Puncak Puthuk Siwur, Destinasi Hiking Untuk Pemula di Jawa Timur

Pemandangan di puncak puthuk siwur pada malam hari.

Mendaki bagi beberapa orang yang belum pernah melakukannya mungkin terdengar sedikit menakutkan. Pasalnya banyak cerita-cerita di luar sana yang tak jarang membuat orang ogah untuk melakukan kegiatan mendaki. Padahal mendaki adalah suatu aktivitas yang menyehatkan dan dapat menyegarkan pikiran dari penatnya pekerjaan, skripsi, ataupun tugas sekolah. Untuk anda yang baru pertama kali mendaki alangkah baiknya agar memilih destinasi mendaki yang tidak terlalu tinggi dan mudah dijangkau.

Suasana di area camping puncak puthuk siwur.

Jawa Timur memang tak pernah kehilangan pesonanya. Bagi anda yang berdomisili di Jawa Timur, Puncak Puthuk Siwur bisa menjadi destinasi yang sangat cocok bagi anda pendaki pemula yang baru pertama kali mencoba kegiatan pendakian. Mungkin namanya tak setenar Puncak Semeru atau puncak-puncak lainnya. Lokasinya cukup mudah dijangkau dari pusat ibukota Jawa Timur yaitu Surabaya. Puncak Puthuk Siwur berlokasi di Dusun Mligi, Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 1.429 mdpl. Karena memiliki ketinggian yang relatif rendah dibanding gunung lainnya, tempat ini sangat cocok bagi para pendaki pemula yang sedang belajar atau baru pertama kali melakukan kegiatan hiking. Puncak ini memiliki medan yang relatif mudah. Track yang tidak begitu banyak memiliki tanjakan sangat cocok bagi anda yang ingin belajar mendaki gunung. Jalur menuju ke pos pendakian ini cukup mudah diakses karena akses jalan yang sudah sangat bagus. Untuk menuju ke lokasi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Agar tidak tersesat jangan lupa perhatikan rambu-rambu atau gunakan aplikasi Google Maps di handphone anda.

Di gapura kedatangan anda akan dikenai biaya masuk sekitar Rp. 10.000. Lalu setelah kendaraan anda melaju beberapa ratus meter anda akan tiba di Pos Pendakian Puthuk Siwur. Anda tinggal memarkir kendaraan anda di tempat parkir yang telah disediakan. Di sana juga terdapat warung makan bagi anda yang ingin memesan makanan berat, cemilan, gorengan, ataupun minuman hangat.

Pemandangan sunrise di puncak puthuk siwur.

Jika anda ingin segera mendaki anda tinggal melakukan registrasi di pos pendakian dengan biaya retribusi sekitar Rp. 10.000. Anda dan rombongan akan didata di pos pendakian tersebut. Selanjutnya anda bisa segera melanjutkan perjalanan anda. Pada saat penulis dan tim mendaki ke Puncak Puthuk Siwur, kami berangkat dari pos pendakian hari Sabtu sekitar jam 9 malam. Pekerjaan yg cukup menyibukkan memaksa kami harus melakukan pendakian malam hari. Namun bagi anda yang mungkin bertanya-tanya apakah aman mendaki di sini pada malam hari? Jawabannya aman! Banyak pendaki yang mendaki pada sore sampai malam hari di lokasi ini. Tentunya penulis lebih merekomendasikan anda untuk mendaki ketika pagi sampai sore hari, apalagi jika cuaca telah memasuki musim penghujan. Jika terpaksa mendaki pada malam hari, usahakan ada anggota rombongan anda yang sudah cukup expert dalam kegiatan mendaki untuk mengawal perjalanan anda.

Di perjalanan kami melalui hutan dengan pohon-pohon pinus yang sangat rindang. Medan yang kami lalui cukup ringan. Pada beberapa bagian terdapat jalanan menanjak yang cukup merepotkan dan menguras dahaga bagi pendaki pemula. Jika lelah anda tinggal istirahat sebentar untuk duduk dan minum sambil memandangi langit di sekitar pegunungan yang sangat cerah bertaburan bintang jika anda beruntung.

Buah pinus di hutan pinus sepanjang jalur pendakian.

Perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2,5 jam. Kami akhirnya tiba di Puncak Puthuk Siwur. Jam sudah menunjukkan pukul 23.30 malam dan kami segera bergegas mendirikan tenda. Jangan heran jika anda mendaki disini pada weekend, tenda akan berjajar penuh sesak memenuhi area camping Puthuk Siwur. Karena itu penulis menyarankan agar anda melakukan pendakian tidak terlalu malam, karena semakin malam lokasi ini akan semakin penuh dengan tenda-tenda pendaki lain. Setelah tenda berdiri, kami menghangatkan diri dengan membuat beberapa cangkir kopi. Jika cuaca sedang cerah jangan lewatkan untuk memotret pemandangan dari Puncak Puthuk Siwur yang sangat indah. Deretan lampu di sekitar Mojokerto dengan view Gunung Penanggungan yang sangat gagah ditaburi bintang yang gemerlap siap memanjakan mata anda. Tidak lupa kami mengabadikan sebagian foto di kala dini hari ini.

Jam sudah menunjukkan pukul 3 pagi, kami pun kembali ke tenda dan tertidur sesaat. Kami bangun pukul 5 pagi untuk menikmati sunrise. Sayangnya cuaca agak sedikit berkabut. Gunung Penanggungan yang kami lihat semalam begitu gagah jadi tidak begitu terlihat jelas karena tertutup oleh kabut. Tak lupa kami mengabadikan pemandangan sunrise di Puncak Puthuk Siwur.

Pemandangan di puncak puthuk siwur pada malam hari.

Puas berfoto, kami pun kembali ke tenda untuk sarapan dan bergegas untuk turun gunung. Setelah tenda dan barang-barang kami bereskan, kami pun mulai berjalan menuruni Puncak Puthuk Siwur untuk kembali ke Pos Pendakian. Di tengah jalan yang kami lewati semalam, kami melewati hutan pinus yang sangat asri. Pemandangan sangat indah di bawah pohon-pohon pinus yang rimbun. Banyak pendaki yang berhenti di sini untuk sekedar berfoto bersama teman-temannya. Kami pun tiba di Pos Pendakian pukul 11 siang setelah memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Nah begitulah cerita singkat perjalanan penulis dan tim ketika mendaki Puncak Puthuk Siwur. Apakah anda ingin mencoba belajar mendaki bersama teman-teman anda disini?