Pulau Pahawang: Indah, Ikonik dan Berpotensi

0
2116
Perahu Wisata Berlabuh di Pulau Pahawang.

Lampung bukan hanya memiliki Way Kambas saja, Lampung juga memiliki puluhan pulau di sekitarnya. Pulau-pulau ini sangat menarik untuk dijelajahi dan dieksplorasi. Nah, walaupun pulau-pulau kecil di sekitar Lampung tidak seterkenal Way Kambas, tapi keindahannya benar-benar luar biasa! Menurut saya, wisata pulau adalah salah satu potensi paling besar dalam pariwisata Lampung. Jika dimanfaatkan dengan baik, maka Lampung akan semakin dikenal sebagai provinsi pariwisata di Sumatera.

Ada satu pulau yang sedang naik daun sebagai wisata laut di Lampung, pulau ini bernama Pahawang. Pahawang memang belum terlalu familiar, tapi saat ini sedang banyak diperbincangkan. Pulau Pahawang terletak di daerah Pesawaran, Lampung Selatan. Kira-kira, 2 jam perjalanan darat dan 1 jam perjalanan dengan kapal, kita akan sampai di Pahawang. Nah, disekitar Lampung Selatan memang banyak sekali pulau yang bisa kita jelajahi, pulau-pulau ini benar-benar banyak. Pada tulisan ini saya akan menjelaskan ulasan dan wisata-wisata di area Pahawang.

Kesan Pertama
Perahu Wisata dalam Perjalanan Menuju Pantai Pahawang.

Hari Rabu, 12 Juni 2019, saya memulai dari Bandar Lampung dengan sepeda motor, lalu setelah berkendara sekitar 2 jam, saya akhirnya sampai di Dermaga 4 Ketapang. Perjalanan ke Pulau Pahawang bisa kita muali dari Dermaga 4, menggunakan perahu sewaan atau mengikuti paket wisata. Saya memilih menggunakan peket wisata, ulasannya akan saya bahas dalam tulisan lain.

Berangkat dari Dermaga 4 Ketapang pukul 09:00, saya disambut udara cerah dan air laut yang biru jernih. Setelah 1 jam menaiki perahu, akhirnya saya sampai di Pulau Pahawang! Dari jauh, terlihat hamparan pasir putih dan jajaran pohon kelapa yang indah. Setelah saya turun dari perahu, saya pun terpesona dengan keindahan Pahawang!

Pahawang memang benar-benar indah, semua tepian pantainya berpasir putih. Lalu, warna air laut yang jernih pun memanjakan mata. Saya langsung duduk dan menikmati pantai indah di pulau ini, duduk pada sebatang pohon, memandangi laut teduh, dan pantai pasir putih. Nikmat sekali! Saya memang senang dengan tipikal wisata santai, menikmati alam dengan ketenangan. Beberapa kali, saya melihat perahu wisata datang dan pergi, menjemput dan mengantar wisatawan. Suara ombak tetap mengalahkan kebisingan perahu motor itu, mesinnya akan kalah dengan suara deru ombak.

Ulasan dan Fasilitas
Menikmati Keindahan Pantai di Pulau Pahawang.

Menikmati Pahawang memang sangat mengasyikan. Pulau ini sudah dibangun sebagai tempat wisata, sehingga kita bisa menemukan villa, warung, dan rumah rumah warga lokal. Untuk fasilitasnya memang masih ala kadarnya, tapi listrik dan beberapa penginapan sudah tersedia bagi wisatawan. Warung dan beberapa kedai makanan juga selalu sedia untuk wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Bagian Pahawang yang saya kunjungi adalah tampak depan saja, samping barat dan timur belum saya eksplorasi. Apalagi bagian belakang, yang katanya sangat unik. Menurut Mas Heru, tour guide saya, di belakang Pahawang terdapat villa-villa unik yang dibangun terapung tengah laut. Wah! Menarik, mungkin rasanya seperti di Maldives ya. Bagian depan Pahawang saja sudah indah, apalagi bagian belakangnya. Kalau saya, cukup mengamati pantai dan bermain di pantai saja sudah bahagia. Apalagi jika menginap dan mengeksplor satu pulau selama beberapa hari ya. Pasti akan sangat mengasyikan.

Pahawang adalah objek wisata yang indah, apalagi jika dijelajahi keseluruhan pulaunya. Jadi, tidak perlu ke luar negeri untuk berwisata asik! Bagaimana? Tertarik menjelajahi Pahawang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.