Puncak Sewunut, Spot Foto di Atas Waduk Sermo Kulon Progo

0
149
Spot selfie Puncak Sewunut.
Spot selfie Puncak Sewunut.

Kulon progo merupakan salah satu kota yang dapat Anda kunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta biasanya akan menyempatkan untuk mengunjungi Kulon Progo. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta serta wisata alam yang menawan menjadi alasan para wisatawan untuk berkunjung ke Kulon Progo. Lokasi dari Kota Kulon Progo dikelilingi perbukitan Menoreh sehingga tidak heran jika banyak wisata alam yang ditawarkan dari kota ini.

Wisata alam yang paling terkenal dan sempat dijadikan lokasi syuting untuk beberapa film di Indonesia adalah Waduk Sermo. Untuk dapat mencapai waduk Sermo Anda membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit dari pusat Kota Kulon Progo dan sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Waduk Sermo biasa digunakan untuk kegiatan camping dan biasanya rame di akhir pekan atau hari libur. Ketika Anda berkunjung ke Waduk Sermo Anda akan dihadapkan dengan luasnya waduk ini. Di sekeliling Waduk Sermo terdapat perbukitan yang juga digunakan sebagai perkampungan warga. Nah perbukitan di sekeliling Waduk Sermo inilah lokasi Puncak Sewunut berada.

Lokasi parkir dari atas Puncak Sewunut.

Lokasi dan Cara Menuju Puncak Sewunut

Puncak Sewunut berada di sekeliling perbukitan Waduk Sermo tepatnya di Tegal Rejo, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Untuk dapat menemukan lokasi ini Anda terlebih dahulu harus menemukan Waduk Sermo sehingga akan mempermudah menemukan wisata ini. Dibutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari pintu masuk Waduk Sermo menuju Puncak Sewunut. Lokasi wisata ini berada di sekitar perkampungan warga Tegal Rejo sehingga Anda akan melewati perkampungan warga terlebih dahulu untuk dapat menemukan wisata ini. Jangan khawatir dengan medan jalan yang akan Anda lalui karena akses jalan menuju Puncak Sewunut sudah beraspal dan tergolong bagus. Kendaraan yang bisa digunakan untuk menuju Puncak Sewunut tidak hanya motor saja tetapi bisa juga menggunakan mobil karena akses jalan yang sudah memadai.

Menikmati Waduk Sermo dan Mengambil Foto

Lokasi Puncak Sewunut yang berada di atas perbukitan membuat Anda dapat memandang perbukitan Menoreh yang luas dari ketinggian. Pemandangan yang terlihat jelas dari puncak ini adalah Waduk Sermo tentunya. Untuk dapat menikmati Waduk Sermo dari ketinggian Anda harus trekking ringan terlebih dahulu untuk mencapai Puncak Sewunut. Sesampainya di lokasi wisata ini Anda terlebih dahulu dapat memarkirkan kendaraan di halaman rumah warga setelah itu barulah trekking ringan. Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk trekking menuju Puncak Sewunut. Sesampainya di puncak Anda dapat menikmati pemandangan ketinggian dari spot foto yang sudah disediakan oleh pengelola.

Perbukitan Menoreh dari Puncak Sewunut.

Ada beberapa spot foto yang bisa Anda gunakan untuk mengabadikan foto dari puncak ini. Untuk menuju spot foto pihak pengelola telah menyediakan tangga khusus sehingga akan mempermudah menuju spot tersebut. Dari atas spot foto dapat terlihat jelas pemandangan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo. Namun Anda harus hati-hati ketika berfoto di spot foto ini karena wisata ini masih tergolong baru sehingga pengamanan masih kurang. Pengelola wisata ini juga menyediakan camping ground yang dapat digunakan untuk kegiatan camping. Jadi jika Anda ingin camping selain di Waduk Sermo wisata ini bisa menjadi alternatif.

Puncak Sewunut mungkin tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo tetapi wisata ini dapat menjadi alternatif spot foto yang menarik dengan pemandangan Waduk Sermo dan perbukitan Menoreh. Wisata ini dikelola langsung oleh warga sekitar sehingga dengan mengunjungi wisata ini akan membantu perekonomian warga sekitar. Biaya yang Anda keluarkan untuk mengunjungi wisata ini cukup murah sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 saja. Jika Anda berkunjung ke Puncak Sewunut di hari biasa Anda akan bebas berfoto dan menikmati Puncak Sewunut karena tidak terlalu ramai atau bahkan Anda pengunjung satu-satunya yang datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.