Puncak Bukit Kaba Bengkulu yang Damaikan Jiwa

0
261
Puncak Bukit Kaba, Bengkulu
Puncak Bukit Kaba, Bengkulu.

Hello sahabat Travelblog.id perkenalkan nama saya Dian Fitri Yani. Actually this is my first article, so here I would like to tell you about “Bukit Kaba”. Just enjoy it guys!

Gunung Kaba atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Bukit Kaba merupakan salah satu dari dua bukit yang ada di provinsi Bengkulu, tepatnya bukit ini berlokasi di Desa Sumber Urip, Kecamatan Sepuluh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Saat ini Bukit Kaba menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di provinsi ini, khususnya bagi para pecinta alam bebas dan petualangan.

Meski ketinggian Bukit Kaba ini hanya mencapai 1937 mdpl, namun ia mampu memberikan pesonanya yang indah dari puncaknya yang dapat memberikan kedamaian jiwa tersendiri bagi penikmatnya. Waktu normal yang biasa di habiskan oleh para pendaki dari kaki bukit hingga puncaknya hanya mencapai 2-3 jam, tentu disertai dengan waktu istirahat sejenak untuk menghilangkan sedikit lelah agar dapat melanjutkan perjalanan hingga ke puncak.

Bukit Kaba yang ketinggiannya tidak mencapai 2000 mdpl ini biasanya dijadikan oleh para pendaki pemula sebagai tempat latihan untuk mendaki puncak gunung yang lebih tinggi seperti Gunung Dempo yang terletak di Pagaralam, Sumatera Selatan, Gunung Kerinci yang berlokasi di Provinsi Jambi (Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera) dan gunung-gunung lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, bagi kamu para pendaki pemula jangan takut dan jangan ragu untuk melakukan pendakian ke Bukit Kaba ini, karena selain track yang aman dan bersahabat, energi tidak akan terkuras habis-habisan.

Bukit Kaba Bengkulu
Bersama teman sependakian di Puncak Bukit Kaba, Bengkulu.

Selain itu, sebelum melihat pemandangan yang menakjubkan dari puncaknya, di seperempat perjalanan para pendaki akan menemukan derasnya aliran air segar disertai bebatuan yang mirip dengan telaga, posisinya tidak terlalu jauh dari kaki bukit. Setelah melewati aliran air tersebut mata kita akan dimanjakan dengan rimbunnya dahan pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang yang akan kita saksikan disepanjang perjalan. Disarankan bagi kamu yang belum pernah muncak ke manapun agar mengajak teman yang sudah berpengalaman ke tempat ini sebagai tour guide agar tidak tersesat meskipun hampir di sepanjang perjalan terdapat anak panah yang akan mengarahkan kita hingga sampai di puncaknya.

Kepopuleran dan keindahan pemandangan Bukit Kaba mampu menghipnotis para pendaki dan pecinta alam seolah ia menjadi magnet tersendiri bagi provinsi ini sehingga biasanya pada hari libur banyak sekali pengunjung yang akan melakukan pendakian kesini baik dari dalam maupun dari luar Provinsi yang memiliki Bunga Rafflesia ini. Bahkan tak tanggung-tanggung para pendaki yang sudah berkeluarga pun akan mengajak buah hati mereka untuk berlibur ke puncak Bukit Kaba yang mempesona ini.

Bukit Kaba Bengkulu
Kawah hijau toska yang terdapat di Puncak Bukit Kaba.

Nah, yang paling di tunggu-tunggu oleh para pendaki biasanya adalah kawah hijau toska yang terdapat di bagian puncaknya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap-tiap pengunjung. Selain itu, hamparan pepohonan hijau dan bukit barisan yang terlihat sangat harmonis dari atas puncak ini benar-benar akan memberikan rasa nyaman dan damai di hati para penikmatnya, nggak percaya? Coba dan buktikan sendiri.

Well guys, cukup di sampai di sini dulu ya cerita tentang Bukit Kaba yang merupakan puncak pertama yang pernah saya kunjungi, semoga sahabat semua juga bisa berkunjung ke tempat ini, see you in the next story.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.