Pulau-Pulau Eksotis di Indonesia Timur yang Wajib Masuk dalam Itinerary

0
756

Berbicara tentang kekayaan alam Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Negara ini diberkahi dengan keindahan pegunungannya, lautnya, flora juga faunanya dan tentu saja keragaman adat budayanya.

Indonesia terbentang dari Barat hingga ke Timur dan semuanya memiliki keunikan tersendiri. Kawasan yang kini sedang digarap oleh pemerintah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia adalah Indonesia bagian Timur. Jika kamu berencana pergi liburan, kawasan yang wajib masuk dalam itinerary adalah daerah Indonesia Timur. Traveling ke bagian Timur kamu akan mendapati surga dunia yang baru.

Berikut ini adalah destinasi wisata di Indonesia Timur yang kini sudah mulai hit dan menjadi bahan tulisan para penulis travel blog Indonesia. Jika kamu tak mau pusing dengan urusan booking tiket pesawat ataupun hotel kamu bisa ikut paket travel. Traveling di Indonesia Timur akan memberikan kenangan yang tak terlupakan.

Pulau Alor
Pulau Alor (Flickr.com/aq-photography.com)

Lokasi Pulau Alor berada di ujung timur dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Butuh waktu sekitar 4 jam jika terbang dari Jakarta ke kota Kupang. Penerbangan dilanjutkan dari Kupang menuju Pulau Alor dengan menaiki pesawat kecil sekitar 1 jam perjalanan.

Apa yang ditawarkan oleh Pulau Alor?

Tentunya keindahan alam merupakan suguhan utama pulau ini. Kamu bisa menikmati air laut yang jernih yang berpadu dengan langit berwarna biru cerah. Penyuka snorkeling, jangan lewatkan untuk menyaksikan keindahan terumbu karang di Pulau Alor.

Pulau Kei
Pulau Kei Kecil (Flickr.com/Herry Wijayanto)

Pulau Kei yang merupakan kepulauan ini adalah salah satu pulau di Kepulauan Maluku di bagian tenggara. Kepulauan Kei memiliki dua pulau utama, yaitu Kei Besar dan Kei Kecil. Kedua pulau itu termasuk ke dalam Kabupaten Maluku Tenggara.

Salah satu pantai yang berada di Pulau Kei bernama Pantai Ngurtafur. Panjang pantai ini sekitar dua kilometer dan yang unik adalah bentuknya yang berlekuk.  Pantai lainnya yang tak kalah indahnya adalah Pantai Ohoidertawun. Pantai ini dihiasi pasir putir yang membentang luas. Jika kamu pergi dari Ambon menuju Pulau Kei akan memakan waktu sekitar satu jam.

Pulau Komodo
Pulau Komodo (Flickr.com/Dino Bramanto)

Siapa yang tak kenal pulau yang dihuni hewan berdarah dingin yang termasuk dalam jajaran hewan purba yang masih ada hingga sekarang? Tapi bukan komodo saja yang menjadi daya tarik pulau ini. Pulau Komodo, tak kalah dari Raja Ampat atau Bali, merupakan spot terbaik untuk diving. Spot diving di pulau ini sering dilalui oleh ikan-ikan berukuran besar. Ada beberapa spot diving yang menjadi pilihan para divers, seperti spot yang berarus, spot dengan coral yang indah dan spot dengan arus tenang.

Pulau Waigeo
Pulau Waigeo (Flickr.com/west_papua)

Mereka yang telah mengunjungi Pulau Waigeo mengatakan bahwa pulau ini adalah perwujudan surga di bumi. Kekayaan alamnya beragam dari hutan dengan keragaman pengisinya dan serta keindahan bawah lautnya. Mahluk yang menjadi penghuni pulau ini adalah pari manta.

Selain alam, Pulau Waigeo yang terletak di Papua Barat ini memiliki budaya yang eksotis. Jika kamu datang di akhir tahun, kamu akan menikmati fenomena khas pulau ini yang disebut Hantu Laut oleh penduduk lokal. Hantu laut adalah fenomena munculnya cahaya dari laut.

Pulau Misool
Pulau Misool (Flickr.com/Raja Ampat Explorer)

Berada di dalam kawasan Raja Ampat, Pulau Misool dikelilingi oleh pasir putih yang menghampar juga perbukitan. Di sini terdapat gua-gua yang masih perawan. Karena terhalang oleh pulau-pulau lain, ombak di Pulau Misool cukup tenang dan aman bagi kamu yang ingin berwisata air.

Kalau sudah di Papua, jangan lupa untuk icip-icip kuliner khas pulau ini. Kamu bisa menikmati sagu yang merupakan makanan pokok masyarakat di sini.

Jalan-jalan di Indonesia Timur akan membuatmu  jatuh hati dengan keindahan alam Indonesia dan pasti membuatmu ketagihan. Kamu, para backpacker, kawasan Indonesia Timur adalah tempat wajib yang harus ada dalam bucket list-mu.

 

Penulis: Siti Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.