Puja Mandala: Hangatnya Toleransi Masyarakat Bali

0
208
Vihara Buddha Guna yang megah.

Puja Mandala adalah kompleks peribadatan yang didalamnya tidak hanya dibangun pura, melainkan ada lima macam rumah Ibadah. Ini merupakan salah satu bukti kuatnya toleransi masyarakat Bali. Puja Mandala berasal dari Bahasa sansekerta. Puja berarti peyembahan, sedangkan mandala berarti lingkaran.

Masyarakat Bali terkenal sangat bepegang teguh pada nilai-nilai agama dan tradisi. Kehidupan masyarakat Bali yang harmonis tidak terlepas dari penerapan ajaran Tri Hita Karana, yakni konsep keharmonisan antar manusia dengan Tuhan (parhyangan), manusia dengan manusia (pawongan) dan manusia dengan lingkungan (palemahan).

Pura Jagatnatha termasuk Pura terbesar di Kota Denpasar.

Bukti ketaatan masyarakat Bali dengan Tuhan adalah dengan dibangunnya pura-pura yang menjadi tempat ibadah masyarakat Hindu Bali. Harapannya agar masyarakat menjadi lebih dekat pada Sang Pencipta. Namun, masyarakat Bali tidak hanya memikirkan keharmonisan mereka dengan Tuhan-nya sendiri, namunĀ  juga keharmonisan antar sesama umat beragama dan kepercayaannya. Hal tersebut diterapkan dengan adanya kompleks rumah ibadah di Puja Mandala.

Rumah ibadah yang pertama kali dibangun di Puja Mandala bukanlah Pura, akan tetapi Masjid Ibnu Batutah. Masjid yang beratapkan limas ini terlihat begitu elok dengan dindingnya berlapis keramik abu-abu dengan lantai berwarna senada. Masjid Ibnu Batutah dihiasi dengan bedug tua dan Al-Qur’an tulisan tangan.

Masjid Ibnu Batutah adalah tempat ibadah yang pertama kali dibangun di Puja Mandala.

Rumah ibadah lain yang ada di Puja Mandala adalah Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa. Letaknya berada di sebelah barat masjid. Gereja ini memiliki bangunan utama dengan altar yang cukup besar dan sebuah menara lonceng di depannya. Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa bersebalahan dengan Masjid Ibnu Batutah. Gereja ini memiliki keunikan, yaitu saat menjelang pukul 6 sore WITA di mana umat muslim menunggu adzan magrib. Gereja ini membunyikan lonceng untuk Doa Angelus sebelum adzan berkumandang. Kebiasaan ini membangun rasa kemanusiaan yang begitu terasa dan tidak ada kepentingan individu yang melampaui kepentingan bersama.

Di sebelah timur gereja katolik, ada lagi rumah ibadah lain; Gereja Kristen Protestan Bukit Doa. Kemudian ada Rumah Ibadah Vihara Buddha Guna. Pemandangan rumah ibadah umat Budha ini terlihat cantik dengan adanya patung Sang Budha, patung dua ekor gajah memegang teratai di dekat gerbang, patung singa dan naga putih yang menjulang hingga lantai tiga. Warna bangunannya sendiri didominasi oleh warna emas dan putih.

Gereja Kristen Protestan yang bersebelahan dengan Vihara Buddha Guna.

Rumah ibadah di sebelah vihara adalah Pura Jagatnatha yang merupakan pura terbesar di Kota Denpasar, Bali. Pura yang dibangun menghadap Gunung Agung ini merupakan Pura Kahyangan Jagat dengan Padmasana setinggi 15 meter-an. Padmasana adalah tempat untuk menaruh sesaji bagi umat hindu. Padmasana di Pura ini dibuat dari batu karang putih. Pada menaranya terdapat ukiran yang dipercayai masayarakat hindu untuk mengusir roh-roh jahat.

Puja Mandala saat ini hanya menyediakan lima rumah ibadah. Puja Mandala dibangun tanpa sekat sehingga antara bangunan rumah ibadah berdampingan atau bersebelahan satu sama lain. Di tempat inilah saya bisa belajar bagaimana tingginya rasa toleransi yang dimiliki oleh masyarakat Bali.

Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa yang bersebelahan dengan Masjid tanpa pagar pembatas.

Puja Mandala sangat mudah diakses, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Bandara Ngurah Rai dengan menggunakan motor, mobil atau bus untuk sampai ke sana. Puja Mandala dapat mencerminkan sila pertama dalam Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Luas Puja Mandala mencapai 2 hektar. Dari lokasi ini kita bisa mengakses hotel atau resor berkelas di kawasan ITDC (International Tourism Development Corporation). Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit dari ITDC atau sekitar 15 menit saja dari Tanjung Benoa Watersport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.