yang ada disini.

Kunjungan ke Pusat Informasi Megalitikum Pekauman banyak dilakukan oleh rombongan sehingga akan ada guide yang akan menemani serta menjelaskan informasi terkait peninggalan pra-sejarah megalitikum ini, menurut pegawai biasanya banyak kunjungan yang dilakukan oleh sekolah dari TK hingga perguruan tinggi untuk memperkenalkan sejarah megalitikum dan peninggalannya. Banyak pula penelitian dari badan riset yang sengaja meneliti situs peninggalan sejarah yang ada di Pusat Informasi Situs Megalitikum Pekauman.  Jadi jangan sampai ketinggalan, yuk ke Pusat Informasi Situs Megalitikum Pekauman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.