Puas Berwisata di Kepanjen Malang

0
1798
Air terjun Sumber Maron.

Malang merupakan salah satu surga wisata di Jawa Timur. Akses termudah untuk mengunjungi Malang adalah dengan menggunakan moda transportasi kereta api. Salah satu stasiun yang dekat dengan wisata menarik di Malang adalah Kepanjen.

Kepanjen merupakan sebuah kecamatan kecil di Kabupaten Malang. Jika kalian sudah sering berwisata di Kota Malang atau Kota Batu maka tak ada salahnya pergi agak jauh sedikit. Kabupaten Malang tak jauh berbeda dengan Kota Malang. Wisata yang ditawarkan sangat menggiurkan.

Naik kereta Dhoho tujuan Stasiun Malang adalah pilihan tepat. Kereta lokal satu ini sangat mudah dijangkau dan harganya sangat terjangkau. Hanya sekitar 12 ribu rupiah dari Surabaya ke Malang atau Kepanjen. Namun perlu dicatat bahwa kereta satu ini seringkali penuh jadi harus pesan jauh-jauh hari jika ingin mendapatkan tempat duduk karena kereta lokal tidak seperti kereta jarak jauh yang semuanya pasti dapat tempat duduk.

Stasiun Kepanjen berhenti setelah Stasiun Malang Kotalama. Sebelum tiba di Stasiun Kepanjen, usahakan duduk dekat jendela karena ada pemandangan kampung warna-warni di sampingnya. Ketika tiba di Stasiun Kepanjen, bisa langsung ojek online atau ojek pangkalan atau angkutan umum. Agar lebih mudah dan tidak pakai ribet, memakai jasa ojek online merupakan pilihan yang tepat. Lalu pesan lah dengan tujuan Stadion Kanjuruhan. Jaraknya hanya 3 kilometer atau 10 menit jauhnya jika menggunakan motor atau mobil. Lebih lengkap lagi jika ada pertandingan sepak bola pasti lebih asyik jalan-jalannya.

Depan stadion Kanjuruhan Kepanjen Malang.

Secara keseluruhan Stadion Kanjuruhan seperti stadion-stadion lainnya di Indonesia. Namun yang membedakan di sini adalah letak stadion yang dekat dengan bukit-bukit nan hijau dan dihiasi pepohonan asri di sepanjang jalan. Selain itu, di depan stadion terdapat spot foto menarik baik spot bangunannya maupun spot hiasannya. Ada pula hiburan menarik untuk anak-anak mulai dari motor-motoran, kereta-keretaan dan kolam renang.

Ada pula toko oleh-oleh khas Malang di sana. Meski lebih banyak ke atribut sepak bolanya ketimbang pusat oleh-olehnya. Setelah puas nonton pertandingan atau foto-foto saja maka wisata yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah Sumber Maron. Berjarak sekitar 5 kilometer dari stadion atau sekitar 12 menit jika menggunakan kendaraan motor atau mobil. Sumber Maron merupakan wisata alam dengan pemandian air jernih. Cukup merogoh kocek sekitar 5 ribu rupiah kalian bisa mandi sepuasnya di sana.

Ada waduk tenang dengan air super jernih, air terjun mini, dan rafting sungai. Untuk waduk tenang merupakan kolam pemandian seperti kolam renang namun bedanya ini alami langsung dari sumber airnya. Kedalaman air juga tidak begitu dalam jadi cocok jika ingin mengajak anak-anak kecil. Di sepanjang waduk terdapat warung tempat untuk ganti pakaian, tempat kulineran, dan toilet. Kalian bisa pula menyewa ban yang hanya sekitar 5 ribu rupiah saja.

Air terjun mini juga patut untuk dicoba karena arusnya tidak begitu deras. Lokasinya tidak begitu jauh dari waduk yang tenang. Cukup berjalan lurus ke depan melewati jalanan sempit. Jalan atau tangga di sana sudah bagus jadi bukan seperti jalan bebatuan atau tanah. Tepat di depan air terjun adalah sungai kecil yang jernih. Di sinilah biasanya orang-orang melakukan rafting. Bukan rafting seperti yang kalian bayangkan. Jadi rafting di sini hanya menggunakan ban yang disewa tanpa ada helm atau pelindung lainnya. Atau rafting dengan mengikuti arus sungai yang tidak begitu deras. Tenang, batu di sungainya tidak sebanyak sungai lainnya. Beberapa petugas medis juga selalu stand by.

Jadi kapan mau ke Kepanjen? Jangan lupa ajak orang tersayang.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 - 18.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.